6 Manfaat Porang, Mulai dari Kesehatan Hingga Urusan Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Kegunaan Tanaman Porang untuk Kebutuhan Sehari-hari

Pernah mendengar sebutan porang? Mungkin tanpa sadar kamu sering mendengarnya karena saat ini porang sedang menjadi pembicaraan hangat bagi masyarakat Indonesia, tapi apakah kamu tahu sebenarnya apa itu porang?

Porang merupakan suatu tanaman umbi-umbian yang dikenal juga sebagai nama Iles-iles. Biasanya, porang tumbuh di daerah yang beriklim tropis atau sub-tropis. Di Indonesia sendiri, tanaman porang kerap tumbuh secara liar sehingga tidak dibudidayakan sampai akhirnya ada seorang petani asal Jawa Timur yang berhasil menjadikan porang sebagai ide usaha atau bisnis yang diekspor ke luar negeri.

Tanaman porang mengandung lebih dari 80% karbohidrat. Selain itu, porang juga memiliki kandungan konjac glucomannan atau yang lebih dikenal dengan sebutan glukomanan. Kandungan ini berbentuk tepung sehingga dapat diolah menjadi beragam bahan pengganti, mulai untuk kesehatan hingga urusan rumah tangga. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak ulasan mengenai manfaat porang dari Kania di bawah ini!

1. Tanaman Porang sebagai Penjernih Air

air minum dalam gelasshutterstock.com

Air di rumahmu kotor? Kalau begitu coba gunakan porang sebagai penjernih air. Kandungan glukomanan yang merupakan serat alami di dalam porang dapat dimanfaatkan untuk menjernihkan air. Hal ini karena kadungan tersebut dapat larut di dalam air dan sekaligus bekerja membersihkan air itu sendiri. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi air yang kamu konsumsi atau gunakan masih kotor.

2. Menurunkan Kolesterol dan Mengatasi Diabetes

pemberitahuan untuk mengurangi kolesterolshutterstock.com

Pada dasarnya, glukomanan yang ada di dalam porang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, menurut penelitian, zat glukomanan juga cukup efektif untuk menurunkan kadar gula darah sehingga tanaman porang ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes.

Namun, saran dari Kania, sebelum mengonsumsi tanaman porang untuk mendapatkan manfaat kesehatan ini, sebaiknya kamu konsultasikan dulu kepada dokter yang ahli. Hal ini karena bisa saja ternyata kamu tidak cocok dengan tanaman porang sehingga bisa menimbulkan berbagai efek samping.

3. Porang sebagai Pengental Es Krim

empat buah es krimshutterstock.com

Siapa yang suka makan es krim? Hidangan penutup yang satu ini memang menjadi favorit semua orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Nah, tahukah kamu kalau tanaman porang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengental dessert favorit ini?

Kandungan tepung konjac dari tanaman porang dapat diolah hingga mengental dan kemudian dicampurkan dengan es krim. Penggunaan bahan pengental pada es krim bertujuan supaya es krim tersebut tidak cepat cair atau meleleh.

4. Porang sebagai Isolator Listrik

seseorang menyentuh kotak listrikshutterstock.com

Manfaat porang yang satu ini tak kalah menarik. Pasalnya, zat glukomanan dari tanaman porang dapat diolah menjadi tekstur gel yang kemudian bisa digunakan sebagai isolator listrik atau pencegah penghantaran listrik dan panas di rumah. Namun, dalam memanfaatkan tanaman porang ini, kamu tetap harus berhati-hati saat mengaplikasikannya, ya!

5. Bahan Barang Industri

beberapa kaleng cat dindingshutterstock.com

Tanaman porang yang diekspor ke luar negeri kerap dijadikan sebagai bahan campuran untuk berbagai bidang industri. Misalnya saja, kandungan konjac dari dalam porang kerap dimanfaatkan untuk membuat kertas yang kuat. Tak hanya kertasnya, tanaman porang juga sering diolah menjadi lem atau perekat kertas yang ramah lingkungan.

Selain itu, porang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat cat dinding rumah, kain wol, dan kain katun. Bahkan, jika dicampurkan dengan gliserin, porang juga bisa menjadi bahan yang kedap air, lho!

6. Bahan Obat dan Makanan Jepang

shiratakishutterstock.com

Pernah makan obat kapsul? Ya, ternyata salah satu manfaat porang lainnya adalah sebagai bahan pembentuk dan perekat kapsul pada obat-obatan yang mungkin pernah kamu konsumsi.

Selain sebagai bahan obat kapsul, tanaman porang juga bisa diolah untuk membuat aneka makanan Jepang, seperti konnyaku atau mi shirataki. Bahan yang dimanfaatkan dari porang untuk membuat makanan Jepang ini adalah kandungan konjac-nya. Tidak heran jika Jepang menjadi salah satu negara yang mengimpor tanaman porang.

Itulah enam manfaat porang dalam kehidupan sehari-hari. Melalui ulasan di atas, Kania harapkan kamu jadi lebih tahu mengenai tanaman porang, ya! Siap merasakan manfaat dari tanaman porang?

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma, ya! Kalau kamu sedang mencari furnitur atau peralatan rumah tangga, Dekoruma juga menyediakannya untukmu. Mulai dari sofa, meja, aneka rak, alat kebersihan, hingga alat masak, semuanya tersedia. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse