Tak Hanya Rapi, 5 Desain Rak Bunga Ini Juga Buat Hunian Makin Cantik!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Model Rak Bunga yang Menawan

Bagi kamu yang suka menanam bunga atau jenis tumbuhan lainnya pasti sering merasa kebingungan dalam menata pot yang berjumlah banyak, bukan? Daripada pusing, tak jarang akhirnya orang-orang meletakkan setiap pot tanaman secara asal, baik itu di kebun, teras, ataupun di dalam rumah. Akibatnya, bukannya membuat hunian terlihat cantik, malah jadi berantakan. Nah, kalau kamu sedang mengalami hal tersebut, coba deh gunakan rak bunga untuk menata setiap tanamanmu.

Desain atau model rak bunga yang beredar di pasaran pun sangat beragam sehingga kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan selera. Selain bisa membuat hunian jadi lebih rapi, desain rak bunga yang menarik juga bisa menghadirkan unsur dekoratif pada hunianmu, lho! Berikut ini, Kania sudah menyiapkan beberapa inspirasi desain rak bunga yang cantik dan menarik untukmu. Daripada penasaran, langsung saja intip bersama-sama, yuk!

1. Rak Bunga Vertikal

rak bunga memanjangoverstock.com

Desain rak bunga vertikal yang satu ini dirancang khusus bagi kamu yang suka menanam aneka jenis bunga atau tumbuhan dalam berbagai ukuran. Di bagian rak bunga yang paling bawah, kamu bisa meletakkan pot tanaman yang cukup besar. Sementara, bagian tengah dan paling atas rak bunga bisa untuk menaruh beberapa pot tanaman yang ukurannya sedang atau lebih kecil, seperti bunga anthurium atau sukulen dan kaktus.

Material rak bunga ini adalah kayu yang membuat desainnya secara keseluruhan jadi tampak lebih natural. Karena bentuknya vertikal atau memanjang ke atas, rak bunga ini memungkinkan kamu untuk lebih space saving atau hemat tempat di rumah.

2. Rak Bunga Melingkar

rak bunga melingkardecormu.com

Berbeda dari rak bunga pada umumnya, model yang satu ini terdiri dari dua rak berbentuk setengah lingkaran yang kemudian disatukan sehingga membentuk sebuah lingkaran yang unik. Tiang atau penyangga rak bunga ini dibalut oleh warna putih, sementara masing-masing permukaan rak terbuat dari papan kayu yang bernuansa cerah. Perpaduan keduanya membuat desain rak bunga ini jadi sangat menawan.

Sesuai dengan ukurannya yang cukup besar, rak bunga ini mampu menampung hingga 12 pot bunga yang berukuran sedang. Tak hanya itu, di bagian paling atas rak bunga ini juga terdapat sebuah ring kecil yang bisa kamu gunakan untuk mencantolkan pot tanaman gantung. Rak bunga ini sangat menarik, bukan?

3. Rak Bunga Zig-Zag

rak bunga zig zagpinterest.com

Bagi kamu pecinta desain yang sederhana, tapi ingin hunian tetap tampil dekoratif, model rak bunga di atas bisa jadi pilihan terbaik untukmu. Secara keseluruhan, desain rak bunga ini sangat simpel. Namun jika diperhatikan, ada pola zig-zag pada bagian penyangga di samping kiri dan kanan rak bunga. Itulah yang membuat rak bunga ini tetap cantik dan menarik dalam kesederhanannya.

Meski sederhana, kapasitas rak bunga ini tak kalah dari model yang sebelumnya, lho karena bisa menampung hingga 20 pot bunga kecil. Kamu bisa menggunakan rak bunga ini di dalam maupun luar ruangan. Hanya saja, jika ditempatkan di outdoor, sebaiknya kamu memeriksa kondisinya secara berkala karena rak bunga ini terbuat dari kayu yang biasanya rentan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap.

4. Rak Bunga Bertingkat

rak bunga tanggapinterest.com

Siapa sih yang tidak terpesona saat melihat desain rak bunga di atas? Modelnya yang bertingkat layaknya anak tangga membuat rak bunga ini terlihat sangat atraktif. Apalagi, warna cokelat tua alami dari bahan kayunya tidak merata sehingga menciptakan kesan estetik yang bernilai tinggi.

Jangan sia-siakan setiap ruang pada rak bunga ini, apabila jumlah tanaman atau bungamu tidak memenuhi rak bunga, letakkan saja aneka pajangan atau barang-barang antik koleksimu sebagai gantinya. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya rak bunga tersebut tetap terlihat indah.

5. Rak Bunga Berbentuk Guci

rak bunga guciamazon.com

Keempat desain rak bunga yang tadi masih belum menarik hatimu? Tenang, masih ada satu rak bunga lagi yang modelnya sangat unik, yaitu berbentuk seperti guci. Permukaan rak bunga ini dibuat selang-seling dari bawah ke atas. Di bagian paling atas penopangnya yang melengkung ke luar ada juga tempat untuk pot bunga gantung.

Selain desainnya efisien, ukuran rak bunga ini juga tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk mempermanis rumah mungil. Saat menggunakan furnitur fungsional yang satu ini, tentu hunianmu akan jadi lebih hidup dan atraktif.

Nah, setelah melihat semua desain rak bunga di atas, apakah kamu sudah menemukan yang paling cocok untuk hunianmu? Di samping desainnya yang cantik dan menarik, jangan lupa perhatikan juga kualitas material rak bunganya supaya tetap awet, ya!

Kamu membutuhkan lebih banyak inspirasi seputar desain dan tips home & living? Jangan ragu untuk cek artikel lainnya di Dekoruma, ya! Selain membaca artikel, kamu juga bisa membeli furnitur atau peralatan rumah tangga secara online. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse