Hanger & Gantungan Baju

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Aneka Gantungan Baju Untuk Menghemat Ruang di Kamarmu

Lelah dengan tumpukan baju yang tak kunjung memperoleh tempat di lemarimu? Bingung, di mana lagi harus menyimpan tumpukan baju? Ingin beli lemari baju, tapi tidak ada ruang yang cukup luas untuk meletakkan lemari? Bujet bulanan pun tidak mencukupi untuk harus membeli lemari. Jika demikian, mengapa tidak beralih kepada gantungan baju dan hanger? Model rumah dan kamar yang minimalis pun tidak akan membuatmu pusing lagi.

Secara harfiah, gantungan baju dan hanger sama-sama merupakan alat untuk menggantung baju. Hanya saja, dalam ragam percakapan, kedua istilah ini sering digunakan untuk dua benda yang berbeda. Gantungan baju merujuk kepada semua alat yang dapat digunakan untuk menggantung baju, termasuk juga hanger.  Adapun, hanger – secara khusus – digunakan untuk menyebut alat penggantung baju yang disematkan ke dalam baju/celana. Ujungu hanger yang berbentuk kait akan terlihat muncul di luar baju/celana. Selanjutnya, kait hanger digunakan untuk menggantungkan baju.

Selain digunakan untuk menjemur baju, selama ini, hanger sering digunakan untuk menggantung baju di dalam lemari dengan fitur untuk menggantung hanger, ataupun di dinding/pintu berpaku. Sering kali, baju yang digantung di dinding atau paku merupakan baju bekas pakai yang masih ingin dipakai lagi. Dengan aneka model hanger dan gantungan baju yang begitu bervariasi, hanger dan gantungan baju kini dapat sangat membantu penataan baju dan juga ruangan. Keduanya bahkan dapat menggantikan fungsi lemari dengan baik. Mau tahu seperti apa saja?

 

Aneka Gantungan Baju untuk Menghemat Ruang 

Jika gantungan baju dipasang di tempat yang tepat, lalu ruang di sekitar gantungan baju dan hanger ditata sedemikian rupa, maka kamu bisa saja mengabaikan pos pembelian lemari dalam daftar belanja rumahmu. Aneka gantungan baju berikut ini dapat memberimu inspirasi untuk menghemat ruang di kamarmu.

Gantungan Baju Dinding Konvensional

Inilah jenis gantungan baju yang sering ditemukan terpaku di dinding ataupun pintu. Biasanya, gantungan baju dinding ini dipasang secara horizontal pada dinding/pintu dengan dikaitkan pada sepasang paku. Seluruh bagian gantungan baju dinding menempel pada dinding/pintu, sedangkan kait-kait penggantung baju menjulur menjauhi dinding/pintu. Kamu bisa langsung menggantungkan bajumu pada kait-kait tersebut. Agar lebih rapi, kamu pun bisa menggantungkan bajumu dengan menggunakan hanger.

Gantungan Baju Dinding Suling/Lipat

Gantungan baju dinding juga memiliki model yang lebih ringkas. Gantungan baju ini berbentuk silinder kecil seperti suling, dan dipasang secara tegak lurus dengan dinding. Beberapa hanger baju bisa langsung kamu gantungkan pada lubang-lubang/pengait pada gantungan baju dinding suling. Gantungan model ini juga memiliki varian yang dapat dilipat dan memiliki tutup. Dengan demikian, kamu bisa meringkas gantungan baju ini ketika sedang tidak digunakan. Lebih dari itu, apabila kamu memasang dua gantungan baju dinding suling/lipat secara sejajar, kamu pun bisa menambahkan lagi sebuah silinder gantungan baju yang menghubungkan kedua gantungan baju dinding tadi. Selanjutnya, silinder gantung baju tambahan tadi pun dapat digunakan untuk menggantungkan baju pula.

Wonder Hanger atau Magic Hanger

Pada umumnya, sebuah hanger dapat dipasangi sebuah baju saja. Kini, dengan wonder hanger/magic hanger, kamu bisa memasang banyak baju sekaligus. Wonder hanger atau magic hanger merupakan model hanger dengan banyak lubang pengait pada badan hanger. Dengan demikian, kamu bisa memasang lebih banyak hanger pada lubang-lubang pengait tersebut. Selanjutnya, gantungkan wonder hanger/magic hanger pada gantungan baju atau tempat penyimpanan baju yang kamu kehendaki.

Over The Door Hanger

Selain menggunakan gantungan baju dinding, kamu bisa juga memasang over the door hanger untuk menggantungkan baju pada pintu. Dengannya, kamu tidak perlu lagi memakukan gantungan baju ke pintu. Cukup gantungkan over the door hanger pada pintu, dan gantungan baju pun siap digunakan. Sungguh praktis dan tidak melukai pintu.

 

Tips Memilih Gantungan Baju Sesuai Bahan

Setelah menentukan model gantungan baju dan hanger yang sesuai dengan seleramu, kamu pun perlu mengetahui berbagai bahan pembentuk gantungan baju atau hanger. Kamu bisa memilih bahan gantungan baju sesuai dengan ketahanan/kekuatan, model, serta bujet yang kamu miliki.

Gantungan Baju Besi

Harga hanger dan gantungan baju besi biasanya cukup murah. Hanger jenis ini sering digunakan oleh tempat-tempat jasa penyuci baju (laundry) untuk menggantung baju-baju yang telah selesai disetrika. Pada umumnya, hanger dan gantungan baju besi dilapisi lagi dengan selubung berbahan plastik. Selubung ini berfungsi untuk mencegah kontak langsung antara hanger /gantungan baju dengan air serta udara. Pasalnya, hanger dan gantungan baju berbahan besi memang rentan mengalami oksidasi (berkarat). Apabila selubung hanger/gantungan baju telah koyak atau terkelupas, dan besi telah terlihat berkarat, ada baiknya kamu tidak menggunakannya untuk menggantung baju-baju berwarna putih dan terang. Dikhawatirkan, noda karat dapat menempel pada baju kesayanganmu. Gantungan baju besi yang telah berkarat juga akan mudah patah, sehingga tidak bisa digunakan untuk menggantungkan terlalu banyak pakaian.

Gantungan Baju Kayu

Gantungan baju berbahan kayu biasanya memiliki model yang maskulin dan kuat. Hanger berbahan kayu pun sangat cocok digunakan untuk menggantung baju-baju berbahan tebal seperti jaket, jas, blazer, dan sejenisnya. Hanya saja, hanger dan gantungan baju kayu biasanya memiliki ukuran yang besar sehingga akan cukup memakan ruang di gantungan baju. Meskipun terkesan boros tempat, tetapi penggunaan gantungan baju kayu akan memaksamu untuk mengatur pakaian-pakaianmu dengan jarak yang cukup. Jarak ini akan memperlancar sirkulasi udara antar pakaian dan meminimalisasi gesekan antar bahan, sehingga pakaian pun akan menjadi lebih awet.

Gantungan Baju Stainless

Gantungan baju jenis ini memilliki jaminan anti karat. Dengan demikian, kamu tidak perlu ragu untuk menggunakannya sebagai penggantung baju di dalam rumah, maupun untuk menjemur baju-baju yang baru saja kamu cuci. Hanger dan gantungan baju stainless tidak akan berkarat meski terkena tetesan air dan bersinggungan dengan udara bebas. Gantungan baju stainless pun relatif cukup kuat, sehingga dapat digunakan untuk menggantung banyak pakaian sekaligus, tanpa membuatnya patah.

 

Itulah aneka model hanger serta gantungan baju yang dapat kamu pilih untuk menghemat ruang di kamarmu. Kamu bisa memilihnya berdasarkan model yang sesuai selera, ataupun berdasarkan ketersediaan dana yang kamu miliki. Kini, kamu tidak harus pusing lagi memikirkan lemari tambahan, yang tentu akan mengurangi ruang gerak di kamar. Agar tetap terlihat rapi, kamu pun bisa memasang tirai untuk menutupi gantungan baju yang diletakkan atau dipasang di salah satu bagian kamarmu.

Jadi, tunggu apa lagi? Hematlah ruang dan uangmu, lalu uji kreativitasmu dengan menggunakan gantungan baju sebagai pengganti lemari. Model rumah dan kamar yang minimalis pun tidak akan membuatmu pusing lagi. Hari gini, masih mengeluh tidak bisa beli lemari? Pakai gantungan baju saja!

Top 10 Categories Furnishing
Top 10 Brands Perabotan