6 Macam Konsep Taman Terfavorit untuk Rumah Impian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Aneka Gaya Taman Paling Populer yang Bisa Diterapkan di Rumah

Kehadiran taman di rumah dapat memberikan suasana yang sangat asri dan segar. Oleh karena itu, setelah selesai beraktivitas seharian, taman rumah bisa menjadi tempat paling nyaman untuk melepas lelah dan penat. Di taman rumah kamu bisa menghirup udara segar sambil memandangi keindahan bunga-bunga, daun-daun, dan pepohonan hijau.

Pada dasarnya, taman rumah ada banyak sekali modelnya dan tak jarang juga orang-orang jadi kebingungan dalam memilih konsep taman yang paling tepat untuk huniannya.  Di Indonesia sendiri, setidaknya ada enam konsep taman terfavorit yang biasa diterapkan pada rumah-rumah. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak ulasan Kania di bawah ini!

1. Konsep Taman Minimalis

model taman rumah minimalispinterest.com

Konsep taman rumah pertama yang paling banyak diterapkan pada hunian adalah taman minimalis. Tidak menjadi masalah jika lahan taman rumahmu terbatas karena konsep taman yang satu ini hadir dengan desain yang sangat simpel tanpa banyak ornamen.

Biasanya, tumbuhan atau pohon pada konsep taman minimalis ditata dengan apik, bahkan beberapa tanaman dikelompokkan dalam sebuah space yang sudah disediakan. Selain itu, untuk menonjolkan kesan minimalisnya, biasa konsep taman ini tidak diselimuti rumput sepenuhnya, melainkan ada kombinasi batu atau jalan setapak minimalis di sekitarnya.

2. Konsep Taman Kering

taman kering di depan rumahgardenista.com

Kamu tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman di taman rumah? Kalau begitu, pilihlah konsep taman kering. Tumbuhan yang ditanam pada taman ini adalah jenis tanaman yang memang tidak memerlukan banyak perawatan dan air, seperti kaktus, sukulen, siklok, dan lili Paris.

Selain itu, biasanya taman kering juga didominasi oleh bebatuan. Karena sifatnya kering, konsep taman ini sering dijadikan sebagai alternatif taman dalam rumah. Alih-alih terlihat gersang, taman kering ini justru tampil dengan sangat estetik.

3. Konsep Taman Modern

konsep taman modern dengan air terjun minidreamhomeshi.com

Tak jauh berbeda dengan taman minimalis, konsep  taman modern juga memiliki desain yang minim ornamen. Hanya saja, taman ini biasanya hadir dengan gaya yang lebih kekinian dan sudah dimodifikasi dengan teknologi canggih, seperti inspirasi di atas.

Pada konsep taman modern ini, terdapat air terjun mini yang jatuh langsung ke kolam kecil memanjang. Di atas kolam tersebut, ada juga jembatan kayu yang menghubungkan antara area taman yang satu dengan yang lainnya. Umumnya, tumbuhan yang ditanam pada taman modern ini adalah jenis yang tidak memiliki banyak bunga.

4. Konsep Taman ala Jepang

konsep taman rumah ala Jepanghouzz.com

Banyak rumah-rumah di Indonesia mengadopsi konsep taman dari Jepang. Hal ini karena gaya taman ala Jepang memanfaatkan unsur-unsur alam yang sangat kental sehingga dipercaya dapat memberikan efek menenangkan secara maksimal.

Elemen khas Jepang yang biasa ada pada konsep taman ini adalah tanaman bonsai, batu-batuan, material kayu, dan cahaya dengan nuansa hangat. Selain itu, biasanya ada juga kolam ikan koi sebagai pelengkap. Umumnya, komposisi warna yang dihasilkan konsep taman Jepang adalah warna-warna alam, seperti hijau, cokelat, dan abu-abu.

5. Konsep Taman ala Mediterania

konsep taman rumah mediteraniapinterest.com

Karakteristik paling menonjol dari taman yang mengusung konsep Mediterania adalah didominasi oleh unsur warna tanah yang cerah, seperti krem, koral, dan terakota. Warna-warna tersebut biasanya hadir pada permukaan tanah dan dinding di sekitar taman.

Selain itu, umumnya taman mediterania juga dilengkapi bebatuan warna putih dan dikelilingi oleh bunga-bunga cantik dengan warna yang sangat beragam, mulai dari merah, pink, putih, hingga ungu. Kamu bisa menambahkan beberapa kursi taman dengan warna-warna yang senada.

6. Konsep Taman Klasik

konsep taman rumah klasikhouzz.com

Nah, sesuai namanya, konsep taman ini sangat cocok bagi kamu yang menerapkan desain rumah klasik. Ciri khas taman ini adalah menggunakan ornamen-ornamen kuno, seperti air mancur, patung, dan kursi panjang klasik yang terbuat dari kayu. Bahkan, pada hunian yang ukurannya cukup luas, biasanya terdapat mini labirin.

Tanaman pada konsep taman ini biasanya lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan konsep taman yang lain. Tak lupa, penggunaan lampu dinding seperti model di atas juga bisa menambahkan kesan klasik yang bernilai tinggi.

Setelah melihat keenam konsep taman di atas, apakah sekarang kamu sudah tahu gaya taman mana yang paling cocok untuk hunianmu? Atau mungkin kamu punya ide untuk menggabungkan beberapa konsep taman di atas? Semoga ulasan dari Kania tadi bisa menjadi inspirasi untukmu, ya!

Butuh lebih banyak inspirasi seputar taman rumah? Kamu bisa menemukan artikel menarik lainnya di Dekoruma, lho! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur rumah, mulai dari sofa ruang tamu, meja makan, rak dinding, hingga kursi malas, semuanya ada. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse