Tak Hanya Indah, Ini 7 Manfaat Bunga Matahari yang Belum Kamu Tahu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Khasiat dan Kegunaan Bunga Matahari Untukmu

Siapa sih yang tidak tahu bunga matahari? Kania yakin kamu semua pasti pernah melihat tanaman berwarna kuning yang cantik dan cerah ini, baik itu secara langsung maupun hanya melalui gambar atau foto. Keindahan bunga matahari membuatnya disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, termasuk juga orang-orang yang bahkan tidak hobi berkebun.

Namun, tahukah kamu bahwa dibalik keindahannya, bunga yang selalu menghadap ke arah matahari ini juga punya segudang manfaat yang tak terduga? Yuk, langsung saja simak ulasan Kania mengenai manfaat bunga matahari di bawah ini!

Bunga Matahari untuk Mencegah Diabetes

seseorang melakukan tes diabetes menggunakan alat khusus dengan seorang perawatnews.yale.edu

Selain bunganya yang menawan, bunga matahari juga terkenal akan bijinya yang bisa dikonsumsi atau yang lebih dikenal dengan sebutan kuaci. Nah, biji bunga matahari mengandung asam klorogenat yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, biji bunga matahari sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kamu bisa mengonsumsi biji bunga matahari secara langsung atau bisa juga dicampurkan dengan makanan lain. Jika kamu mengonsumsi kuaci dengan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, maka kandungan dalam biji bunga matahari akan langsung bekerja menurunkan senyawa karbohidrat tersebut di dalam tubuhmu.

Bunga Matahari Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

seseorang memegang bentuk hati sebagai simbol jantung yang sehatgowinglife.com

Manfaat bunga matahari yang selanjutnya masih dari bijinya yang mampu mengecilkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena ada kandungan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada juga senyawa asam linoleat yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Bunga Matahari Bisa Menjaga Kesehatan Kulit

seorang wanita tersenyum sambil memegang wajahnyaherworld.com

Biji bunga matahari juga menghasilkan minyak yang tak kalah bermanfaat dari bijinya itu sendiri. Minyak bunga matahari mengandung vitamin E yang memiliki antioksidan tinggi sehingga sangat berkhasiat untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel kulit dan penuaan dini.

Selain itu, minyak bunga matahari juga bisa membuat kulit lebih terhidrasi. Berkat manfaatnya ini, tidak heran kalau banyak produk perawatan wajah yang menggunakan bahan dasar minyak bunga matahari. Jika kamu rutin memakai produk yang mengandung minyak bunga matahari, kulit wajahmu pasti akan jadi lebih lembut dan ternutrisi.

Bunga Matahari Bermanfaat Meredakan Peradangan Kulit

seorang perempuan sedang menggaruk lengannya yang meradangfldscc.com

Tak hanya vitamin E, minyak bunga matahari juga mengandung vitamin A, C, D, dan asam linoleat atau asam lemak tak jenuh yang mampu mengurangi peradangan pada kulitmu. Kandungan minyak matahari tersebut akan bekerja dengan memberikan lapisan pelindung untuk mencegah kulit terinfeksi oleh bakteri.

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan Rambut

seorang perempuan dengan rambut panjang yang sehatmarthastewart.com

Rambutmu rontok? Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan minyak bunga matahari, lho! Vitamin B6 yang terkandung di dalam minyak biji bunga matahari mampu meningkatkan daya penyerapan seng di dalam tubuh sehingga oksigen lebih banyak masuk ke kulit kepala dan rambut rontok pun akan berkurang.

Selain itu, ada juga kandungan gamma linolenic acid yang bisa merawat kerusakan rambut. Tak lupa, vitamin E  juga turut bekerja memicu pertumbuhan rambut supaya jadi lebih tebal dan sehat.

Bunga Matahari Sebagai Penghias Kebun Rumah

sebuah rumah dengan kebun bunga mataharipinterest.com

Selain dari biji dan minyaknya, bunga matahari juga punya kegunaan dari bunganya itu sendiri, yaitu sebagai penghias kebun atau halaman rumah. Ya, bentuk bunganya yang unik dan besar dengan warna kuning yang khas membuatnya terlihat sangat menawan.

Kamu bisa menanam beberapa bunga matahari di halaman supaya tampilan depan rumahmu lebih ceria dan atraktif.  Eits, kalau semua bunga matahari yang kamu tanam sudah tumbuh, kamu juga bisa berfoto-foto ala selebgram di sekitarnya, lho!

Menyuburkan Tanaman dengan Bunga Matahari

seseorang sedang menaburkan pupuk untuk bunga mataharibiosoilsolutions.com.au

Tak bisa dipungkiri, setiap makhluk hidup memiliki masa hidup yang terbatas, begitu juga dengan bunga matahari. Pada waktunya, bunga matahari akan layu dan mati sehingga menjadi kering. Namun, kamu tidak perlu bersedih karena bunga matahari yang kering pun tetap bisa bermanfaat sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman lainnya, lho! Hal ini karena bunga matahari mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat memicu pertumbuhan tanaman. Keren banget, ya?

Itulah tujuh manfaat bunga matahari, mulai dari untuk kesehatan hingga fungsi dekoratif pada hunian. Kalau kamu ingin menanam bunga matahari, pastikan kamu membeli bibit yang berkualitas baik agar pertumbuhannya tidak terhambat, ya! Yuk, mulai tanam bunga matahari di rumah dan rasakan semua manfaatnya!

Jangan lupa baca juga artikel lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual furnitur, aneka dekorasi rumah yang menarik dan lucu, serta berbagai peralatan rumah tangga.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan berbagai jenis kasur dengan material berkualitas dari brand-brand populer, lho! Beberapa di antaranya adalah kasur Alga, King Koil, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Buruan kunjungi laman Dekoruma dan cari semua kebutuhan rumahmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse