7 Inspirasi Desain Plafon Unik yang Bisa Kamu Contek

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Aneka Desain Plafon Anti-Mainstream yang Bisa Kamu Tiru

Desain interior rumah tidak lengkap rasanya jika tidak ada plafon. Selain berfungsi sebagai penutup rangka atap, plafon juga bisa sekaligus menjadi elemen bangunan yang dekoratif. Desain plafon sendiri sangat beraneka ragam dan biasanya mampu menciptakan suasana yang berbeda pada hunianmu.

Nah, kalau kamu sedang mencari inspirasi desain plafon yang unik dan berbeda dari lainnya, berikut ini Kania sudah menyiapkannya untukmu dan dijamin bisa membuat hunian jadi lebih hidup dan atraktif. Penasaran seperti apa? Yuk, langsung saja intip semuanya di bawah ini!

1. Desain Plafon Parket Kayu

desain plafon dari parketdexorate.com

Siapa bilang parket kayu hanya bisa untuk lantai? Kenyataannya, material parket kayu juga bisa dipakai untuk plafon, lho! Desain plafon yang menggunakan parket kayu akan membuat nuansa hunian jadi lebih hangat dan nyaman. Apalagi jika ditambahkan lampu indirect di dalam sekeliling plafon, hunianmu pasti jadi terlihat lapang dan megah.

Selain dengan pola vertikal, kamu juga bisa memilih desain palfon dari parket kayu dengan pola zig-zag. Kalau kamu menggunakan desain plafon yang satu ini, pastikan bahwa seluruh perabotan yang digunakan sudah senada supaya tampilan rumahmu tetap menawan.

2. Desain Plafon yang Menyatu dengan Lampu

desain plafon bentuk sungaiweheartit.com

Tidak seperti model biasanya, desain plafon yang satu ini terlihat benar-benar unik karena dibuat menyatu dengan lampu di bagian dalamnya. Sementara itu, tempat lampunya sengaja dirancang dengan bentuk melengkung sehingga pada desain plafon ini terlihat seperti ada aliran sungai. Nah, supaya desain plafon lebih menarik, kamu juga bisa menambahkan beberapa lampu lagi di sekitarnya.

Kalau kamu ingin lebih hemat, kamu tidak perlu menggunakan lampu di bagian dalam plafon. Akan tetapi, biarkan atap rumah sedikit terbuka untuk mendapatkan cahaya alami yang akan dipancarkan ke dalam ruangan melalui desain plafon tersebut.

3. Desain Plafon Kayu yang Dinamis

desain plafon kayumansionglobal.com

Rumahmu terasa membosankan? Kalau begitu, coba gunakan desain plafon ini yang sangat cocok digunakan pada model rumah sederhana maupun modern. Sekilas, desain plafon ini terlihat seperti kerangka yang terbuat dari kayu. Akan tetapi, keberadaan bentuk lingkaran di bagian tengah plafon yang kemudian diberi sekat-sekat hingga membentuk segitiga, membuat ruangan ini jadi terlihat sangat dinamis.

Uniknya lagi, meski desain plafon ini tersusun dari kayu yang bertumuk-tumpuk, tapi ruangan malah terlihat lebih luas. Kamu bisa menerapkan desain plafon yang dinamis di ruang tamu atau ruang santai. Tak lupa, material kayu pada desain plafon ini membuat hunian jadi terasa sangat nyaman untuk ditempati.

4. Desain Plafon dengan Aneka Bentuk

desain plafon kaca kayu heksagonalrocketmortage.com

Desain plafon ini tak kalah unik dari model yang sebelumnya karena dirancang dengan aksen berbagai bentuk, seperti heksagonal, segitiga, dan jajar genjang. Selain itu, desain plafon ini pun menggunakan perpaduan material kayu dan kaca bening. Dengan demikian, kamu bisa melihat pemandangan langit dan pohon-pohon yang tinggi di luar rumah.

Jika diperhatikan, desain plafon ini menyatu langsung dengan jendela kaca di bagian bawahnya sehingga ruangan rumah ini jadi terlihat anti-mainstream. Sama dengan desain plafon yang ada di atasnya, model jendela ini pun dibuat dengan aneka bentuk dan sangat multifungsi karena bisa sekaligus dijadikan sebagai rak dinding. Unik banget, ya?

5. Desain Plafon Setengah Lingkaran

desain plafon setengah lingkaranpinterest.com

Sudah menggunakan plafon di rumah, tapi masih terasa kosong? Jangan khawatir karena kamu bisa menambahkan berbagai ornamen unik pada desain plafon rumahmu, misalnya saja ornamen setengah lingkaran, seperti inspirasi di atas.

Kalau masih merasa kurang, kamu juga bisa menambahkan ornamen bergaris yang sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat lampu tanam. Dengan demikian, dijamin desain plafon rumahmu akan jadi lebih hidup dan menarik.

6. Desain Plafon Futuristik

desain plafon futuristiknexinteriors.com

Sekilas, desain plafon ini terlihat biasa saja. Namun jika diperhatikan, ada kesan futuristik yang nampak pada bagian tengah plafon yang berbentuk lingkaran dengan dua nuansa pencahayaan berbeda, yaitu hangat dan dingin. Dengan demikian, saat kamu ingin bersantai dengan nuansa cahaya yang lebih sejuk, tinggal matikan saja lampu yang berwarna kuning, begitu juga sebaliknya. Desain plafon yang unik ini secara efektif dapat membuat suasana rumah jadi lebih keren dan modern.

7. Desain Plafon yang Menyatu dengan Dinding

desain plafon ungudecorpuzzle.com

Bingung menyelaraskan desain plafon dan dinding pada ruangan rumahmu? Kalau begitu, pilih saja desain plafon yang menyatu langsung dengan bagian dinding, seperti gambar di atas. Desain plafon ini berbentuk melengkung dan menggunakan lampu tersembunyi di bagian dalam plafon, begitu juga pada desain dindingnya.

Harmonisasi warna ungu pada desain plafon dengan warna kuning pastel pada sofa dan sisi dinding lainnya membuat ruangan ini jadi sangat manis dan cerah. Dengan menerapkan inspirasi desain yang satu ini, kamu jadi tidak perlu menambahkan dekorasi lagi pada bagian dinding.

Unik-unik banget, ‘kan inspirasi desain plafon di atas? Dari semuanya, desain plafon mana yang paling menarik hatimu? Apa pun itu, jangan lupa gunakan furnitur yang fungsional dan efisien supaya hunian lebih space saving. Selamat mengubah suasana rumahmu dengan desain plafon yang unik!

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual Dunlopillo, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse