Mengenal Struktur Baja yang Sering Digunakan di Konstruksi Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-Serbi Struktur Baja untuk Hunian

Penggunaan struktur baja untuk membangun rumah kini sudah semakin terkenal. Ya, jika dulu struktur baja lebih diarahkan untuk pembangunan gedung-gedung pencakar langit, saat ini struktur baja sudah banyak digunakan untuk membangun rumah-rumah, mulai dari rumah minimalis sampai rumah mewah bertingkat.

Pemilihan struktur baja untuk membangun rumah bukannya tanpa sebab. Material struktur yang satu ini dinilai mampu menciptakan bangunan yang kuat, yang tidak kalah dengan penggunaan struktur beton maupun besi.

Oleh karena itu, kalau kamu sedang membangun rumah, tidak ada salahnya mulai mempertimbangkan struktur baja sebagai konstruksi bangunan rumahmu. Masih ragu? Berikut ini, Kania akan membahas sifat dan kelebihan dari bahan struktur baja agar kamu tidak ragu lagi. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Struktur Baja Elastis dan Ringan

struktur baja pada sebuah bangunanspantec.com.au

Dari segi keamanan, bisa dipastikan struktur baja lebih unggul dibandingkan penggunaan struktur kayu ataupun beton. Alasannya karena struktur baja memiliki tingkat elastisitas yang tinggi sehingga bisa menahan guncangan apabila sewaktu-waktu terjadi gempa. Selain itu, struktur baja juga lebih ringan dibandingkan struktur dari bahan lainnya.

Dengan sifatnya yan demikian, struktur baja sangat pas untuk digunakan di berbagai kawasan, tidak terkecuali untuk kawasan yang rawan gempa. Dengan sifat elastis dan keringanannya, kamu bisa memastikan keamanan dan keselamatan keluarga.

Struktur Baja Membuat Rumah Lebih Kuat dan Tahan Lama

gambar struktur baja untuk bangunanprecisionhomes.co.uk

Walaupun ringan, jangan ragukan kekuatan dari struktur baja. Bahan struktur baja ini sudah terbukti kuat dari penggunaannya untuk gedung-gedung pencakar langit. Dengan demikian, jika digunakan untuk membangun rumah, struktur baja bisa memastikan hunianmu tetap kuat dan kukuh.

Tidak hanya itu, struktur baja juga tahan lama. Kualitas struktur baja dalam sebuah bangunan tidak berubah seiring waktu. Jadi, jika kamu menggunakan struktur baja, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki konstruksi rumah yang mulai melemah.

Membangun Hunian Lebih Cepat dengan Struktur Baja

sebuah bangunan menggunakan struktur bajabonestructure.ca

Mayoritas produk baja dibentuk secara pabrikan, di mana rata-rata tiap satuannya memiliki kualitas dan ukuran yang sama, mulai dari ukuran baja ringan hingga ukuran struktur baja itu sendiri. Kesamaan ukuran dan kualitas tersebut membuat kamu tidak perlu pusing dan berlama-lama lagi dalam memilih struktur baja yang akan digunakan untuk membangun rumah.

Nah, dengan kualitas dan ukuran yang lebih terjamin, penggunaan struktur baja untuk rumah justru membuat proses pembangunan menjadi lebih cepat karena sangat minim terjadinya human error. Selain itu, pemasangan struktur baja juga lebih cepat dibandingkan bahan lain karena sifatnya yang mudah dibentuk.

Struktur Baja Tidak Menjadi Sampah saat Terjadi Pembongkaran

sebuah proyek bangunan menggunakan struktur bajaarchitecturenorway.no

Dengan sifat-sifatnya yang lentur dan elastis, struktur baja tidak hanya bisa digunakan sekali saja. Jika ada suatu kondisi di mana kamu harus membongkar rumah, struktur baja yang sudah digunakan tersebut bisa digunakan kembali.

Ya, struktur baja bisa dibilang ramah lingkungan karena sifatnya yang bisa digunakan lebih dari satu kali. Dengan sifat ini pula, kamu bisa menghemat dana ketika akan melakukan renovasi rumah sebab tidak perlu membuat anggaran baru untuk pembelian struktur hunian lagi.

Struktur Baja Memberi Kesan Lapang

interior sebuah rumah yang menggunakan struktur bajasteelhous.es

Ukuran struktur baja lebih ramping dibandingkan jenis struktur dari bahan lainnya, baik itu dari beton maupun kayu. Nah, ukuran struktur baja yang ramping ini memberi keuntungan tersendiri sebab tidak akan mengambil banyak lahan tanah yang kamu miliki untuk membangun rumah.

Alhasil, hunian yang terbentuk dengan menggunakan struktur baja akan terlihat lebih lapang karena rumahmu tidak akan terlihat penuh dengan tiang-tiang tebal sebagai penopang. Walapun memiliki ukuran yang ramping, kekuatan struktur baja tetap terjamin.

Pilihlah Struktur Baja Berjenis Cold-Rolled

kumpulan bahan bangunan struktur bajabonestructure.ca

Sebelum membangun rumah dengan struktur baja, sebaiknya kamu memastikan jenis struktur baja yang kamu pilih. Jenis struktur baja untuk hunian sendiri ada dua yang ditentukan dari proses pengerjaannya, yaitu struktur baja dengan pengerjaan dingin (cold-rolled) dan pengerjaan panas (hot-rolled).

Disarankan kamu memakai jenis struktur baja cold-rolled. Hal ini karena baja dengan pengerjaan dingin memiliki hasil produk yang lebih bagus dan halus. Sementara itu, struktur baja hot-rolled cenderung masih bertekstur kasar sehingga harus dipoles lagi jika memang ingin digunakan sebagai struktur bangunan.

Sekarang kamu sudah lebih mengenal struktur baja untuk membangun rumah, ‘kan? Dengan mengetahui sifat dan kelebihan struktur baja di atas, diharapkan kamu tidak ragu lagi untuk menggunakannya sebagai konstruksi bangunan rumah.

Nah, kalau kamu ingin berkonsultasi mengenai pembangunan rumah dan penentuan desain interiornya, kamu bisa langsung menghubungi tim Dekoruma yang siap membantu mewujudkan hunian impianmu. Tidak hanya itu saja, Dekoruma juga menjual aneka produk rumah tangga, seperti furnitur, perabotan, dan dekorasi rumah. Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse