Yuk, Pahami 7 Fungsi Humidifier di Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Macam-Macam Kegunaan Humidifier pada Hunian

Fungsi humidifier yang utama adalah meningkatkan kadar kelembapan udara di ruangan. Dengan demikian, fungsi humidifier ini juga bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan manusia, terutama untuk kesehatan pernapasan dan kulit.

Namun, secara detail fungsi humidifier punya keunggulan yang cukup spesifik, lho! Penasaran apa saja? Yuk, pahami dulu fungsi humidifier dari Kania berikut ini supaya kamu semakin rajin menggunakannya di rumah!

Fungsi Humidifier untuk Mencegah Flu

fungsi humidifier untuk mencegah fluconsumerreports.org

Salah satu fungsi humidifier adalah untuk mengurangi risiko terjangkitnya flu. Salah satu studi menunjukkan bahwa tingkat kelembapan udara di atas 40% cukup efektif untuk membunuh partikel virus yang ada di udara. Ahli riset juga menemukan kaitan antara kemampuan bertahan virus pada udara yang kering. Dengan demikian, fungsi humidifier ini sangat efektif untuk meminimalisir virus yang ada di dalam ruangan.

Fungsi Humidifier untuk Merangsang Batuk

fungsi humidifier untuk merangsang batukpinterest.com

Udara yang kering bisa menyebabkan kesulitan batuk atau gejala batuk kering. Padahal, batuk bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengeluarkan dahak atau lendir yang tersumbat. Nah, fungsi humidifier yang satu ini bisa membuat udara lebih lembap sehingga kinerja saluran pernapasan menjadi lebih produktif dan batuk jadi lebih efektif. Dengan demikian, dahak pun lebih mudah keluar sehingga melegakan tenggorokan.

Fungsi Humidifier untuk Melindungi Tenggorokan

fungsi humidifier untuk melindungi tenggorokanmedicalnewstoday.com

Jika terus berada dalam situasi dengan udara yang kering, maka pita suara berpotensi menjadi kering dan parau. Nah, apabila hal ini terus berlanjut, maka bisa saja terjadi iritasi tenggorokan bahkan kehilangan suara. Hal ini pasti sering kamu rasakan pada saat musim flu dan batuk.

Fungsi humidifier sangat efektif untuk mengatasi radang pernapasan yang dapat mengakibatkan batuk berkepanjangan. Oleh karena itu, pertahankan terus tingkat kelembapan udara di dalam ruangan agar tenggorokan dan kerongkongan tetap terjaga.

Fungsi Humidifier untuk Mengurangi Dengkuran

fungsi humidifier untuk mengurangi dengkuran saat tidurtwitter.com

Dengan fungsi humidifier yang menambah tingkat kelembapan udara, maka masalah dengkuran saat tidur juga bisa lebih teratasi. Jika udara kering, maka saluran pernapasan seseorang juga cenderung menjadi kering. Akibatnya, dengkuran juga semakin kencang dan mengganggu. Oleh karena itu, saat kamu tidur tetap aktifkan humidifier untuk mengurangi dengkuran.

Fungsi Humidifier untuk Melembapkan Kulit dan Rambut

fungsi humidifier untuk melembapkan kulit dan rambutjustdial.com

Sering memiliki keluhan bibir pecah-pecah, kulit kering, hingga rambut yang kering serta rontok? Hal ini biasanya terjadi terutama pada kondisi rumah dengan sirkulasi udara yang kurang baik akibat perangkat elektronik atau suhu dingin di luar rumah sehingga udara di dalam ruangan jadi terasa kering.

Hal ini dapat memberi dampak pada kulit dan rambut karena 50-60% tubuh manusia terdiri dari air, jadi udara kering bisa menarik kelembapan keluar dari tubuh, bahkan juga bisa membuat mata menjadi merah. Oleh karena itu, fungsi humidifier sangat penting untuk meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan sehingga dapat masalah kulit dan rambut kering yang dialami pun bisa diminimalisir.

Fungsi Humidifier untuk Menghangatkan & Menjaga Rumah

fungsi humidifier untuk menghangatkan ruanganallergyandair.com

Semakin lembap suhu udara di dalam rumah, maka rumah pun akan terasa semakin hangat. Bagi kamu yang tinggal di daerah sejuk, maka sangat cocok untuk memanfaatkan fungsi humidifier agar suhu ruangan menjadi lebih hangat dan nyaman.

Fungsi humidifier dalam menjaga rumah bisa terlihat dari efek pengurangan statis listrik yang bisa merusak perangkat elektronik. Apabila di rumahmu menggunakan furnitur kayu, fungsi humidifier juga bisa mencegah kerusakan atau keretakan pada kayu akibat udara kering. Hal ini karena bahan kayu memang membutuhkan tingkat kelembapan tertentu dalam penggunaannya.

Fungsi Humidifier untuk Melindungi Tanaman Indoor

fungsi humidifier untuk melindungi tanaman dalam ruanganhealthcentral.com

Pasti kamu tidak mau ‘kan kalau tanaman di dalam ruangan menjadi kering dan layu? Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena fungsi humidifier tidak hanya untuk manusia saja, melainkan juga untuk tanaman, di mana humidifier akan membantu pemeliharaan tanaman.

Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak perlu menyiraminya dengan air, ya! Bagaimanapun, jenis tanaman indoor tetap membutuhkan air agar kondisinya tetap sehat dan dapat bertumbuh dengan baik.

Setelah membaca fungsi humidifier di atas, apakah kamu jadi semakin tertarik menggunakannya? Fungsi humidifier yang beraneka ragam ini memang menjadikannya sebagai produk yang wajib dimiliki keluarga. Selamat merasakan manfaat humidifier!

Selain informasi di atas, baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya hanya di Dekoruma. Tak hanya artikel saja, Dekoruma juga menyediakan furnitur, peralatan rumah tangga, hingga dekorasi untuk melengkapi kebutuhan rumahmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse