Ini Dia 3 Cara Mengubah Tampilan Rumah Tanpa Bikin Kantong Tipis

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti ingin memiliki tampilan rumah yang menarik. Oleh karena itu, ketika pertama kali membangun rumah, desain eksterior maupun interiornya akan dibuat sebagus mungkin.

Sayangnya, hal tersebut tak akan bertahan selamanya. Seiring berjalannya waktu, akan ada banyak hal yang membuat tampilan rumah jadi lusuh, seperti perabotan yang sudah usang, dinding yang retak, atau warna-warna yang mulai memudar.

Saat mengalami hal tersebut, kamu akan mulai merasa bosan dan jadi tidak betah dengan rumah sendiri. Padahal, rumah seharusnya menjadi tempat paling nyaman bagi penghuninya.

Kamu tidak perlu khawatir karena Kania punya tips dan trik mengubah tampilan rumah dengan mudah tanpa membuat dompetmu terkuras. Penasaran gimana caranya? Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Menata Ulang Furnitur

ruang tamu dekorumadekoruma.com

Tidak harus membeli furnitur baru, kamu bisa mendapatkan tampilan desain rumah yang baru hanya dengan menata ulang furnitur lamamu. Misalnya saja, posisi sofa yang tadinya ada di tengah-tengah ruangan, akan terlihat lebih efisien jika diletakkan di sudut ruangan. Kamu juga bisa memindahkan lemari atau aneka rak penyimpanan ke area lainnya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penataan ulang, pastikan kamu sudah mengukur setiap furnitur yang akan dipindahkan dan menyesuaikannya dengan luas ruanganmu. Kamu juga bisa membuat gambar atau sketsa ruangan secara sederhana supaya lebih mudah dalam pengukurannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari penataan yang salah.

Atur Pencahayaan

pencahayaan yang cukup di ruangandekoruma.com

Pencahayaan di dalam rumah sering kali diabaikan oleh sebagian besar orang. Padahal, sebenarnya cahaya memegang peranan yang cukup penting karena bisa mempengaruhi tampilan rumah secara keseluruhan. Maka dari itu, sebaiknya kamu mengatur pencahayaan secara tepat di dalam ruangan agar tercipta suasana yang nyaman dan lebih hidup dari sebelumnya.

Perhatikanlah jenis ruangan yang akan kamu ubah karena pengaturan cahaya di setiap ruangan berbeda-beda. Untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, pakailah lampu yang bernuansa hangat. Sementara, untuk kamar tidur, kamu bisa menggunakan lampu dengan intensitas cahaya yang sedang dan tidak silau supaya suasananya lebih menenangkan.

Selain cahaya buatan yang didapatkan dari lampu, manfaatkan juga pencahayaan alami dari sinar matahari. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuka tirai jendela saat pagi dan siang hari. Dengan demikian, ruangan rumahmu pun akan terlihat lebih luas.

Ganti Warna Cat Dinding

cat dinding pink di ruang tengahjotun.co.id

Salah satu faktor terpenting dalam desain interior adalah warna cat dinding. Apalagi, warna di dalam ruangan dapat mempengaruhi psikologis dan kenyamanan penghuni rumahnya.

Ruangan yang paling sering kamu gunakan, terutama saat menikmati kebersamaan dengan keluarga adalah ruangan yang harus bisa menciptakan suasana homey. Supaya tampilannya jadi terlihat baru dan tetap nyaman dihuni, ubahlah warna cat dinding rumahmu. 

Untuk melakukannya pun kamu tidak perlu repot dan membuang banyak tenaga karena sekarang sudah ada e-service dari penyedia cat dekoratif dan coating performance terkemuka yaitu Jotun. Jotun akan membantu kamu mulai dari pemilihan warna cat, pembelian, hingga proses pengecatan itu sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa memilih produk warna cat yang sesuai dengan budget-mu. Setidaknya, ada tiga tahap utama yang harus kamu lakukan dalam mengganti warna cat dinding, yaitu:

Visualisasikan Kemungkinan Warna

aplikasi get your paint jotuninstagram.com/@jotunindonesia

Memilih warna cat dinding memang susah-susah gampang karena kita tidak bisa mencoba warnanya satu per satu. Masalahnya, kalau warna yang dipilih ternyata tidak cocok dengan ruangan, hal tersebut malah bisa merusak tampilan desain interior. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena sekarang kamu bisa coba memvisualisasikan kemungkinan warna cat pada dinding rumahmu melalui Jotun Colour Design App.

Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis ini akan membantu kamu melihat warna cat mana yang paling cocok dengan menerapkannya langsung ke dinding rumahmu melalui layar smartphone. Jadi, kamu bisa mencoba semua warna satu per satu. Keren banget, ya?

Get Your Paint

aneka skema warna jotuninstagram.com/@jotunindonesia

Nah, kalau kamu sudah menemukan warna cat dinding yang cocok untuk rumahmu, kamu bisa langsung memesannya di situs Get Your Paint dan nantinya pihak Jotun akan menghubungkan dengan toko terdekat di wilayahmu. Setelah itu, warna cat dinding pilihanmu akan langsung disiapkan dan diantar sampai ke depan pintu rumahmu. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke toko cat lagi, deh!

Pengaplikasian Cat Dinding

cat dinding hijau di kamar tidurjotun.co.id

Kalau pesanannya sudah kamu terima, sekarang saatnya mengaplikasikan cat dinding tersebut pada interior rumahmu. Dalam penerapannya, pastikan kamu melakukan teknik-teknik pengecatan yang benar supaya hasilnya sempurna dan tidak mengecewakan.

Namun, bagi kamu yang masih bingung bagaimana caranya mengecat dinding dengan benar, kamu juga bisa meminta bantuan dari Jotun untuk melakukan proses pengecatan di rumahmu. Pihak Jotun akan menyesuaikan penyedia layanan pengecatan yang tentunya sudah memenuhi syarat.

Gimana, tidak sulit ‘kan mengubah tampilan rumah yang sudah mulai membosankan? Apalagi dengan adanya e-service dari Jotun akan memudahkan kamu dalam mewujudkan penyegaran ruangan yang lebih terjangkau. Yuk, lakukan ketiga cara di atas untuk mendapatkan tampilan rumah baru bersama Jotun!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse