Ketahui Serba-Serbi Kayu Sungkai, Cocok untuk Furnitur Minimalis!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengenali Kayu Sungkai Lebih Dalam

Tak bisa dipungkiri, kayu selalu menjadi material paling favorit dalam pembuatan furnitur atau bangunan rumah. Apalagi, kayu ada banyak sekali jenisnya dan masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Dengan demikian, kamu bisa memilih jenis kayu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Ada jenis kayu yang memang mahal, seperti kayu jati, tapi bagi kamu yang sedang mencari jenis kayu dengan harga yang lebih terjangkau, kayu sungkai bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kayu sungkai memang merupakan bahan baku furnitur yang kerap digunakan oleh kelas menengah. Meskipun demikian, kualitas kayu sungkai tidak kalah dengan jenis kayu lainnya. Nah, bagi kamu yang tertarik menggunakan kayu sungkai, sebaiknya kenali dulu serba-serbinya supaya tidak salah pilih. Yuk, langsung saja simak ulasan Kania di bawah ini!

Asal Muasal Kayu Sungkai

bongkahan kayu sungkaipinterest.com

Pasti kamu penasaran, ‘kan dari mana asal usul kayu sungkai? Jenis kayu yang memiliki nama latin Peronema canescens Jack dan yang dikenal juga sebagai jati sabrang ini berasal dari pohon sungkai yang banyak tersebar di daerah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Selatan, dan Tengah, serta Sulawesi Tengah dan Selatan.

Pohon sungkai sendiri dapat bertumbuh hingga mencapai ketinggian 20 – 30 meter. Sementara, diameter batangnya bisa mencapai 60 sentimeter dengan ciri batang yang lurus dan berlekuk dangkal serta ranting yang dipenuhi bulu-bulu halus.

Karakteristik Kayu Sungkai

papan kayu sungkaihijaukan.com

Ciri khas paling menonjol dari kayu sungkai adalah memiliki tekstur permukaan yang kasar meskipun sudah diamplas. Kayu sungkai memiliki berat yang berkisar di antara 0,50 – 0,70 kilogram per meter kubiknya.

Untuk warnanya, bagian luar kayu sungkai berwarna agak kelabu atau sawo muda dan bagian tengahnya berwarna cokelat muda. Sementara itu, bagian pinggirnya memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan bagian tengahnya. Sebenarnya, bagian pinggir kayu sungkai awalnya berwarna putih, tapi setelah dikeringkan akan berubah menjadi warna kekuningan yang cerah.

Kegunaan Kayu Sungkai

furniture kayu sungkaieasypalletprojects.com

Bicara soal kegunaannya, kayu sungkai kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk pembuatan furnitur rumah, seperti kursi, meja, daun pintu, dan lemari pakaian. Namun, berkat kekuatannya yang cukup baik, kayu sungkai juga bisa digunakan sebagai kerangka atap dan tiang rumah. Selain itu, kayu sungkai juga sering diolah menjadi veneer yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan kayu lapis.

Kelebihan Kayu Sungkai

tekstur kayu sungkai shutterstock.com

Meskipun memiliki permukaan yang kasar, tapi serat-serat dari kayu sungkai menciptakan motif yang sangat cantik dan cocok dijadikan sebagai furnitur bergaya minimalis dengan sentuhan natural. Nah, sebagai furnitur, kayu sungkai juga tergolong jenis kayu yang cukup kuat, lho!

Kelebihan kayu sungkai lainnya ada pada proses pengolahannya yang mudah dilakukan sehingga para pengrajin furnitur bisa menghemat waktu dan tenaga dalam pembuatannya. Hal ini jugalah yang menjadikan harga kayu sungkai lebih terjangkau dibanding jenis kayu lainnya, seperti kayu mahoni atau jati.

Kekurangan Kayu Sungkai

tekstur kayu sungkaishutterstock.com

Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga pada kayu sungkai. Jenis kayu ini tidak dapat dijadikan furnitur untuk di luar ruangan, seperti meja atau kursi teras. Hal ini karena kayu sungkai tidak tahan terhadap perubahan cuaca. Kayu sungkai juga rentan terhadap serangan hama, seperti rayap atau kutu bubuk. Oleh karena itu, furnitur yang terbuat dari kayu sungkai harus diberikan obat atau cairan pelindung hama kayu.

Selain itu, permukaan yang cenderung kasar juga menjadi kekurangan dari kayu sungkai karena bisa mengganggu kenyamanan penggunanya. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan menggunakan lapisan atau finishing khusus pada permukaan furnitur kayu sungkai.

Nah, sekarang kamu sudah lebih mengenal kayu sungkai, ‘kan? Melalui ulasan Kania di atas, diharapkan kamu dapat mempertimbangkan secara lebih matang sebelum menggunakan kayu sungkai sebagai furnitur atau bahan bangunan rumah.

Kalau masih bingung, kamu bisa lho membaca artikel mengenai jenis kayu lainnya di Dekoruma. Selain artikel, kamu juga bisa membeli berbagai furnitur kayu dan dekorasi rumah kekinian dengan harga yang bersahabat. Tak hanya itu, ada juga kasur yang tersedia dalam ragam merek. Dekoruma jual Dunlopillo, Comforta, dan King Koil, tiga merek kasur ternama yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse