Intip Keeksotisan Taman Nasional Lorentz, Wajib Didatangi!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Keindahan yang Dimiliki Taman Nasional Lorentz

Indonesia terkenal dengan kekayaan dan keindahan alam yang dimilikinya. Ada banyak tempat wisata dengan pemandangan menakjubkan yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua.

Taman Nasional Lorentz yang didirikan pada tahun 1997 ini menjadi salah satu kebanggaan Indonesia karena ditetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara dengan luas sekitar 2,4 juta hektar. Tak hanya itu, Taman Nasional Lorentz juga dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) oleh UNESCO, lho!

Nah, itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus mengunjungi Taman Nasional Lorentz saat liburan. Namun, jangan khawatir apabila kamu belum bisa mendatangi Taman Nasional Lorentz secara langsung karena pada ulasan kali ini Kania akan membagikan keeksotisannya untukmu. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

Aneka Ekosistem di Taman Nasional Lorentz

danau dikelilingi daratan di taman nasional lorentzshutterstock.com

Keindahan Taman Nasional Lorentz tidak terjadi begitu saja, melainkan terbentuk dari kesatuan ekosistem yang beraneka ragam. Terdapat pantai dengan air laut yang biru, rawa-rawa dengan air payau, padang rumput hijau, hutan hujan, hingga pegunungan yang tinggi.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Lorentz untuk mengabadikan momen atau hanya sekadar menikmati pemandangan yang begitu menakjubkan. Kalau kamu berkesempatan mendatangi Taman Nasional Lorentz, pastikan untuk melihat seluruh ekosistemnya secara langsung, ya mulai dari pantai hingga pegunungan!

Taman Nasional Lorentz Menjadi Habitat Hewan Langka

burung cendrawasihshutterstock.com

Keberagaman ekosistem di Taman Nasional Lorentz membuat hewan yang tinggal di dalamnya juga beraneka jenis. Tak hanya itu, bahkan ada banyak hewan langka, seperti kanguru pohon dan burung cenderawasih bereekor panjang yang menjadi kebanggan Taman Nasional Lorentz. Tercatat ada 123 jenis hewan mamalia dan 630 jenis burung di Taman Nasional Lorentz.

Adapun jenis burung yang menjadi keistimewaan dari Taman Nasional Lorentz adalah jenis burung kasuari, megapoda, burung udang, kakatua, merpati, burung madu, dan jenis burung endemik, seperti burung puyuh salju. Sementara, jenis mamalia yang terdapat di Taman Nasional Lorentz adalah kucing hutan, babi duri bermoncong panjang dan pendek, walabi, kanguru pohon, serta kuskus.

Terdapat Beragam Suku di Taman Nasional Lorentz

suku asmatshutterstock.com

Selain tumbuhan dan hewan, terdapat juga  keragaman suku asli Papua di Taman Nasional Lorentz. Jika berkunjung ke sini, kamu bisa mempelajari banyak kebudayaan, mulai dari suku Dani, Dani Barat, Sempan, Nduga, Amungme, hingga Asmat yang terkenal dengan keterampilan memahat dan mengukir kayu.

Keragaman suku inilah yang juga menambah keeksotisan dari Taman Nasional Lorentz. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mengikuti aturan dan budaya yang ada dari masing-masing suku, ya!

Menikmati Salju Abadi di Gunung Puncak Jayawijaya

gunung jayawijaya bersaljushutterstock.com

Tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati pemandangan salju secara langsung bersama keluarga karena di Taman Nasional Lorentz ini terdapat pegunungan bersalju, yaitu Gunung Puncak Jayawijaya. Uniknya, gunung ini terus diselimuti salju apa pun musimnya sehingga tidak heran jika gunung Jayawijaya juga disebut sebagai gunung salju abadi.

Tak hanya itu, gunung Jayawijaya yang terletak di Taman Nasional Lorentz ini juga terdaftar sebagai gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Sayangnya, gunung ini hanya bisa dinaiki oleh pendaki gunung profesional yang sudah memiliki izin dari pihak berwenang. Namun, jangan bersedih karena kamu masih bisa berfoto dengan keeksotisan Taman Nasional Lorentz ini dari kejauhan, lho!

Keindahan Lembah Baliem di Taman Nasional Lorentz

lembah baliemindoglobaltours.com

Lembah Baliem juga merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati pengunjung di Taman Nasional Lorentz. Lembah ini menyuguhkan aneka pesona alam yang sangat menawan, di mana terdapat telaga biru, danau, pasir putih, air terjun, hingga gua. Menarik banget, ya?

Bagaimana, setelah melihat keeksotisan alam di atas, pasti kamu jadi semakin tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Lorentz, ‘kan? Jangan lupa untuk memasukkan Taman Nasional Lorentz ke dalam daftar liburanmu, ya!

Cek juga artikel dengan informasi menarik lainnya dari Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah, seperti furnitur, alat rumah tangga, hingga dekorasi. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse