3 Tips Padu Padan Warna untuk Menciptakan Interior yang Indah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Setiap orang pasti ingin memiliki tampilan interior rumah seperti yang ada dalam imajinasinya. Misalnya, kamar tidur yang tertata rapi dengan ranjang mewah, ruang tamu bernuansa hangat, atau ruang santai dengan aneka furnitur yang nyaman. 

Sayangnya, untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah membayangkannya. Akan tetapi, jangan putus asa dulu karena ada satu hal yang masih bisa kamu lakukan dengan mudah untuk menciptakan interior yang indah, yaitu mengganti warna cat dan mengombinasikannya dengan elemen-elemen yang ada di dalam ruangan.

Dengan mengganti warna cat, interior rumahmu pasti akan terlihat lebih fresh, bahkan jadi seperti baru lagi. Hal ini tentu harus dibarengi dengan teknik pengecatan yang benar, termasuk dalam memilih warna cat. Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih hidup dan sempurna, kamu bisa memadukan aneka warna pada interior rumahmu. 

Berikut ini, ada tips padu padan warna untuk menciptakan interior yang indah dari penyedia cat dekoratif terkemuka, Jotun. Pasti sudah nggak sabar, ‘kan melihat tipsnya? Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Memadukan Warna yang Sama untuk Kesan Elegan

sebuah pintu menggunakan cat Jotun warna merahjotun.com

Siapa bilang memadukan warna cat yang sama akan membuat ruangan terlihat monoton? Pada kenyataannya, mengombinasikan warna yang sama bisa menciptakan nuansa yang elegan dan estetik, lho! Namun, dengan catatan kamu memilih tone yang satu angka di bawah atau di atasnya, seperti inspirasi ruangan warna merah di atas.

Bagian dinding ruangan dibalut oleh warna cat merah tua, yaitu Lively Red dari Jotun. Sementara itu, daun pintunya menggunakan warna cat Grounded Red, di mana kode warna keduanya hanya berbeda satu angka, yaitu 20143 dan 20144. Tak lupa, furnitur dan dekorasi berwarna yang senada juga turut menyempurnakan hasil akhir desain interior.

warna cat Jotun senses dan organic red

Kalau kamu masih bingung dan takut hasil akhirnya tidak sesuai ekspektasi, kamu bisa mengeksplor warna-warna yang lebih berbeda, tetapi masih dalam satu rumpun atau rangkaian warna yang sama. Ini adalah salah satu cara paling mudah dan aman untuk mengombinasikan warna yang nuansanya sama. Hasilnya? Tentu saja ruangan akan terlihat lebih menawan dan megah.

ruang kerja bernuansa abu-abujotun.com

Coba lihat inspirasi interior yang satu ini. Ya, dinding bagian atas dan bawahnya memang menggunakan warna cat yang berbeda. Namun, ada garis tipis yang membatasi kedua warna tersebut, di mana warna cat garis dengan dinding bawah berasal dari turunan warna yang sama, yaitu abu-abu. Garisnya menggunakan The Dark Grey dengan kode 1434, sementara dinding bagian bawahnya dibalut warna Evening Sky 1462. Dengan demikian, tercipta kesan ruangan yang lebih dinamis.

Harmonisasi Warna-Warna yang Selaras

ruang kerja warna hijaujotun.com

Ingin memiliki tampilan interior yang lebih bervariasi? Kalau begitu, coba padu padankan dua atau tiga warna yang berbeda, tapi dengan nuansa yang serupa agar tetap terlihat harmonis. Biasanya, warna yang digunakan adalah warna-warna lembut yang memanjakan mata, seperti biru muda dan pink atau kuning dan hijau pastel.

Melalui perpaduan warna yang senada, dijamin interior rumahmu akan terlihat lebih hidup dan suasana pun jadi lebih nyaman. Hal ini terbukti melalui inspirasi gambar di atas. Saat melihatnya, kamu pasti terpesona dan ingin mengetahui warna cat yang digunakan untuk segera menirunya, ‘kan? Rahasianya adalah memadukan cat Jotun warna Dusky Peach 12084 dan Treasure 7628.

palet warna yang harmonis dari Jotunjotun.com

Selanjutnya, ada perpaduan dari tiga warna yang berhasil menciptakan keselarasan. Warna-warna tersebut adalah warna Almond Beige 10966, Raw Canvas 10961, dan Green Harmony 8252 yang ketiganya merupakan seri warna dari Jotun Majestic True Beauty Matt. Lalu, seperti apa hasilnya jika sudah diaplikasikan pada ruangan rumah?

ruang makan dengan warna beigejotun.com

Ini dia hasil kombinasi dari ketiga warna di atas. Bagian dinding yang paling kiri menggunakan warna Almond Beige, sedangkan permukaan dinding lainnya pada ruang makan ini didominasi oleh warna Raw Canvas. Sementara itu, ruangan yang berada di sebelah kanan ruang makan menggunakan warna cat Green Harmony. Jika dilihat secara keseluruhan, tampilan interiornya sangat cantik, bukan?

Padu Padan Warna Berbeda yang Kontras

perpaduan dua warna berbeda pada interior rumahjotun.com

Nah, kalau kamu ingin menciptakan suasana interior rumah yang lebih ceria dan ekspresif, kamu bisa memadukan warna-warna kontras yang dinamis, seperti biru dan merah. Untuk kesan yang lebih elegan, pilihlah warna kontras yang tone-nya lebih lembut, misalnya warna cat Serene Blue 5490 dan Lively Red 20143 dari Jotun yang diaplikasikan pada ruangan di atas. Alih-alih terlihat norak, perpaduan warna tersebut justru terlihat sangat serasi.

Namun, kalau kamu tidak terlalu suka dengan warna yang berbeda jauh, kamu bisa mengaplikasikan perpaduan warna kontras yang rona warnanya berdekatan satu sama lain, seperti kuning dan oranye, kuning dan merah, atau kuning dan hijau. Semua kombinasi warna tersebut tetap bisa menciptakan nuansa yang ceria dan atraktif.

sudut baca berwarna pinkjotun.com

Kombinasi warna ekspresif nan menawan juga bisa hadir dari warna-warna yang mirip, tapi tetap kontras. Kamu bisa mengaplikasikan warna Senses dengan kode 2024 pada seluruh permukaan dinding dan padukan dengan warna Daydream 20142 yang agak merah kecoklatan pada ceruk di bagian atas dekat langit-langit. Dengan demikian, nuansa harmonis dan menenangkan dapat tercipta di dalam ruangan rumahmu.

warna cat Jotun Senses dan Daydreamjotun.com

Uniknya lagi, kombinasi warna cat tadi bisa kamu terapkan pada dua area berbeda dalam satu ruangan. Perbedaan warna tersebut juga bisa dijadikan sebagai penanda batasan area, misalnya area duduk menggunakan warna Senses dan area pajangan menggunakan warna Daydream.Demikianlah tips padu padan warna cat untuk menciptakan interior rumah yang indah dan menawan. Pasti kamu sudah tidak sabar untuk mengubah tampilan rumah, ‘kan? Jangan lupa, semua warna-warna menawan tadi bisa kamu dapatkan dari Jotun melalui situs Get Your Paint. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Jotun dan pesan warna cat favoritmu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse