Pisau & Alat Pemotong


Ini Jenis-Jenis Pisau Dapur Sesuai Kegunaannya yang Harus Kamu Ketahui

Dunia masak-memasak memang selalu menarik dan menyenangkan. Tidak hanya pada ranah rumah tangga saja, memasak pun sudah berkembang ke arah yang lebih profesional. Tua muda, pria wanita, semua suka memasak. Bahkan sekarang ini sudah banyak sekolah-sekolah khusus yang siap menuntun murid-muridnya mengembangkan bakat memasak mereka.

Tidak hanya berfokus pada kegiatan menjajal beragam resep makanan saja, para peserta kelas memasak kini juga dikenalkan dengan beragam perkakas atau peralatan memasak sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Betul sekali, pekerjaan memasak memang bukan hal yang mudah, terlebih bagi mereka yang sudah menyandang gelar koki profesional.

Pun karena sudah menjadi koki profesional, sudah pasti mereka juga memakai cara-cara yang tidak biasa dalam memasak. Selain dalam proses memasak itu sendiri, umumnya para koki ini juga memakai peralatan memasak yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Ada banyak sekali peralatan memasak sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Ambil contoh saja, pisau. Meskipun namanya pisau, yaitu sebagai alat pemotong, tapi ternyata pisau memiliki jenis dan kegunaan yang berbeda-beda lho. Apa sajakah itu?

  • Pisau Serbaguna (Chef’s Knife)
    Pisau ini dinamakan pisau serbaguna karena memang memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari memotong buah atau sayuran, mengiris daging, mencincang bumbu-bumbu masakan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Umumnya ibu rumah tangga lebih menyukai pisau multifungsi ini karena dianggap praktis dan tidak perlu berganti-ganti pisau.
  • Pisau Iris (Slicing Knife)
    Yang kedua ada pisau iris (slicing kinife). Pisau ini hampir mirip dengan pisau serbaguna tapi memiliki desain yang lebih tipis dan sempit. Sesuai dengan namanya, tentu saja pisau ini berfungsi untuk mendapatkan hasil irisan setipis mungkin agar bentuknya lebih rapi dan tertata. O, iya, pisau ini juga bisa dipakai untuk mengiris buah atau sayur lho.
  • Pisau Ukir (Paring Knife)
    Selanjutnya ada pisau ukir atau yang dalam bahasa asing disebut paring knife. Pisau ini memang tidak terlalu sering dipakai dalam kegiatan memasak, hanya sesekali dipakai untuk mengukir buah atau sayuran yang dipajang sebagai dekorasi atau hiasan akhir pada hidangan utama. Bentuknya pun kecil dan melengkung, sehingga cukup fleksibel saat dipakai untuk membuat ukiran pada buah atau sayuran.Kalau suatu waktu kamu melihat buah atau sayur yang dibentuk ukiran yang sangat indah, sudah tidak perlu diragukan lagi, buah tersebut diukir dengan memakai paring knife!
  • Pisau Fillet (Boning Knife)
    Nah, mungkin kamu sudah sering melihat pisau yang satu ini di acara-acara memasak yang sering ditayangkan di layar televisi. Ya, pisau bernama fillet ini memang digunakan khusus untuk memisahkan daging (ayam atau ikan) dari tulangnya, membuat irisan daging yang sangat tipis, serta membuang urat dan lemak pada daging. Pisau fillet ini memiliki desain yang lebih ramping dan lebih panjang dari pisau serbaguna.Selain itu, pisau yang sering disebut boning knife ini juga sengaja didesain melengkung agar para koki memiliki kontrol yang lebih baik ketika memotong berbagai macam jenis daging.
  • Pisau Roti (Bread Knife)
    Pernah melihat pisau yang dipakai untuk memotong kue ulang tahun? Ya, itulah pisau roti alias bread knife. Pisau ini berbentuk gerigi tipis pada bagian bawahnya dan khusus dipakai untuk memotong roti atau kue sehingga hasilnya lebih halus dan lembut. Selain itu, bread knife juga bisa dipakai untuk memotong bahan-bahan lain yang memiliki kulit licin dan lembut, seperti terong dan tomat.Bread Knife sendiri memiliki 2 jenis pegangan, yang pertama adalah bread knife dengan pegangan klasik, sedangkan yang satunya adalah pegangan offset. Bread knife dengan pegangan offset memungkinkan koki mengiris roti menjadi lebih mudah tanpa khawatir jari akan akan terkena alas potong. Sedangkan bread knife offset memiliki pegangan yang lebih tinggi. Sebagai tambahan, beberapa orang menyebut pisau jenis ini dengan serrated knife.
  • Pisau Besar (Cleaver Knife)
    Nah, kalau pisau yang satu ini umum sekali dipakai oleh para penjual daging di pasar. Ya, namanya adalah pisau besar atau dalam bahasa asing disebut cleaver knife. Memiliki gagang yang kokoh, permukaan yang lebar, serta berat yang lumayan, pisau ini memang digunakan khusus untuk mencincang daging, memotong atau membelah tulang ayam, memotong sayuran, juga mememarkan bawang putih sebelum dicincang. Pun karena sering dipakai para juru masak profesional dari Negeri Tiongkok, pisau ini sering disebut dengan Chinese Chef Knife. Banyak juga yang menyebutnya meat knife. Wah beragam sekali ya namanya.
  • Utility Knife
    Selanjutnya ada utility knife yang memiliki desain hampir sama dengan pisau serbaguna, dengan ukuran yang sedikit lebih kecil. Fungsinya pun serupa dengan pisau serbaguna, yakni dipakai untuk memotong atau mengiris segala bahan masakan, mulai dari sayuran, buah, sampai daging. Pisau ini sering lho ditemukan di dapur-dapur rumah.
  • Mincing Knife
    Dari sekian banyak jenis pisau, barangkali mincing knife adalah yang paling unik bentuknya. Ya, pisau dengan desain melengkung hampir setengah lingkaran ini berfungsi untuk mencincang dan memotong bahan makanan (biasanya sayuran) sampai halus. Cara memakainya pun cukup mudah, cukup memegang gagang pisau dengan kedua tangan dan menggerak-gerakannya ke kiri dan ke kanan sampai sayuran yang ingin dipotong menjadi halus. Bagaimana, tertarik memasak menggunakan mincing knife?
  • Vegetable Cleaver
    Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pisau daging, vegetable cleaver ini lazim digunakan para koki profesional dan berfungsi khusus untuk memotong sayuran. Lalu, apa yang membedakan pisau ini dengan pisau daging? Nah, pisau khusus sayuran ini memiliki mata pisau yang jauh lebih tajam dibandingkan dengan pisau daging.
  • Fluting Knife
    Fluting knife merupakan pisau kecil khusus dengan ukuran panjang hanya sekitar 5 cm sampai 10 cm. Meski bentuknya kecil, pisau ini sangat membantu para koki dalam membuat hiasan pada sajian agar lebih terlihat menarik lho. Meski fungsinya sedikit sama dengan paring knife, pisau ini justru memiliki mata yang jauh lebih tajam.
  • Pisau Kupas
    Yang terakhir adalah pisau kupas. Ya, sesuai dengan namanya, pisau ini memang digunakan untuk mengupas berbagai macam sayuran atau buah-buahan semacam mangga, timun, apel, dan sebagainya. Bentuk pisau kupas pun ini berbeda dengan pisau lain, yaitu cekung pada bagian pemotongnya. Hal ini tentunya akan memudahkan pemakainya dalam melakukan aktivitas di dapur setiap harinya.

Wah, ternyata ada banyak jenis pisau dapur yang sering dipakai para koki ya. Menarik sekali dunia masak-memasak itu. Baiklah, itu saja penjelasan tentang jenis-jenis pisau dapur menurut kegunaan dan manfaatnya, ya. Semoga semakin menambah semangat kita dalam menghasilkan sajian-sajian terbaik.

Top 10 Categories Peralatan Dapur
Top 10 Brands Dapur

Tupperware | Kedaung | IKEA | Informa | Lotte Mart | Oxone | Maxim | Maspion | Calista | Vivere

Top 10 Categories Furnishing