Anti Pengap! Berikut 6 Model Jendela Dapur Minimalis Untukmu

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Desain Jendela Dapur Minimalis

Memasak di dapur merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi bagi kamu yang memang hobi. Dengan memasak, kamu bisa menciptakan menu makanan baru dengan cita rasa yang khas. Kamu juga bisa sekaligus berkreasi saat menghidangkan makanan tersebut. Namun, di saat yang bersamaan, pernahkah kamu merasa pengap atau kepanansan? Hal itu mungkin terjadi karena tidak ada sirkulasi udara di dalam dapurmu sehingga asap yang dihasilkan dari masakanmu pun jadi mengepul di dalam ruangan.

Jika hal ini terus dibiarkan, tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu. Sebagai solusinya, selain menggunakan cooker hood, kamu bisa menambahkan jendela dapur agar udara di dapurmu dapat tersirkulasi dengan baik. Di samping fungsi utamanya, jendela dapur juga bisa menambah keindahan pada desain interior dapur kamu, lho! Nah, pada artikel kali ini, Kania akan membagikan inspirasi model jendela dapur minimalis yang bisa kamu tiru. Daripada makin pensaran, langsung saja lihat di bawah ini, yuk!

1.  Jendela Dapur Minimalis Double Hung

jendela dapur kotakhgtv.com

Jendela dapur yang pertama ada model double hung, yaitu model jendela yang terdiri dari dua kaca berbeda dalam satu bingkai. Model jendela dapur ini bisa kamu buka secara praktis dengan menggesernya ke atas ataupun ke bawah.

Umumnya, di bagian bawah model jendela dapur double hung ada sedikit space yang bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan alat dapur atau tanaman hias. Letak jendela dapur pada inspirasi ini tepat berada di atas wastafel sehingga kamu pasti akan lebih semangat saat mencuci piring karena bisa melihat pemandangan di luar rumah yang sangat asri.

2. Model Jendela Dapur Memanjang

jendela dapur persegi panjangbradnams.com.au

Kalau kamu lebih suka model yang simpel, jendela dapur yang satu ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Modelnya tidak ribet karena hanya terdiri dari satu kaca. Nah, yang menjadi keunikan dari jendela dapur ini adalah modelnya yang memanjang ke samping sehingga dapurmu pun jadi terlihat lebih luas.

Berkat modelnya yang memanjang, kamu bisa memanfaatkan ruang di atas jendela dapur untuk kabinet atau lemari dapur gantung. Dengan demikian, desain dapur kamu akan jadi lebih efisien dan space saving. Meskipun simpel, jendela dapur minimalis ini terlihat sangat menawan, ya?

3. Jendela Dapur Satu Bingkai

jendela dapur satu framehgtv.com

Jendela dapur ini sebenarnya mirip dengan model yang sebelumnya, di mana hanya berupa sebuah kaca dengan satu bingkai. Hanya saja, model jendela dapur minimalis yang ada di area kitchen set ini ukurannya tidak terlalu panjang. Meski demikian, jendela dapur ini tetap bisa membuat ilusi ruangan yang lapang karena ukuran kacanya cukup besar.

Saat sedang memasak, kamu bisa membuka jendela dapur ini dengan mendorongnya ke depan. Untuk warna dan material bingkainya sendiri, kamu bisa memilih sesuai selera. Misalnya saja warna putih dengan material besi atau warna cokelat dari kayu.

4. Model Jendela Dapur Grid

jendela dapur model gridpellabranch.com

Selanjutnya, ada model jendela dapur grid, di mana pada bagian permukaan kacanya terdapat bingkai bergaris tipis secara horizontal maupun vertikal sehingga membentuk 12 kotak kecil. Jendela dapur minimalis ini berhasil membuat tampilan dapur jadi lebih hidup, alias tidak monoton.

Kalau kamu tertarik menggunakan model jendela dapur ini, sebaiknya jangan meletakkan banyak barang atau hiasan di bagian bawahnya karena bisa mengurangi keindahannya. Cukup letakkan sebuah vas berisi tanaman hias daun atau terrarium untuk mempermanis jendela dapur grid ini.

5. Model Jendela Dapur Besar

jendela dapur besardekoruma.com

Kamu butuh sirkulasi udara yang lebih? Jika demikian, coba gunakan model jendela dapur minimalis yang besar, seperti gambar di atas. Jendela dapur ini memanjang ke atas sehingga hampir menyerupai pintu kaca. Selain besar, jendela dapur ini ada dua dan saling berdampingan sehingga cahaya matahari yang masuk ke dalam ruang dapur akan lebih banyak.

Melalui bukaan jendela dapur yang besar, hawa panas dari dalam rumahmu pun akan berkurang. Model jendela dapur ini dibingkai oleh material kayu sehingga kesan dapur jadi lebih natural. Apalagi, di sekitar jendela dapur tersebut juga terdapat aneka tanaman hias.

6. Jendela Dapur Minimalis Elegan

jendela dapur putihwindowworldofboston.com

Untuk model yang terakhir, ada jendela dapur minimalis elegan. Kesan mewahnya terletak pada tambahan bingkai tipis di pinggir jendela dapur. Selain itu, warna putih yang melapisi bingkai jendela juga turut memaksimalkan kemewahannya.

Jendela dapur ini paling cocok diletakkan di area tempat mencuci piring atau meja dapur untuk mengolah makanan. Kalau kamu memilih model jendela dapur ini, jangan lupa untuk menyesuaikan aneka perabot di dapur dengan warna dan desain yang senada, ya!

Itulah enam inspirasi model jendela dapur yang bisa kamu pilih untuk membuat sirkulasi udara di dalam dapurmu. Dari semuanya, mana yang paling menarik hatimu? Selamat memilih!

Kalau kamu butuh lebih banyak inspirasi seputar desain dan tips home & living, jangan ragu untuk cek artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka produk kebutuhan rumah tangga, seperti furnitur dan dekorasi. Dekoruma jual lemari, sofa minimalis, meja makan, hingga rak display dengan ukuran serta model yang bervariasi. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse