Kulkas Mini, Solusi Terbaik untuk Rumah Mungil

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-Serbi Kulkas Mini untuk Menghemat Ruang di Hunian

Hampir di setiap hunian, baik itu di rumah atau apartemen, kulkas merupakan satu peralatan rumah tangga terpenting. Benda elektronik rumah tangga ini memiliki fungsi untuk menyimpan atau mendinginkan makanan dan minuman supaya jadi lebih nikmat. Selain itu, beberapa bahan makanan, seperti sayur, buah, telur, atau susu memang dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas agar tetap awet.

Namun, keberadaan kulkas yang besar sering kali membuat sebagian orang kesulitan dalam mengatur interiornya, terutama bagi orang-orang yang luas rumahnya terbatas. Lalu, apakah ini artinya mereka tidak bisa memiliki kulkas di dalam hunian? Jawabannya, tentu saja tidak.

Melihat kendala yang dialami konsumen tersebut, mendorong beberapa produsen lemari pendingin makanan menciptakan kulkas mini sebagai solusinya. Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membahas serba-serbi kulkas mini yang bisa jadi pertimbanganmu sebelum membelinya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

1. Solusi Hemat Tempat

kulkas mini di bawah mejashutterstock.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulkas mini memang dirancang khusus bagi kamu yang tinggal di sebuah hunian mungil. Model kulkas mini sendiri umumnya sangat sederhana dan hanya memiliki satu bukaan pintu. Karena ukurannya kecil, kamu bisa meletakkan kulkas mini di ruang tamu, di atas meja dapur, atau bahkan di dalam lemari dapur supaya lebih efisien.

Namun, ada hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam peletakkannya, yaitu perhatikanlah arah pintu kulkas mini saat dibuka, apakah itu mengenai perabotan lain di sekitarnya atau mungkin bertabrakan dengan dinding kabinet, dan sebagainya. Idealnya, kamu menyisakan jarak antara kulkas mini dengan permukaan atau benda di sampingnya. Hal ini bertujuan supaya kulkas mini tidak terbentur dan jadi lebih awet.

2. Kapasitas Kulkas Mini

bagian dalam kulkas minipinterest.com

Ya, sesuai namanya, kulkas mini tentu memiliki kapasitas yang lebih sedikit daripada kulkas biasa. Biasanya, di bagian dalamnya tetap terdapat beberapa sekat, termasuk juga di bagian pintunya untuk menyimpan aneka minuman.

Namun sebenarnya, kulkas mini ini sendiri ada banyak lagi pilihan ukurannya yang akan menentukan struktur dan kapasitas dalamnya. Ada kulkas mini yang masih terdapat freezer dan tempat telur di dalamnya, tapi ada juga yang tidak. Oleh karena itu, sebelum membelinya, ketahui dulu apa yang menjadi kebutuhan dasarmu sehari-hari sehingga kamu tidak salah pilih.

3. Daya Listrik Kulkas Mini

kulkas mini di atas mejastandard.co.uk

Nah, selain hemat tempat, umumnya kulkas mini juga lebih hemat listrik daripada kulkas besar. Namun, hal ini tentu tergantung juga dari pemakaian dan jenis produknya sendiri. Misalnya saja, kulkas mini portable yang tidak dihidupkan selama 24 jam penuh pasti daya listriknya lebih sedikit.

Begitu juga sebaliknya, jika kulkas mini terhubung dengan aliran listrik selama 24 jam penuh, maka bisa saja tagihan bulananmu juga lebih banyak. Jadi, kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing penggunannya.

4. Kulkas Mini Mudah Dibersihkan

membersihkan-kulkas-minishutterstock.com

Sama seperti kulkas biasa, kamu tetap harus membersihkan kulkas mini secara rutin. Namun jangan khawatir, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak energi dan waktu untuk membersihkannya, kok. Hal ini karena ukuran kulkas mini cenderung kecil sehingga lebih mudah dijangkau hingga ke seluruh bagiannya, baik luar maupun dalam.

Untuk membersihkannya, kamu bisa mengeluarkan terlebih dahulu semua makanan yang ada di dalam kulkas mini. Setelah itu, lap bagian dalam kulkas supaya tetap bersih. Nah, sebelum memasukkan semua makanan tadi, perhatikanlah tanggal kadaluarsanya. Jika ada yang sudah lewat tanggalnya, jangan disimpan kembali di dalam kulkas mini karena bisa menimbulkan bau tidak sedap di dalam kulkasmu.

5. Mengatur Suhu Kulkas Mini

mengatur temperatur kulkasshutterstock.com

Pengaturan suhu di dalam kulkas sering kali diabaikan, padahal ini merupakan hal penting yang harus dilakukan secara berkala supaya suhu kulkas tetap optimal. Kamu bisa mengatur suhu di dalam kulkas mini dengan ukuran 5 derajat celcius. Sementara, untuk kulkas mini yang memiliki pembeku di dalamnya, atur suhu bagian freezer-nya di 0 derajat celcius supaya semua es atau makanan di dalamnya tetap beku.

Bagaimana, setelah melihat serba-serbi kulkas mini di atas, apakah kamu tertarik membelinya? Jangan lupa perhatikan juga merek dan kualitas kulkas mini yang akan kamu beli, ya!

Temukan ragam artikel dengan inspirasi menarik lainnya hanya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka peralatan rumah tangga untuk kebutuhanmu sehar-hari. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse