Keuntungan Membeli Rumah Dijual di Jakarta Timur

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebagai sebuah kawasan permukiman, Jakarta Timur bisa dibilang paling lambat berkembang dibanding kawasan lain di Ibu Kota Jakarta. Rumah dijual pengembang pun terlihat lebih banyak di Bekasi ketimbang rumah dijual Jakarta Timur, sehingga kawasan ini seakan belum tersentuh, sementara kapasitas Bekasi sudah mulai overload, seiring dengan pembangunan infrastruktur yang masif.  

Namun, kondisi seperti inilah yang kini membuat rumah dijual di Jakarta Timur menjadi incaran banyak konsumen dan investor properti. Pasalnya, Jakarta Timur sekarang dianggap sebagai kawasan sunrise property

Apa lagi daya tarik Jakarta Timur, sehingga Anda mesti membeli rumah dijual di kawasan ini sekarang?

Land Bank Masih Luas

Jakarta Timur memiliki wilayah paling luas, yakni 188 kilometer persegi, atau sekitar 28,4 persen dari total luas Jakarta yang mencapai 661 kilometer persegi. Namun, dengan perkembangan permukiman paling lamban, membuat lahan kosong (land bank) di Jakarta Timur masih cukup banyak tersedia untuk properti hunian dan rumah dijual oleh pengembang.  

Bila kita lihat perkembangan kawasan daerah di sekitar Jakarta Timur, misalnya Jakarta Utara, kini sudah tidak ada lahan untuk rumah dijual. Untuk menambah lahan rumah dijual, pemerintah bahkan membangun proyek di lahan reklamasi pantai. Sementara kawasan Jakarta Selatan kini juga sudah padat hingga mencapai perbatasan dengan Bogor, sehingga sulit sekali menemukan rumah dijual pengembang—sebagian besar rumah dijual di pasar sekunder. 

Bila kita simak peta permukiman Jakarta Timur, maka akan terlihat bahwa kawasan ini lebih banyak diisi oleh permukiman penduduk dan rumah swadaya, tak banyak proyek rumah dijual—apalagi berskala besar—yang dikembangkan developer. 

Kawasan selatan Jakarta Timur yang berbatasan dengan Depok dan Cileungsi atau kawasan selatan yang berbatasan dengan Jakarta Selatan terlihat sudah padat penduduk. Kawasan yang paling banyak lahan untuk rumah dijual adalah di utara dan timur laut yang berbatasan dengan Bekasi dan Jakarta Utara.

Di kawasan ini, beberapa pengembang besar menawarkan rumah dijual, sebut saja PT Modernland Realty, Tbk yang memasarkan Jakarta Garden City (seluas 370 hektar) dan PT Metropolitan Land, Tbk yang membangun Metland Menteng (135 hektar).   

Kebanggaan Jadi Warga Ibukota Jakarta

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa ada kebanggaan tersendiri bisa menjadi warga ibukota Jakarta, dibanding menjadi warga daerah penyangga seperti Bekasi, Tangerang, atau Depok. Keberadaan Jakarta Timur yang merupakan bagian dari Jakarta, menjadi kelebihan bagi proyek properti dan rumah dijual di sana. 

Infrastruktur dan Transportasi Umum

Sejak dulu, Jakarta Timur merupakan salah satu pintu masuk ke Jakarta dari kota-kota di pulau Jawa. Pasalnya, di Jakarta Timur-lah letak terminal-terminal bus antar kota terbesar. Sebut saja terminal Kampung Rambutan (sebelumnya terminal Cililitan), terminal Pulo Gadung, dan yang terbaru dan paling modern berada di Pulo Gebang.

Sebagaimana halnya kawasan Bekasi dan Timur Jakarta lain, kawasan Jakarta Timur juga mendapat berkah dari masifnya pembangunan infrastruktur yang dikerjakan pemerintah. Setelah jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang sudah tersambung, kawasan Jakarta Timur juga bakal menikmati infrastruktur tol baru, yakni Becakayu (Bekasi – Cawang – Kampung Melayu) yang akan segera rampung. Selain itu, jalur light rail transit (LRT) yang tengah dirampungkan bakal menghubungkan Jakarta Timur dengan kawasan di Selatan Jakarta hingga Bogor. 

Selain itu, Jakarta Timur saat ini dilengkapi dengan moda transportasi bus TransJakarta dan KRL Commuter Line yang bisa menghubungkan kawasan ini dengan pusat bisnis Jakarta serta kawasan lain di sekitar ibukota. Semua ini menjadi nilai lebih bagi rumah-rumah dijual pengembang properti atau rumah-rumah dijual second di Jakarta Timur.

Fasilitas Umum

Di sisi fasilitas umum, Jakarta Timur tidak kalah dengan kawasan lain di Jakarta. Untuk fasilitas kesehatan, Jakarta Timur memiliki beberapa rumah sakit ternama, seperti Rumah Sakit Persahabatan, Rumah Sakit Polri Said Sukanto, Rumah Sakit Haji, dan RSUD Pasar Rebo.  

Fasilitas pendidikan pun tak kalah lengkap, mulai dari tingkat TK hingga universitas. Beberapa kampus favorit di Jakarta Timur, sebut saja Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Darma Persada, dan Universitas Jayabaya.  Semua fasilitas ini juga menjadi nilai lebih bagi rumah-rumah dijual pengembang properti atau rumah-rumah dijual second di Jakarta Timur. 

Harga Rumah Dijual Cukup Terjangkau

Dengan ketersediaan lahan di Jakarta Timur yang masih banyak dan harga tanah yang belum menanjak maksimal, maka investor maupun end user rumah dijual akan masuk kembali ke timur. 

Hal ini juga yang membuat Jakarta Timur menjadi kawasan sunrise property

Untuk harga rumah dijual pengembang di Jakarta Timur masih cukup terjangkau oleh kalangan menengah, rata-rata rentang harga dimulai Rp1 miliar. Namun jangan salah, ada pula rumah dijual super mewah di Jakarta Timur. Sebut saja cluster Asya di Jakarta Garden City. Rumah dijual di sini harganya cukup mencengangkan, hingga mencapai Rp 60 miliar per unit. 

Potensi Investasi Rumah Dijual

Dengan segala kelebihannya dan potensinya yang belum tergali maksimal, Jakarta Timur digadang sebagai kawasan dengan potensi investasi rumah dijual yang menggiurkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Lokasi

Rumah dijual yang Anda incar harus dekat dengan tempat kerja/usaha atau transportasi umum. 

2. Harga

Cek harga pasar rumah dijual yang Anda inginkan. Jangan sampai terlalu mahal. Alangkah baiknya Anda menghubungi kantor broker property terdekat, karena biasanya mereka mengetahui harga pasar. 

3. Fasilitas dan Infrastruktur

Ketersediaan fasilitas sekolah, pasar, atau supermarket di sekitar rumah dijual akan menjadi tambahan, demikian pula dengan infrastruktur seperti jalan yang lebar dan lain-lain. Semakin baik dan lengkap fasilitas yang ada, semakin bernilai pula rumah dijual yang Anda incar. 

Pilih Rumah Dijual di Kawasan Sunrise Property

Untuk mendapatkan investasi yang prospektif, belilah rumah dijual di kawasan sunrise property. Ciri kawasan sunrise property antara lain: rumah dijual terletak di kawasan baru dan berkembang (antara 5 – 10 tahun), kawasan baru dan stabil (antara 10 – 15 tahun), dan kawasan modern yang baru direhabilitasi (umumnya berumur lebih dari 15 tahun). 

Rumah dijual yang masuk dalam kawasan sunrise property memiliki ciri: rumah berada di daerah yang baru dan berkembang, baru dan stabil, kawasan lama tetapi stabil, serta kawasan modern dan baru diperbaiki. Ciri-ciri rumah dijual yang baru dan berkembang, adalah usia bangunan maksimal 10 – 15 tahun, dan di kawasan tersebut masih terjadi pengembangan terus menerus. 

Jakarta Timur bisa dimasukkan ke dalam kelompok pertama kawasan sunrise property, di mana rumah yang dijual di sana merupakan rumah baru di kawasan yang baru berkembang. Kawasan sunrise property memiliki kelebihan di sisi investasi, karena menawarkan capital gain yang menggiurkan. Secara persentase, kenaikan harga rumah dijual di kawasan sunrise property melebihi kawasan lain yang telah berkembang lebih dahulu. Jangan heran bila harga rumah yang dijual di kawasan sunrise property bisa naik 50 persen hanya dalam beberapa tahun.  

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse