Tampilkan hasil untuk:

SALE:

Brand:

Warna:


Bingung Memilih Rak Display yang Tepat? Ikuti Panduan Ini!

Bagi Anda yang suka mengoleksi aneka pajangan atau barang-barang antik, pasti rasanya ingin sekali memamerkan atau memajangnya di rumah sendiri. Dengan demikian, saat ada keluarga, teman, atau tamu yang berkunjung, mereka bisa melihat semua koleksi Anda.

Nah, untuk memajangnya tentu Anda membutuhkan suatu tempat agar semuanya dapat tersusun dengan rapi. Salah satu tempat penyimpanan yang paling tepat adalah rak display. Ya, seperti namanya, rak display memang dikhususkan untuk menaruh barang-barang antik atau pajangan yang memiliki nilai estetik tinggi.

Saat ini, rak display sendiri sudah banyak dijual di pasaran sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Pilihan model dan materialnya pun sangat beragam. Namun, tak jarang hal tersebut malah membuat para kolektor kebingungan saat hendak membelinya. Apakah salah satunya itu termasuk Anda? Jika iya, tenang saja karena setelah membaca panduan ini, Anda pasti tidak akan kebingungan lagi. Oleh karena itu, simak terus sampai habis, ya!

Manfaat Rak Display

Sebelum membahas model dan material rak display yang bisa dipilih, ada baiknya Anda ketahui dulu manfaat menggunakan rak display pada hunian selain untuk memamerkan koleksi kesayangan, yaitu sebagai berikut:

1. Menjaga Barang Koleksi Tetap Awet

Menyimpan koleksi barang antik Anda di dalam rak display dapat membuat koleksi tersebut jadi lebih tahan lama. Hal ini karena di dalam rak display, barang-barang Anda akan terhindar dari debu, kotoran, dan perubahan suhu ruangan.

Tak hanya itu, pajangan pecah belah yang disimpan dalam rak display juga lebih aman karena jauh dari kemungkinan pecah atau tersenggol. Hal ini terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil di rumah.

2. Membuat Hunian Lebih Rapi

Pernah merasa sumpek dan pusing karena melihat barang-barang koleksi yang berantakan di dalam rumah? Jika demikian, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan rak display karena dengan memyimpan semua koleksi Anda di dalamnya, otomatis hunian akan lebih tertata dengan rapi. Jika hunian rapi, Anda pun tidak akan merasa stres dan pusing lagi, malahan lebih bahagian saat memandangi semua koleksi yang terorganisir di dalam rak display.

3. Menambah Keestetikan

Terlepas dari uniknya pajangan atau barang-barang antik Anda, rak display sendiri dapat bermanfaat sebagai unsur dekoratif yang menambah nilai estetika dalam hunian. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih model rak display yang bagus dan sesuai dengan desain interior rumah.

Memilih Model Rak Display

Nah, setelah melihat manfaat di atas, sekarang saatnya Anda menentukan model rak display yang sesuai kebutuhan dan juga cocok dengan konsep rumah. Pada umumnya, ada empat model rak display yang bisa Anda pilih, yaitu sebagai berikut:

1. Rak Display Terbuka

Rak display terbuka adalah model yang tanpa pintu sehingga menyerupai rak pada umumnya. Bentuk dari model terbuka ini pun sangat bervariasi, ada yang berbentuk kotak, vertikal, dan juga horizontal. Selain itu, sekat atau tingkatannya juga beraneka, ada yang hanya dua tingkat, ada juga yang sampai lima tingkat.

Mengikuti perkembangan zaman, rak display terbuka juga hadir dalam banyak desain, mulai dari klasik, minimalis, modern, hingga kontemporer. Sementara, untuk penopangnya, model terbuka ini ada yang berkaki, ada juga yang tanpa kaki.

2. Rak Display Tertutup

Selanjutnya, ada model rak display tertutup yang berarti dilengkapi dengan pintu. Biasanya pintunya terbuat dari material kaca sehingga Anda tetap bisa melihat koleksi pajangan dengan jelas. Umumnya, model tertutup ini berbentuk memanjang ke atas, layaknya lemari pakaian.

Karena memiliki pintu, biasanya model rak display ini juga dilengkapi dengan kunci supaya lebih aman. Untuk variasi desain, jumlah sekat, dan jenis penopangnya, sama seperti model yang terbuka. Jadi, dalam hal ini Anda tinggal menentukan saja model mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kalau bingung, Anda juga bisa, lho menemukan rak display yang modelnya setengah terbuka dan tertutup.

3. Rak Display dengan Lampu

Nah, untuk rak display yang dilengkapi dengan lampu lebih banyak ditemukan pada model yang memiliki pintu. Selain untuk memberikan pencahayaan pada koleksi pajangan antik Anda, tujuan pemasangan lampu pada rak display juga untuk menciptakan kesan yang mewah.

Kalau Anda ingin memilih model rak yang satu ini, jangan lupa pastikan untuk meletakkannya di area yang dekat saklar listrik karena untuk menyalakan lampunya, tentu saja Anda membutuhkan sumber energi listrik. Selain itu, kalau malam hari atau saat Anda bepergian, jangan lupa matikan lampunya agar menghemat tagihan listrik bulanan.

4. Rak Display yang Menyatu dengan Meja TV

Biasanya, rak display diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga yang juga terdapat meja TV. Hal ini tentu bukan menjadi masalah bagi Anda yang memiliki ruangan besar atau luas. Akan tetapi, bagaimana jika ruangan Anda kecil?

Nah, sebagai solusi untuk hemat tempat, dirancanglah rak yang modelnya efisien dan serbaguna, yaitu rak display yang menyatu dengan meja TV. Dengan demikian, Anda tetap bisa meletakkan TV dan pajangan sekaligus tanpa harus mengorbankan salah satunya.

Memilih Material Rak Display

Mengenai bahan atau material yang digunakan untuk membuat rak display, umumnya terdapat tiga material yang paling populer, yaitu kaca, kayu, dan besi. Ketiga material tersebut tentunya punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Jadi, pastikan Anda memilih material yang paling tepat sesuai kebutuhan dan kondisi rumah!

1. Kaca

Ingin mengekspos barang koleksi Anda dengan lebih maksimal? Pilihlah rak display yang seluruhnya terbuat dari kaca sehingga tidak ada satu bagian pun yang tertutup atau terhalangi. Material kaca ini sebenarnya adalah yang paling menawan dan elegan, tapi sayangnya material ini juga yang paling rentan pecah atau retak.

Kalau tertarik menggunakan rak display kaca, pastikan bahwa Anda menempatkannya di area yang aman, misalnya di sudut ruangan atau yang menempel pada dinding. Jika di rumahmu ada anak kecil, jangan lupa peringatkan untuk selalu berhati-hati saat bermain atau berlari di dekat rak tersebut.

2. Kayu

Rak display kayu adalah yang paling banyak diminati. Oleh karena itu, material ini bisa Anda temukan pada model rak apa pun. Selain itu, karena sifat kayu sangat fleksibel, maka tidak heran jika rak display kayu memiliki bentuk dan desain yang beraneka ragam. Mulai dari desain klasik, minimalis, hingga modern, semuanya tetap cocok menggunakan material kayu.

Meskipun kayu tergolong material yang cukup kuat dan kokoh, tapi bahan ini juga rentan terhadap serangan rayap. Selain itu, pada pada kondisi ruangan yang lembap, kayu juga bisa menjadi lapuk. Nah, supaya rak display kayu tetap awet, Anda perlu melakukan pengecekan secara berkala. Apabila, mulai ada tanda-tanda serangan rayap, segera lakukan cara membasmi rayap yang efektif.

3. Besi

Terakhir, ada rak display besi. Seperti yang kita tahu, material besi memiliki sifat yang sangat kuat dan tahan lama. Bahkan, Anda bisa menggunakannya sampai puluhan tahun. Material ini pun tidak memerlukan perawatan khusus, hanya cukup dibersihkan secara berkala saja.

Yang menjadi kelemahan dari rak display besi adalah terdapat kemungkinan berkarat yang dapat mengubah tampilannya. Selain itu, biasanya rak display besi juga memiliki bobot yang berat sehingga sedikit sulit saat hendak memindahkannya.

Bagaimana, setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu sudah tahu model dan material rak display apa yang paling cocok untuk hunianmu? Yuk, langsung saja cari dan temukan rak display impianmu di Dekoruma!

Top 10 Categories Furnishing