Tips Menata Ruang Tamu dengan Sofa Set

Peran ruang tamu begitu penting baik dalam memfasilitasi acara berkumpul maupun dalam memberikan impresi pertama pada hunian. Apalagi saat ruang tamu turut digunakan sebagai tempat keluarga menghabiskan waktu luangnya bersama, maka ruang tamu semakin dituntut untuk tampil fungsional. Kebutuhan ruang tamu yang semakin kompleks ini dapat dipenuhi secara efektif dengan memanfaatkan sofa set sebagai furnitur andalan Anda.

Sofa set sendiri merupakan satu kesatuan sofa yang terdiri dari berbagai ukuran, namun memiliki desain serupa, sehingga menampilkan perpaduan serasi dan nampak saling melengkapi. Komposisi perbedaan ukuran dalam satu set umumnya terdiri atas sofa tiga dudukan atau sofa dua dudukan, sofa kursi, dan ottoman.

Bahkan, ada beberapa set yang dilengkapi dengan meja tamu atau coffee table. Terdapat pula produk sofa set yang hanya menyertakan kombinasi dua jenis sofa saja.

Ikuti beberapa tips penataan ruang tamu menggunakan sofa set ini sehingga ruang tamu Anda semakin tampil dinamis dan berfungsi optimal.

Menempatkan ke Arah Focal Point

Jangan pernah meremehkan kekuatan sebuah focal point di dalam ruangan. Sebelum menempatkan sofa set, sebaiknya tentukan terlebih dahulu salah satu elemen yang menjadi focal point ruang tamu. Beberapa elemen yang dapat dijadikan focal point di antaranya adalah TV, rak buku dinding, jendela, dinding berpanel atau bermotif, dan satu set cermin dan meja konsol.

Hadapkan sofa set ke arah elemen focal point tersebut dengan membentuk sebuah area melingkar yang berfungsi sebagai conversational zone atau zona berkumpul dan berbincang. Sediakan jarak seideal mungkin antara sofa dengan elemen focal point, sehingga Anda dan tamu-tamu yang datang dapat lebih leluasa bermobilisasi di ruang tamu.

Penataan yang Simetris

Penataan sofa set secara simetris dapat memberi kesan rapi dan seimbang pada ruang tamu. Jika Anda memiliki TV di ruang tamu, tempatkanlah TV tersebut di tengah-tengah sofa-sofa yang diletakkan secara berhadap-hadapan. Pastikan setiap sofa berdiri dalam satu garis lurus. Untuk menghindari kesan kaku dari penyusunan sofa set secara simetri, selipkan furnitur atau dekorasi yang memiliki bentuk atau corak berbeda dengan desain sofa-sofa ini.

Sofa set yang tertata secara simetris ini sangat pas untuk ruangan bertema formal. Anda yang lebih sering menerima tamu dalam suasana resmi di rumah sebaiknya menerapkan penataan sofa-sofa ini.

Penataan yang Lebih Fleksibel dan Luwes

Berkebalikan dengan penataan secara simetris, kali ini sofa set sengaja dirangkai dalam susunan yang lebih fleksibel. Karena lebih luwes penataannya, kesan yang ditampilkannya pun lebih kasual sehingga lebih pas diterapkan untuk ruang tamu yang memfasilitasi acara kumpul informal.

Namun, bukan berarti sofa set ditempatkan dengan tidak teratur atau seenaknya. Masih sama dengan aturan di awal, sofa-sofa ini tetap menghadap ke arah elemen focal point di ruang tamu, tapi jarak setiap komponen sofa tidak dipisahkan secara presisi dan posisinya pun tidak mesti selalu linear. Anda dapat menempatkan sofa yang memiliki kapasitas paling besar di bagian tengah dalam posisi simetris, sedangkan komponen sofa lainnya yang lebih kecil dibuat miring.

Kombinasi Sofa Set dengan Tempat Duduk Lain

Jika Anda memiliki furnitur lain yang juga berfungsi sebagai tempat duduk seperti kursi, armchair, pillow floor, dan bangku, tidak ada salahnya untuk memadukannya dengan sofa set. Selain ruang tamu dapat tampil lebih dinamis, perpaduan semua furnitur ini dapat meringankan kesan kesatuan sofa set yang berat.

Namun, berhati-hatilah jangan sampai ruang tamu malah terlihat penuh dan sesak karena terisi terlalu banyak furniture. Dalam memadukannya, untuk sofa set yang terdiri dari tiga komponen lebih baik ditambahkan satu atau dua alas duduk lain saja.

Menciptakan Kontras dengan Memadukan Dua Gaya Sofa Set

Untuk Anda yang memiliki ruang tamu berukuran besar dan memang sering mengundang banyak orang ke rumah, Anda dapat menerapkan penataan ruang tamu dengan sofa set satu ini.

Dua jenis sofa set dapat dikombinasikan secara langsung untuk menyediakan kapasitas duduk yang lebih besar, namun usahakan memilih desain dan gaya sofa set yang berbeda, sehingga tidak terkesan terlalu seragam. Hindarilah suasana sumpek dan monoton, dengan menciptakan kontras dari dua gaya yang berbeda. Apabila Anda telah memiliki satu sofa set minimalis, sandingkanlah dengan sofa-sofa yang memiliki desain vintage atau mid-century.

3 Hal yang Perlu Hindari saat Menata Ruangan dengan Sofa Set

Penting juga bagi Anda mengetahui langkah seperti apa yang kerap keliru dilakukan dalam penataan sofa set. Kesalahan ini sering kali menghasilkan penataan sofa set yang kaku dan akan menganggu kenyamanan Anda saat berada di dalam ruang tamu nantinya.

Menempatkan Sofa Set Langsung Berlawanan dengan Dinding

Ukuran ruangan memang dapat menjadi panduan utama dalam menentukan posisi ideal untuk menempatkan sofa set. Namun bukan berarti karena ukuran ruangan yang terbatas, Anda langsung buru-buru menempelkan sofa set ke dinding.

Sekalipun ukurannya kecil, ruangan memerlukan celah-celah kecil untuk bernafas agar udara dapat mengalir ke setiap sudut ruangan. Celah tersebut dapat diperoleh dengan sedikit memberi jarak antara sofa set dengan dinding, nantinya celah ini dapat difungsikan sebagai area akses juga. Dengan penataan sofa set seperti ini, ruang tamu kecil pun akan terasa lebih lapang dan nyaman.

Menyisakan Sedikit Ruang untuk Akses

Salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan dalam penataan sofa set di ruang tamu adalah mobilitas pengguna atau ruang untuk bergerak. Meskipun sofa set merupakan suatu kesatuan. pastikan ada jarak antara satu sofa dengan sofa lainnya, begitupun dengan furnitur lain yang berbeda jenis. Ciptakan jalur perpindahan bagi penggunanya sehingga akses terhadap sofa set lebih mudah dijangkau dan Anda pun tidak perlu lagi tersandung furnitur akibat penataan furniture rumah yang cukup rapat.

Perpaduan Ukuran Furnitur Tidak Proposional

Keseimbangan sangat penting untuk dipertimbangkan baik dalam mendekorasi, mengolah dimensi ruang, maupun menempatkan furnitur. Satu sofa set yang Anda beli memang memiliki ukuran yang relatif seragam, namun pastikan perpaduan dengan setiap furnitur pendampingnya, seperti meja kopi, rak TV, ataupun lemari display, tetap tampil seimbang dan dinamis.

Hindari mengelompokkan sofa set dengan furnitur berukuran dan berbentuk seragam di satu area. Jika sofa set Anda desainnya cenderung simetris, pilihlah coffee table sebagai meja tamu pendamping yang berbentuk bulat atau memiliki sisi yang melengkung.

Membeli sofa set juga bisa jauh lebih menguntungkan daripada membeli berbagai jenis sofa secara terpisah. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih ekonomis dan menghindari risiko perpaduan susunan sofa tampil tidak serasi akibat membeli jenis sofa berbeda. Kalau begitu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan sofa set sebagai furnitur andalan di ruang tamu Anda setelah membelinya di Dekoruma.

Top 10 Categories Furnishing