5 Ide Pernak Pernik Natal yang Bikin Rumah Makin Semarak!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Aneka Pernak Penik Natal untuk Ciptakan Suasana Rumah yang Meriah

Hanya tinggal hitungan hari saja Natal akan segera tiba. Bagi kamu yang sampai saat ini masih belum menghias rumah dengan aneka pernak pernik natal, sekarang adalah momen yang tepat! Mungkin alasan kamu belum mendekorasi rumah karena kamu terlalu sibuk atau justru karena kamu bingung ingin menggunakan pernak pernik natal yang seperti apa.

Ya, banyaknya ornamen dan dekorasi natal yang ada sering kali malah membuat kita jadi kebingungan, mana yang paling cocok dengan desain interior rumah. Namun sebenarnya, di setiap tahunnya ada banyak inspirasi tema dengan pernak pernik natal menarik yang bisa kamu terapkan sehingga akan ada suasana natal yang baru dan lebih menyenangkan di rumahmu.

Nah, supaya kamu tidak bingung lagi, Kania akan membantu kamu dalam memilih pernak pernik natal untuk membuat perayaan natal di rumah jadi lebih seru. Pasti kamu sudah tidak sabar, ‘kan? Yuk, langsung saja intip enam ide pernak pernik natal dari Kania di bawah ini! 

Kaus Kaki Natal

pernak pernik natal berupa kaus kaki di atas perapian rumahspy.com

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan pernak pernik natal yang satu ini, bukan? Kaus kaki besar berwarna merah, hijau, atau putih sangat sering dijadikan pernak pernik natal karena anak-anak percaya bahwa santa claus akan memasukkan hadiah ke dalam kaus kaki tersebut.

Biasanya, pernak pernik natal ini digantungkan di dekat perapian. Namun, kamu juga bisa menggantungkannya di dinding dekat pohon natal, railing tangga, pintu masuk, ataupun di pegangan pintu lemari.

Kaus kaki natal sendiri sudah banyak dijual di pasaran, tapi kalau kamu mau menghemat, kamu bisa membuat sendiri menggunakan kain yang sudah tidak terpakai. Hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat pola kaus kaki. Setelah itu, gunting mengikuti pola yang sudah ada dan jahit sesuai ukuran. Jangan lupa untuk menambahkan hiasan, seperti pita, pom-pom, atau bordir nama. Dengan begitu, pernak pernik natal berupa kaus kaki milikmu jadi lebih menarik, deh!

Karangan Bunga sebagai Pernak Pernik Natal

pernak pernik natal berupa rangkaian rumbai bunga di railing tanggadecoist.com

Karangan bunga atau yang biasa disebut garland merupakan salah satu pernak pernik natal klasik yang mampu menghidupkan suasana natal di rumahmu. Pada umumnya, bentuk karangan bunga natal ini memanjang dengan aneka hiasan berupa bunga, lonceng, atau bola-bola di sepanjang untaiannya.

Kamu bisa menggunakan garland di railing tangga dengan cara melilitkannya. Selain itu, pernak pernik natal ini juga cocok dipasangkan di sekeliling pintu masuk, jendela, atau perabotan rumah, seperti lemari pajangan dan sandaran kursi. Menempelkannya di sepanjang permukaan dinding juga tidak masalah, yang penting perhatikan tampilan hasil akhirnya, jangan sampai malah terlihat aneh atau berlebihan.

jendela rumah dengan pernak pernik natal karangan bungapinterest.com

Nah, untuk tampilan yang lebih indah, padukan garland dengan pernak pernik natal lainnya, seperti pohon natal kecil, lentera, atau gantungan bola natal yang menawan. Kamu juga bisa menambahkan lampu kecil di sepanjang karangan bunga tersebut. Dengan demikian, pernak pernik natal ini akan membuat hunianmu semakin memukau.

Pernak Pernik Natal Berupa Lampu Kerlap Kerlip

ruang tamu bernuansa hangat dengan pernak pernik natal berupa lampupinterest.com

Kerlap-kerlip lampu natal selalu identik dengan kehangatan dan keceriaan. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan lampu hias sebagai pernak pernik natal pada area atau titik-titik tertentu, seperti di kusen jendela, tirai, atau bahkan di pinggiran lantai rumah.

Kamu bisa memilih lampu natal yang ceria dengan cahaya yang berwarna-warni, seperti merah, hijau, biru, dan kuning. Namun, kalau kamu mau menciptakan suasana natal di rumah yang lebih homey, pilihlah lampu hias yang pencahayaannya temaram. Dengan demikian, perayaan natal pun akan jadi lebih bermakna.

desain eksterior rumah dengan aneka lampu natal yang berkerlap-kerlipthedailyjournal.com

Tak hanya di dalam rumah, pernak pernik natal berupa lampu ini juga bisa kamu gunakan pada bagian eksterior supaya semarak natal terpancar sampai ke luar rumah. Pasanglah lampu hias di di sekeliling atap, pintu, teras, atau bahkan di batang dan ranting pohon. Untuk lebih hemat energi, kamu dapat memakai lampu LED.

Toples Natal untuk Mempercantik Meja Ruangan

toples lilin sebagai pernak pernik natalupcycled-wonders.com

Untuk melengkapi suasana natal di rumah, kamu juga bisa menambahkan pernak pernik natal pada bagian meja, yaitu menggunakan toples natal. Tidak perlu khusus membelinya, kamu bisa membuat sendiri pernak pernik natal ini dengan menghias toples yang ada di rumah menggunakan bahan-bahan prakarya bertema natal, seperti daun natal cherry, karangan bunga mini, serta pita warna merah dan hijau.

Letakkan pernak pernik natal ini di meja tamu, meja makan, atau di atas side table samping tempat tidur. Di dalam toples tersebut, kamu bisa meletakkan lilin aromaterapi atau memasukkan snack sebagai kudapan untuk keluarga yang berkunjung untuk merayakan natal bersama.

Tumpukan Kado Natal

tumpukan kado di bawah kaki pohon natal di ruang tamusouthernliving.com

Hari Natal sangat identik dengan kado-kado. Oleh karena itu, tidak lengkap rasanya kalau di rumahmu tidak ada tumpukan kado sebagai pernak pernik natal. Jika kamu memiliki anak kecil, tentu pernak pernik natal berupa kado bisa sekaligus kamu berikan kepadanya.

Namun, kalau kamu belum memiliki sang buah hati, kamu tetap bisa, kok menghiasi rumah dengan pernak pernik natal yang satu ini. Caranya adalah dengan membungkus beberapa dus kosong dengan kertas kado bertema natal. Jangan lupa tambahkan juga pita atau hiasan lainnya supaya lebih menarik. Setelah itu, letakkan kado-kado tersebut di bawah kaki pohon natal. Dengan demikian, tercipta suasana natal yang ceria, deh di rumahmu!

Pilih Pohon Natal Sesuai Tema

pohon natal bergaya rustic dengan aneka pernak pernik natalsouthernliving.com

Terakhir, di samping semua pernak pernik natal di atas, jangan sampai lupa untuk memasang pohon natal di rumahmu, ya! Tidak harus besar, menggunakan pohon natal yang berukuran sedang atau kecil pun sudah bisa menyemarakkan suasana natalmu.

Satu tips dari Kania, pilihlah pernak pernik natal untuk pohon natal kamu sesuai dengan tema yang ingin kamu terapkan. Misalnya, kamu ingin mengusung tema natal tradisional, maka hiaslah pohon tersebut dengan aneka pernak pernik natal rustic. Pilihan lainnya yang bisa kamu jadikan inspirasi adalah white christmas tree, pohon natal mewah, atau ombre.

Gimana, ide pernak pernik natal dari Kania pasti membuat kamu semakin bersemangat untuk merayakan Hari Natal bersama orang-orang tersayang, bukan? Yuk, langsung saja hiasi rumahmu dengan semua pernak pernik natal di atas supaya hunian jadi makin semarak! Ohya, selamat Hari Natal bagi kamu yang merayakan, ya! Semoga damai sejahtera dan sukacita natal menyertai kamu semua. Happy Holiday!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse