Yuk, Pahami Investasi Properti dan Cara Melakukannya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-Serbi Investasi Properti yang Perlu Kamu Ketahui

Semenjak fenomena pandemi global, kondisi ekonomi dunia mengalami guncangan hebat dan Indonesia pun turut terkena dampaknya. Hal ini juga berpengaruh pada kesadaran finansial dan minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi, tak terkecuali investasi properti.

Saat ini mungkin kamu tertarik melakukan investasi properti, tapi masih kurang yakin untuk memulainya karena merasa bahwa investasi properti itu terlalu rumit dan hanya untuk orang-orang berpenghasilan tinggi saja. Namun jangan salah, melakukan investasi properti tidak sulit, kok jika kamu mengikuti prosedurnya dengan baik. Nah, supaya kamu tidak bingung dan ragu lagi, berikut ini Kania akan membahas investasi properti lebih mendalam beserta cara melakukannya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Pengertian Investasi Properti

ilustrasi investasi propertivisionpf.com.au

Pada dasarnya, investasi properti sama dengan jenis-jenis investasi lainnya, yaitu berkaitan dengan jual-beli serta pengelolaan aset untuk menghasilkan profit atau keuntungan. Hanya saja, yang membedakan investasi properti dengan investasi lainnya adalah jenis aset yang dikelolanya. Jika investasi pasar uang asetnya berupa mata uang, investasi obligasi asetnya berupa surat utang (obligasi), dan investasi saham asetnya adalah lembar saham-saham perusahaan yang diperjualbelikan, maka investasi properti asetnya adalah real estate atau lahan yasan.

Nah, yang termasuk dalam real estate di antaranya adalah sebidang tanah beserta seluruh aset yang berada di atasnya, seperti bangunan gedung, rumah, tanaman, jalan, dan segala sumber daya yang ada di dalam lingkungan tanah tersebut. Investasi properti tentu dapat menghasilkan keuntungan melalui pengelolaan real estate tersebut, baik itu melalui usaha sewa menyewa, penjualan kembali, maupun gabungan dari keduanya.

Nilai Plus Melakukan Investasi Properti

gambar beberapa rumah dengan berbagai ukurancanadianmortgagetrends.com

Melakukan investasi properti mempunyai nilai lebih karena kamu bisa memperoleh profit yang tinggi dengan risiko yang cenderung minim. Mengapa demikian? Tentunya karena nilai properti, baik itu properti baru atau dijual cenderung naik dan stabil dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi karena kebutuhan setiap orang terhadap hunian atau bangunan akan selalu ada.

Selain itu, jangka waktu investasi properti juga cukup fleksibel, di mana kamu bisa melakukan investasi properti dalam jangka panjang atau pendek. Jadi, kamu bisa menentukan jangka waktu investasinya sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara Melakukan Investasi Properti

seseorang-meletakkan-miniatur-rumah-di-atas-tumpukan-koinarrentals.com.au

Setelah memahami pengertian dan kelebihan investasi properti, pasti kamu jadi semakin tertarik untuk melakukan investasi properti, ‘kan? Ada banyak cara untuk dapat menghasilkan keuntungan dalam investasi properti. Setidaknya, ada tiga cara melakukan investasi properti paling umum yang dapat kamu pilih, yaitu:

1. Investasi Sewa Properti

tangan seseorang memegang kunci di depan rumahbsnlaw.com.au

Jika saat ini kamu memiliki atau sedang membangun suatu hunian, sebenarnya kamu sudah menerapkan salah satu langkah dari investasi properti. Namun, apabila yang kamu lakukan hanya sebatas pada kepemilikan properti, tentunya profit yang didapatkan tidak akan begitu terasa dalam jangka waktu pendek. Oleh karena itu, menyewakan properti yang kamu miliki dapat menjadi salah satu cara investasi properti untuk mendapatkan profit secara berkala.

Meski tidak terlalu banyak menyita waktu dan tenaga, tapi kamu tetap harus memahami dan memilih manajemen pengelolaan properti yang tepat. Misalnya, apakah kamu perlu mempekerjakan orang lain untuk merawatnya atau dapat dikelola secara mandiri.

Ada beberapa tips untuk kamu yang berniat melakukan investasi properti dengan cara menyewakannya. Pertama, selalu sediakan dana darurat karena mungkin saja properti milikmu tidak selalu penuh atau ada yang menyewa. Kedua, ketahui dengan baik latar belakang calon penyewa. Buatlah kontrak dan aturan sewa secara tertulis dan diakui secara hukum. Selain itu, catat dan buatlah pembukuan keuangan dari bisnis sewa-menyewa ini. Jika perlu, dokumentasikanlah seluruh transaksi yang terjadi.

2. Flipping

gambar tiga rumah untuk investasi properti flippingbiggerpockets.com

Istilah flipping dalam dunia investasi properti di Indonesia mungkin tidak begitu populer. Namun pada kenyataannya, cara ini dapat menghasilkan profit yang cukup besar dalam jangka waktu pendek. Flipping atau yang lebih dikenal dengan istilah flip properti adalah salah satu cara melakukan investasi properti dengan membeli, merenovasi, dan menjual kembali properti tersebut dalam waktu singkat untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam proses investasi properti ini, pelaku bisnis flip properti atau flipper biasanya mengambil pinjaman dana dari bank untuk membeli properti yang dijual dengan harga lebih murah dari pasaran. Setelah itu, flipper akan merenovasi properti tersebut sebelum kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Untuk menarik minat calon pembeli, kamu juga bisa menjual properti tersebut dengan harga tinggi, tapi tetap lebih rendah dari pasaran. Dengan begitu, properti yang kamu beli dapat kembali terjual dengan cepat karena harganya yang masih di bawah harga pasar.

3. Investasi Properti Online

ilustrasi investasi properti onlinefintechnews.org

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, semakin banyak platform online yang memudahkan kehidupan kita, termasuk juga di bidang investasi. Secara umum, investasi secara online mungkin lebih banyak dikaitkan dengan investasi saham dan sejenisnya. Namun, investasi properti juga bisa dilakukan secara online, lho!

Sama seperti investasi online lainnya, investasi properti online dilakukan melalui platform khusus yang menghubungkan para investor dengan para manajer aset properti. Di dalam platform ini, para investor dapat berinvestasi dengan modal yang tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan suatu aset properti dapat didanai dari kumpulan modal beberapa investor. Tentunya ini akan membantu kamu yang ingin memulai investasi properti, tapi dengan dana yang terbatas. Kamu juga akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan secara berkala, seperti pada investasi saham.

Dalam melakukan investasi properti online, pastikan kamu menggunakan platform terpercaya yang diakui dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Meskipun sudah diawasi oleh OJK, kamu tetap harus memastikan bahwa setiap cara dan transaksi yang kamu pilih untuk melakukan investasi properti tersebut aman, ya! Jangan lupa juga untuk selalu melakukan riset mendalam sebelum memutuskan setiap langkah dalam investasi properti.

Nah, sekarang kamu sudah paham, ‘kan mengenai investasi properti secara keseluruhan? Yuk, langsung rencanakan dan realisasikan langkah pertamamu dalam investasi properti! Kalau kamu masih mencari-cari properti yang cocok, kamu bisa menemukannya di DekorumaHouse, lho! Ada berbagai jenis properti yang bisa kamu pilih dari sejumlah daerah yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Bekasi, apartemen baru di Jakarta Selatan, dan rumah baru di Tangerang.

Bila belum ada dana untuk membeli tanahnya, mungkin kamu bisa mulai dari aset-aset di atas tanahnya terlebih dahulu, seperti furnitur dan peralatan rumah tangga yang dapat kamu beli di Dekoruma. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse