5 Manfaat Soda Api untuk Urusan Rumah Tangga

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Kegunaan Soda Api untuk Kebutuhan Sehari-hari

Apakah kamu pernah mendengar soda api sebelumnya? Kalau soda kue, Kania yakin kamu semua pasti sudah tahu fungsi dan manfaatnya. Namun, meskipun nama depannya sama-sama soda, jangan berpikir bahwa soda api bisa dikonsumsi, ya! Pada dasarnya, soda api merupakan suatu bahan kimia yang memiliki sifat basa kuat. Nama kimia dari soda api adalah Natrium Hidroksida (NaOH).

Soda api biasanya banyak dipakai oleh perindustrian di berbagai bidang, mulai dari tekstil, kertas, kaca, hingga deterjen. Akan tetapi, penggunaan soda api tidak sebatas untuk industri saja, melainkan bisa kamu gunakan juga untuk urusan rumah tangga, lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan dari Kania berikut ini!

1. Menghilangkan Noda Karat pada Besi

pagar berkaratshutterstock.com

Siapa sih yang nggak kesal kalau ada benda yang berkarat? Meskipun tidak terlalu berbahaya, tapi karat pada besi cukup mengganggu karena bisa meninggalkan noda karatan. Nah, untuk menghilangkan noda karat tersebut, kamu bisa menggunakan soda api. Namun, sebelum melakukannya, pastikan kamu menggunakan sarung tangan, masker, dan kacamata bila perlu karena soda api cukup berbahaya jika terkena kulit.

Jika sudah siap, larutkan soda api dengan air di sebuah wadah yang terbuat dari logam. Setelah itu, gunakan kuas untuk mengoleskan cairan soda api ke permukaan besi yang berkarat, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga noda karat mulai mengelupas. Kalau sudah, bilas permukaan besi menggunakan air dan sabun, kemudian keringkan dengan kain lap.

2. Membersihkan Dinding Kamar Mandi

membersihkan dinding kamar mandizumper.com

Tak bisa dipungkiri, kamar mandi merupakan salah satu area yang paling mudah kotor di dalam rumah. Apalagi, jika kamu tidak membersihkannya secara berkala, lumut atau kerak pasti senang berkunjung ke kamar mandimu. Kalau sudah kelamaan, kotoran tersebut tentu akan lebih sulit dibersihkan. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan soda api.

Sifat soda api yang kuat mampu menghancurkan kotoran membandel yang mengendap lama di kamar mandimu. Cara mempraktikkannya pun tidak terlalu sulit, hanya saja kamu harus lebih berhati-hati agar soda api tidak terkena tangan atau kaki. Supaya lebih aman, gunakanlah sandal, sarung tangan, dan masker.

Pertama-tama, kamu hanya perlu membasahi keramik lantai atau dinding kamar mandi yang kotor, kemudian taburkan soda api yang sudah dihancurkan sebelumnya. Diamkan selama satu jam. Setelah itu, sikat hingga semua kotoran terlepas dan bilas menggunakan air. Dengan demikian, keramik kamar mandimu akan kembali kinclong, deh!

3. Melancarkan Saluran Pipa yang Mampet

pipa mampetbrickunderground.com

Setiap rumah tangga pasti pernah mengalami saluran atau pipa air yang mampet. Hal ini juga bisa diatasi dengan menggunakan soda api. Biasanya, pipa atau saluran air mampet karena terdapat suatu endapan dari kotoran atau limbah tertentu di dalamnya. Nah, soda api akan bekerja mengurai atau menghancurkan endapan tersebut sehingga saluran pipamu jadi lancar kembali.

Pada saluran pipa yang cukup besar, kamu bisa menggunakan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam cairan soda api. Namun, jika tidak memungkinkan untuk menyikat bagian dalam saluran pipa tersebut, tuangkan saja cairan soda api ke dalamnya dan tunggu beberapa menit. Setelah itu, nyalakan air untuk membersihkannya secara menyeluruh. Tetap, jangan lupa menggunakan sarung tangan, ya!

4. Sebagai Pengelupas Cat atau Paint Remover

pengelupas cat dindingmymove.com

Soda api juga mampu merontokkan cat pada permukaan tertentu, seperti kendaraan atau furnitur yang terbuat dari besi. Oleh karena itulah, soda api sering disebut juga sebagai paint remover. Pengelupasan cat ini biasanya dilakukan saat hendak mengganti warna cat agar tampilan benda tersebut jadi seperti baru lagi.

Hampir sama dengan cara menghilangkan noda karat, kamu hanya perlu mengoleskan soda api menggunakan kuas besar pada permukaan benda logam yang hendak kamu kelupaskan catnya. Setelah dibiarkan selama beberapa menit, keruk permukaan benda tersebut hingga semua catnya lepas. Kalau sudah, jangan langsung aplikasikan cat yang baru karena dikhawatirkan masih ada zat soda api yang menempel. Lebih baik, kamu diamkan dulu selama semalaman.

5. Membersihkan Kerak pada Perabotan

wajan berkerakapartmenttheraphy.com

Alat-alat rumah tangga yang terbuat dari logam atau stainless steel biasanya bisa berkerak setelah beberapa waktu. Daripada menggantinya dengan yang baru, lebih baik bersihkan saja kerak tersebut menggunakan soda api yang memiliki sifat kuat untuk menghancurkan dan melepaskan kotoran dari suatu permukaan.

Caranya tidak jauh berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya, yaitu kamu hanya perlu melarutkan soda api menggunakan air, kemudian oleskan cairan tersebut ke perabotan logam yang berkerak. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sampai keraknya terurai, lalu cuci menggunakan air sabun sampai bersih. Kalau tidak memungkinkan untuk dicuci, lap saja perabotan tersebut menggunakan kain basah. Setelah itu, langsung keringkan dan perabotanmu jadi bersih kembali, deh!

Tidak disangka-sangka, ya kalau soda api punya sejumlah manfaat untuk urusan rumah sehari-hari? Semoga artikel dari Kania ini bermanfaat untukmu, ya! Jangan lupa share juga kepada keluarga dan sahabat agar mereka juga bisa merasakan manfaat dari soda api.

Temukan ragam artikel menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan furnitur dan dekorasi untuk melengkapi hunianmu, mulai dari sofa, lemari, spring bed, lukisan, hingga cermin, semuanya tersedia. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse