Selain Memasak Nasi, Ini 7 Kegunaan Penanak Nasi yang Harus Kamu Ketahui!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Fungsi Penanak Nasi yang Jarang Diketahui Orang-orang

Kamu pasti sudah tahu ‘kan kalau penanak nasi atau rice cooker sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari? Hanya perlu memasukkan beras serta air ke dalam penanak nasi, kemudian sambungkan ke listrik, tekan tombol “cook”, dan tunggu selama kurang lebih 30 menit, maka nasi hangat sudah bisa kamu nikmati.

Ternyata, penanak nasi tidak hanya berfungsi untuk memasak dan menghangatkan nasi saja, melainkan juga bisa digunakan untuk membuat aneka masakan lainnya, lho! Lalu apa saja sih fungsi lain dari penanak nasi? Yuk, langsung saja simak ulasan Kania di bawah ini!

1. Memasak Air

air mendidihshutterstock.com

Tidak punya dispenser air panas? Ingin memasak air, tapi gasnya sudah habis? Tenang saja karena kamu bisa memasak air hingga mendidih menggunakan penanak nasi, lho! Cara memasaknya pun sama dengan memasak nasi, hanya saja kamu tidak perlu memasukkan beras ke dalam penanak nasi.

Tuangkan air sesuai kebutuhan ke dalam wadah penanak nasi, kemudian tutup dan tekan tombol “cook”. Setelah itu, tinggal tunggu sampai airnya mendidih, deh! Tidak sulit, ‘kan?

2. Merebus Sayur

aneka ragam sayuranunsplash.com/@danielcgold

Penanak nasi juga bisa kamu manfaatkan untuk memasak aneka sayuran sebagai menu makanan sehat. Namun, sebelum membuatnya, panaskan dulu air secukupnya di dalam penanak nasi. Sambil menunggu air mendidih, kamu bisa memotong sayuran favorit keluarga.

Jika sudah, masukkan sayuran tersebut ke dalam penanak nasi. Jangan lupa tambahkan juga aneka bumbu agar rasanya lebih lezat, ya! Aduk-aduk sedikit agar bumbunya merata. Setelah itu, tutup dan tunggu beberapa menit sampai matang.

3. Membuat Mi Instan

mi instanunsplash.com/@cactuspix

Sering kelaparan di tengah malam? Paling enak memang makan mi instan. Namun, menyalakan kompor di malam hari cukup berisiko. Nah, sebagai alternatifnya coba gunakan penanak nasi untuk membuat mi instan favoritmu.

Sama seperti sebelumnya, masak dahulu air di dalam penanak nasi hingga mendidih. Setelah itu, kamu tinggal memasukkan mi instannya, deh! Akan tetapi, cara membuat mi instan menggunakan penanak nasi ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan menggunakan kompor.

4. Membuat Kue Bolu

kue bolu gulungshutterstock.com

Siapa sangka kalau kamu bisa membuat kue bolu menggunakan penanak nasi? Nah, fungsi penanak nasi ini sangat cocok untuk kamu yang suka membuat aneka kue lezat, tapi tidak memiliki oven di rumah. Caranya membuatnya pun tidak sulit.

Pertama-tama, buatlah adonan kue seperti biasanya di sebuah wadah lain. Setelah itu, oleskan mentega atau margarin pada permukaan wadah penanak nasi. Jika sudah, tuangkan adonan kue tersebut ke dalam penanak nasi dan tunggu hingga matang selama kurang lebih satu jam. Dalam cara ini, wadah penanak nasi berguna sebagai cetakan kue.

5. Membuat Sup Ayam

sop ayamfoodnetwork.com

Makan menu utama apa pun rasanya tidak lengkap kalau tidak ada makanan yang berkuah. Oleh karena itu, coba tambahkan menu sup ayam. Tidak perlu repot karena kamu bisa membuatnya secara praktis menggunakan penanak nasi, lho!

Untuk membuat menu favorit ini, kamu perlu menuangkan sedikit minyak terlebih dahulu ke dalam penanak nasi. Setelah itu, tuang bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sup ayam, seperti air, sayuran, bumbu dapur, dan daging ayam. Aduk-aduk hingga merata menggunakan spatula dan tunggu sampai sup ayam matang di dalam penanak nasi.

6. Membuat Agar atau Jelly

puddingshutterstock.com

Tak hanya menu makanan berat saja, penanak nasi juga bisa digunakan untuk membuat dessert, lho! Salah satunya adalah agar-agar atau jelly. Hal yang perlu dilakukan adalah merebus campuran air, bubuk agar-agar, serta gula pasir di dalam penanak nasi hingga mendidih.

Jika sudah matang, kamu bisa menuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan jelly dan memasukkannya ke dalam kulkas. Namun, kalau kamu tidak mau repot, biarkan saja adonan tersebut hingga dingin di dalam wadah penanak nasi sebagai cetakannya.

7. Memanggang Roti

roti panggangshutterstock.com

Nah, penanak nasi juga bisa berfungsi sebagai pemanggang roti. Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memanggang roti adalah mengoleskan mentega atau margarin pada bagian dasar wadah penanak nasi.

Setelah itu, letakkan roti yang sudah diolesi selai favoritmu ke dalam wadah penanak nasi. Tunggu sampai salah satu permukaan roti menjadi warna kecoklatan, kemudian balik roti tersebut untuk mematangkan permukaan satunya. Jika sudah, pastikan kamu mengangkat rotinya menggunakan capitan, ya agar hawa panasnya tidak melukai tanganmu!

Gimana, setelah melihat ulasan di atas, pasti kamu jadi tidak sabar ‘kan menggunakan penanak nasi untuk membuat aneka menu makanan? Selamat mencoba!

Selain informasi di atas, temukan juga artikel lainnya di Dekoruma, ya! Tak hanya artikel saja, kamu juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah, seperti furnitur, alat rumah tangga, hingga dekorasi. Yuk, langsung saja cari di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse