7 Elemen yang Wajib Ada di Rumah Maroko

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

7 Unsur yang Jadi Ciri Khas Rumah Maroko

Pada dasarnya, setiap rumah memiliki model dan desainnya masing-masing, mulai dari sederhana, modern, klasik, hingga yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti rumah Maroko. Rumah Maroko sendiri merupakan gaya rumah yang dipengaruhi oleh budaya dan agama Islam. Oleh karena itu, tidak heran jika rumah Maroko punya ciri khas dan keunikan desain tersendiri.

Nah, kalau kamu tertarik mengadopsi gaya rumah Maroko, setidaknya ada tujuh elemen penting yang wajib ada di dalamnya. Mau tahu apa saja? Yuk, langsung saja simak ulasan dari Kania di bawah ini!

1. Aplikasi Warna Kontras dan Lembut

ruangan rumah maroko warna pinkdigsdigs.com

Tidak seperti rumah pada umumnya yang cenderung menggunakan warna-warna netral, rumah Maroko justru didominasi oleh warna-warna kontras yang mencolok, tapi tetap bernuansa hangat dan lembut. Misalnya saja warna terakota, merah, atau jingga. Warna-warna tersebut dapat dihadirkan melalui cat dinding ruangan, lantai, dekorasi, hingga furnitur di dalam rumah Maroko.

Warna yang khas dari rumah Maroko ini secara efektif akan membuat nuansa bangunan jadi lebih hidup dan semarak. Meskipun demikian, warna kontras dan lembut pada rumah Maroko tetap harus diaplikasikan secara tepat, ya agar tidak terkesan sesak dan berantakan!

2. Lantai Berpola

ruangan maroko serba putihbooking.com

Selain warna, elemen lain yang wajib ada di dalam rumah Maroko adalah penggunaan lantai yang memiliki pola. Untuk polanya sendiri lebih berfokus kepada motif bentuk yang geometris dan eksentrik. Biasanya, lantai berpola pada rumah Maroko ini terbuat dari material ubin keramik atau kayu.

3. Menggunakan Zallij

ruangan maroko dengan detail zallijpinterest.de

Zallij merupakan keramik dengan desain mosaik yang digunakan pada bagian eksterior maupun interior rumah Maroko. Zallij ini sendiri sangat kental dengan budaya Islam. Warna-warna yang digunakan pada zallij di rumah Maroko biasanya adalah warna-warna cerah yang khas, seperti biru, merah, hijau, oranye, atau kuning emas.

Nah, untuk motifnya sendiri sangat beraneka ragam, mulai dari bunga hingga geometris, seperti pada motif lantainya. Selain itu, biasanya keramik mosaik ini juga diaplikasikan pada permukaan meja dan jendela rumah Maroko.

4. Pencahayaan yang Eksotis

ruangan maroko dengan lampu dramatisdecoredo.com

Rumah Maroko sangat identik dengan pencahayaan redup dan temaram yang membuatnya terlihat sangat eksotis dan penuh kehangatan. Biasanya, pencahayaan eksotis di rumah Maroko ini didapat melalui penggunaan lilin ataupun lentera.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aneka lampu gantung dengan nuansa pencahayaan yang sama di dalam rumah Maroko. Pilihlah lampu gantung yang tertutup oleh kaca mosaik dengan elemen warna-warna yang sudah dibahas sebelumnya.

5. Tekstur Kain pada Furnitur

ruangan maroko dengan banyak dekorasi geometrispinterest.at

Mungkin hal ini terlihat sepele, tapi setiap tekstur kain yang ada di dalam rumah Maroko juga menjadi elemen penting yang mendukung keunikan gaya rumah Maroko itu sendiri. Pada umumnya, tekstur kain yang digunakan di dalam rumah Maroko adalah kombinasi dari bahan sutra, rajutan, dan juga wol. Tekstur kain tersebut bisa dihadirkan melalui dudukan sofa, tirai jendela, bantal dekorasi, hingga karpet, tentunya dengan unsur warna yang menjadi ciri khas rumah Maroko.

6. Area Terbuka di Tengah Rumah

riad di ruangan marokobooking.com

Rumah Maroko sangat khas dengan keberadaan ruang terbuka luas yang biasanya ada di tengah-tengah bangunan. Area terbuka ini dikenal dengan sebutan Riad dan dianggap sebagai jantung rumah Maroko. Di area riad ini biasanya terdapat aneka tanaman, kolam, atau air mancur kecil yang dapat membuat suasana rumah Maroko jadi lebih sejuk dan hidup.

Kamu pun bisa meletakkan beberapa furnitur fungsional, seperti sofa, kursi panjang, atau kursi teras untuk bersantai dengan tenang dan nyaman di area terbuka rumah Maroko ini. Jangan lupa tambahkan juga aneka dekorasi, seperti lampu taman atau bebatuan alam di sekitar kolam.

7. Tanaman Berukuran Besar

ruang maroko dengan banyak tanamandecoist.com

Elemen terakhir yang menjadi ciri khas rumah Maroko adalah adanya beberapa tanaman besar, baik di luar maupun di area terbuka dalam rumah. Biasanya, jenis tanaman yang dipilih untuk rumah Maroko adalah pohon papyrus, pohon pisang, dan pohon kurma yang mencerminkan tempat tinggal di daerah oasis atau gurun pasir.

Itulah tujuh elemen penting yang wajib ada di dalam rumah Maroko. Jadi, apakah kamu sudah siap mewujudkan rumah impian bergaya Maroko?

Kalau kamu butuh lebih banyak inspirasi desain rumah, jangan lupa baca artikel lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka dekorasi dan furnitur multifungsi untuk melengkapi rumah impianmu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse