Nggak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Cincau Hijau dan Cara Membuatnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Khasiat Cincau Hijau dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Apakah kamu pernah makan cincau hijau? Jika pernah, kamu pasti tahu ‘kan kalau cincau hijau memiliki rasa yang enak dan menyegarkan? Namun ternyata, dibalik rasa tersebut, cincau hijau juga kaya akan manfaat, lho khususnya untuk kesehatan tubuh.

Cincau hijau sendiri berasal dari tanaman rambat Cyclea Barbata. Tanaman cincau hijau tersebut bisa kamu tanam sendiri di pekarangan rumah. Lalu, apa saja sih manfaat kesehatan dari cincau hijau dan bagaimana cara membuatnya? Untuk selengkapnya, simak ulasan Kania berikut ini, ya!

Manfaat Cincau Hijau

Sebelum kamu mengonsumsi atau membuat cincau hijau, sebaiknya ketahui dulu manfaatnya yang selama ini belum diketahui banyak orang. Yuk, langsung saja intip di bawah ini!

1. Mengatasi Darah Tinggi

tekanan darah normalshutterstock.com

Cincau hijau mengandung kalium dan serat yang tinggi. Nah, kedua kandungan tersebut dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, terutama kandungan seratnya. Hal ini karena serat bisa mengeluarkan garam dan juga lemak di dalam tubuh yang biasanya menjadi penyebab penyakit darah tinggi. Oleh karena itu, jika kamu atau di antara anggota keluargamu ada yang mengalami darah tinggi, coba atasi dengan cincau hijau, ya!

2. Meredakan Demam

suhu tubuh normalshutterstock.com

Bukan rahasia lagi kalau cincau hijau sangat berkhasiat untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Hal ini karena cincau hijau mengandung saponin, alkaloid, polifenol, lemak, fosfor, vitamin A dan B yang berguna sebagai anti demam dan anti racun.

Untuk mendapatkan manfaat cincau hijau ini, kamu hanya perlu merebus daun cincau hijau dengan air. Setelah matang, tunggu sampai menjadi hangat baru kemudian kamu bisa meminumnya. Supaya hasilnya lebih maksimal, konsumsilah secara rutin selama tubuh masih demam.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

pencernaan yang baikshutterstock.com

Sering mengalami susah buang air besar? Cincau hijau bisa jadi solusi yang tepat! Cincau hijau memiliki banyak serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaanmu. Selain itu, vitamin B dan C yang ada di dalamnya juga membuat cincau hijau mampu mencegah dan mengurangi gejala diare.

4. Mencegah Osteoporosis

seorang wanita duduk memegang kakishutterstock.com

Siapa sangka kalau cincau hijau juga bisa membantu menguatkan tulang? Hal ini karena cincau hijau mengandung senyawa kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menutrisi kepadatan tulangmu. Dengan mengonsumsi cincau hijau secara rutin sejak dini, kamu akan terhindar dari penyakit osteoporosis di kemudian hari, deh!

5. Meredakan Bengkak

pembengkakan lehershutterstock.com

Daun cincau hijau memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Nah, kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk meredakan bengkak yang biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bagian jaringan tertentu di dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat cincau hijau ini disebut juga sebagai anti inflamasi.

Cara menggunakannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu menumbuk daun cincau hijau, lalu tambahkan sedikit garam. Setelah itu, tinggal dioleskan saja pada bagian tubuh yang mengalami bengkak. Jika diaplikasikan secara rutin, bengkak pada tubuhmu pasti akan berkurang secara perlahan.

Cara Membuat Cincau Hijau

es cincau hijaucookpad.com

Nah, setelah mengetahui manfaat cincau hijau di atas, sekarang saatnya kamu membuat sendiri cincau hijau tersebut. Caranya cukup simpel dan hanya memerlukan dua bahan saja. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja lihat cara membuat cincau hijau di bawah ini, yuk!

1. Siapkan Bahan-bahannya

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cincau hijau hanyalah air dan daun cincau hijau itu sendiri. Untuk takarannya, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Namun, dalam hal ini kamu bisa menyiapkan 40 lembar daun cincau hijau dan satu liter air.

2. Remas Daun Cincau Hijau

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah meremas daun cincau hijau secara manual dengan tambahan sedikit air. Kamu bisa menatakinya dengan menggunakan sebuah wadah. Nah, kalau daun cincau hijau sudah mulai hancur, tambahkan 500 cc air ke dalam wadah tersebut sedikit demi sedikit.

Setelah itu, saring campuran air dan remah-remah daun cincau tersebut menggunakan saringan. Kemudian, tambahkan lagi sisa air secara perlahan sembari diremas-remas kembali sampai kandungan jelinya keluar.

3. Masukkan ke Kulkas

Jika sudah, simpan cincau hijau di dalam kotak penyimpanan tertutup. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas dan tunggu semalaman sampai cincau hijau mengental seperti jeli. Dengan demikian, cincau hijau sudah bisa kamu santap. Jangan lupa tambahkan air gula dan es supaya lebih nikmat, ya!

Setelah membaca ulasan di atas, diharapkan kamu bisa membuat dan memanfaatkan cincau hijau dengan baik sesuai kebutuhan. Semoga pembahasan di atas bermanfaat untukmu, ya!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Kalau kamu sedang mencari produk rumah tangga, seperti furnitur dan dekorasi, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse