5 Tips Merancang Rumah Tinggal untuk Mewujudkan Hunian Impian!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Merancang Rumah Tinggal Ideal yang Bisa Kamu Ikuti

Memiliki rumah tinggal yang ideal adalah impian semua orang. Namun, untuk mewujudkannya, kamu tentu harus memiliki perencanaan yang matang supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Jika bicara soal perencanaan atau perancangan rumah tinggal baru, mungkin beberapa di antara kamu masih ada yang bingung bagaimana memulainya dan apa saja yang harus dipersiapkan. Apalagi, rumah tinggal itu untuk jangka panjang. Nah, untuk membantu kamu, Kania sudah menyiapkan lima tips merancang rumah tinggal ideal yang bisa kamu ikuti. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Budgeting untuk Merancang Rumah Tinggal

sebuah kalkulator dan sejumlah uang di dekat miniatur rumah tinggalmoneycontrol.com

Tak bisa dipungkiri, dana atau budget adalah salah satu hal yang sering kali membuat kita merasa terbeban dan tak jarang banyak orang berusaha menghindarinya. Meskipun demikian, budgeting merupakan hal terpenting dan harus diperhatikan secara cermat karena inilah yang menjadi salah satu faktor pendukung terbesar untuk mewujudkan rumah tinggal ideal.

Oleh karena itu, pada tahap awal merancang rumah tinggal, kamu harus mempersiapkan dan memperhitungkan budget yang dibutuhkan secara detail. Jangan sampai proses pembangunan rumah tinggal jadi terhambat karena dana yang tidak mencukupi.

Perhitungan budget untuk rumah tinggal meliputi proses perancangan, pembangunan, termasuk pengurusan surat-surat penting, dan juga perabotan rumah tangga yang diperlukan. Budgeting juga akan membantu kamu dalam menyeimbangkan antara kebutuhan dan keinginan saat membangun rumah tinggal impian.

Tentukan Konsep Desain Rumah Tinggal

konsep desain rumah tinggal minimalisarchdaily.com

Desain rumah, baik itu interior maupun eksterior menjadi kunci utama dalam mewujudkan rumah tinggal impian. Maka dari itu, dalam merancang rumah tinggal kamu harus menentukan konsep desainnya terlebih dahulu. Desain rumah tinggal sendiri sangat beragam, ada hunian yang berkonsep minimalis, modern, sederhana, klasik, alami, dan kontemporer.

Kalau kamu masih bingung, kamu bisa melihat-lihat inspirasi desain rumah yang cocok untukmu di Dekoruma. Jika diperlukan, kamu juga dapat berkonsultasi dengan desainer interior yang ahli supaya lebih yakin dan tidak salah langkah. Konsep desain yang sesuai dengan kriteriamu pasti akan membuat rumah tinggal semakin nyaman untuk dihuni sehingga suasana hatimu pun jadi senang setiap saat.

Tentukan Ukuran Rumah Tinggal

dua rumah tinggal bersebelahan yang berukuran kecil dan besarpatch.com

Ukuran rumah tinggal yang ideal sebenarnya sangat relatif karena tergantung pada kebutuhan setiap penghuninya. Bagi orang-orang yang memiliki banyak anggota keluarga mungkin membutuhkan rumah tinggal yang besar. Begitu juga sebaliknya, jika anggota keluarganya sedikit, memiliki rumah tinggal yang kecil pun sudah cukup dan ideal baginya.

Akan tetapi, sebaiknya kamu jangan hanya menentukan ukuran rumah tinggal berdasarkan keadaan sekarang saja. Pikirkan juga untuk ke depannya, mungkin saja dalam beberapa tahun ke depan anggota keluargamu akan bertambah atau kamu membutuhkan ruangan khusus untuk bisnis kecil yang sedang kamu jalani saat ini. Perhitungan ukuran rumah tinggal akan membantu kamu juga dalam menentukan konsep desain rumah yang cocok.

Memilih Tenaga Ahli yang Baik

tiga orang arsitek sedang mendiskusikan pembangunan rumahnearmetrade.com

Setelah mempersiapkan budget dan menentukan konsep serta ukuran rumah, tahap selanjutnya adalah memilih jasa desain interior, arsitek, dan tukang bangunan yang profesional untuk membantu membangun rumah tinggal impianmu. Kenapa harus yang profesional? Tentunya karena mereka sudah memiliki banyak pengalaman sehingga kamu akan lebih mudah saat mengoordinasikan setiap keperluan dan proses pembangunan rumah tinggal pun akan lebih terjamin.

Selain itu, tenaga atau tukang yang sudah ahli juga lebih paham mengenai bahan bangunan yang berkualitas untuk rumah tinggal sehingga kamu bisa mempercayakan semuanya kepada mereka. Maka dari itu, pastikan kamu tidak salah pilih tim yang nantinya akan membangun rumah tinggalmu, ya!

Kriteria Rumah Tinggal yang Ideal

rumah tinggal minimalis dengan kolam renangpinterest.com

Dalam merancang rumah impian, kamu harus tahu kriteria rumah tinggal yang ideal. Sebenarnya, hal ini kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing orang, tapi setidaknya ada beberapa kriteria umum yang wajib terpenuhi saat membangun rumah tinggal, yaitu:

  1. Struktur dan pondasi rumah tinggal harus kuat dan kokoh.
  2. Rumah tinggal yang ideal harus selalu bersih supaya tidak menjadi bibit penyakit.
  3. Rumah tinggal harus memiliki sirkulasi udara yang baik supaya tidak pengap karena dapat berdampak pada kesehatan.
  4. Rumah tinggal yang ideal memiliki ruang terbuka untuk kegiatan sehari-hari, seperti menjemur pakaian atau bercocok tanam.
  5. Setiap saluran pipa di dalam rumah tinggal harus berjalan lancar supaya tidak mengalami mampet ataupun kebocoran.
  6. Jangan ada banyak perabotan yang tidak perlu di dalam rumah tinggal karena ini akan membuat rumah jadi berantakan dan akhirnya menyusahkanmu saat membersihkan rumah.

Nah, jika rumah tinggalmu sudah memenuhi semua kriteria di atas, maka kamu bisa langsung menghuninya dengan nyaman tanpa rasa khawatir. Ohya, kalau kamu memiliki kriteria rumah tinggal ideal sendiri, jangan lupa untuk dipenuhi juga, ya!

Begitulah tips merancang rumah tinggal yang bisa kamu ikuti. Mungkin pada awalnya akan sangat memusingkan, bahkan menguras pikiran dan tenaga, tapi semua itu akan terbayar saat rumah tinggal impianmu sudah jadi dan siap dihuni. Selamat mewujudkan rumah impian!

Kalau kamu masih mencari-cari rumah tinggal baru, kamu bisa menemukannya melalui DekorumaHouse, lho! Ada banyak pilihan rumah dengan harga terbaik dari berbagai wilayah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Depok atau rumah baru di Tangerang.

Pastikan juga kamu membeli perabotan rumahnya di Dekoruma, ya! Dekoruma jual sofa bed, meja makan, sofa, lemari, dan kursi malas. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse