Ini Dia 6 Cara Ampuh Mengusir Ngengat dari Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Jitu Mengusir Ngengat yang Mengganggu di Rumah

Meskipun tidak membahayakan manusia, tapi ngengat dapat menjadi serangga yang membahayakan bagi kondisi rumahmu. Bagaimana tidak, serangga yang satu ini sangat ahli menggerogoti berbagai perabotan rumah secara perlahan, terutama yang terbuat dari bahan serat alami, seperti kayu dan tekstil. Itulah yang menjadi incaran utama ngengat. Maka dari itu, tidak jarang di rumah-rumah yang disarangi ngengat terdapat aneka perabotan yang sudah lapuk, bahkan lapisan sofa kulit pun bisa rusak dan tidak indah lagi.

Pada kenyataannya, ngengat bisa menyerang rumah siapa saja, tidak terkecuali rumah kamu. Apalagi, populasi ngengat dari waktu ke waktu diperkirakan bisa berlipat ganda. Kamu pasti tidak ingin melihat perabotan rumahmu rusak sedikit demi sedikit, ‘kan? Oleh karenanya, saat kamu menemukan tanda-tanda keberadaan ngengat di rumah, seperti adanya serbuk-serbuk atau serpihan kayu yang muncul, sebaiknya kamu langsung membasminya sedini mungkin. Nah, di bawah ini, Kania sudah menyiapkan beberapa tips dan trik mengusir ngengat dari rumah. Simak sampai habis, ya!

Sebar Kapur Barus

beberapa kapur barus di atas wadah kayu untuk mengusir ngengatbuzzonearth.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kapur barus, bukan? Masih banyak orang yang menganggap fungsi utama dari produk ini adalah sebagai pengharum di tempat-tempat yang lembap, seperti di dalam lemari ataupun kamar mandi. Padahal, kapur barus punya fungsi lain yang juga tak kalah penting. Ya, kapur barus juga bisa digunakan untuk mengusir ngengat!

Aroma dari kapur barus sangatlah tidak disukai ngengat. Oleh karena itu, menyebarkan kapur barus di area-area rumah yang rentan dihinggapi ngengat, khususnya di tempat-tempat lembap dapat menjadi cara jitu untuk mengusir serangga yang satu ini.

Usir Ngengat dengan Jeruk Nipis

dua buah jeruk nipis di atas permukaan kayuabouthealthandfood.nl

Mungkin kamu tidak menyangka bahwa jeruk nipis bisa mengusir ngengat. Nyatanya, bahan alami ini tergolong ampuh untuk mengusir berbagai jenis serangga dari rumah. Cara mengaplikasikannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu mengoleskan perabotan rumah tangga yang menjadi incaran ngengat dengan air jeruk nipis. Khusus untuk perabotan dari baja atau besi, jeruk nipis tidak hanya menghindarkannya dari serangan ngengat, melainkan juga mencegah munculnya karat.

Siapkan Pewangi Beraroma Lavender

bunga lavender dan sabun batang untuk mengusir ngengatfioredomenica.com

Kebanyakan serangga tidak menyukai aroma bunga lavender, termasuk juga ngengat. Jadi, jangan tunggu sampai berbagai barang dan perabotan rumah tangga kamu rusak digerogoti ngengat. Mulai dari sekarang, cegah kehadiran ngengat dengan menyiapkan pewangi lavender di tempat-tempat yang kemungkinan diserang ngengat. Kamu juga bisa meletakkan pewangi lavender di setiap sudut ruangan. Dengan demikian, selain ngengat enggan datang, rumah kamu pun jadi lebih wangi.

Rutin Membersihkan Karpet

sebuah vacuum cleaner di atas karpet warna hijaupixabay.com

Karpet-karpet yang ada di rumahmu juga bisa menjadi sarang bagi para ngengat sebelum menyerang ke tempat lain. Maka dari itu, sebaiknya kamu rutin membersihkan setiap karpet di rumah menggunakan vacuum cleaner. Tak hanya terhindar dari serangan ngengat dan serangga lainnya, tapi berbagai kuman penyakit dari debu karpet pun akan ikut pergi.

Buat Ruangan Sejuk

sebuah AC yang menyala untuk mencegah ngengatbowersoxair.com

Ngengat akan semakin merajarela pada hunian yang lembap karena itu adalah tempat favoritnya. Nah, hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau mengusir ngengat adalah membuat setiap ruangan di rumahmu tetap terasa sejuk dengan menggunakan AC atau air conditioner.

Namun, pastikan juga kamu memperhatikan tingkat kelembapannya, ya! Terutama saat mematikan AC karena akan ada perubahan suhu yang berpotensi membuat ruangan malah jadi lembap. Untuk berjaga-jaga, gunakan juga dehumidifier yang berfungsi untuk mengurangi kelembapan di dalam ruangan.

Lindungi Pakaian di Lemari Menggunakan Plastik

deretan pakaian yang digantung di dalam lemaridwinwell.com

Tahukah kamu bahwa pakaian menjadi salah satu “makanan” yang disukai ngengat? Tidak jarang serangan dari serangga yang satu ini bermula di lemari pakaian. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tentu ada cara untuk mencegah ataupun mengusirnya.

Kamu bisa mencegah kedatangan ngengat dengan memasukkan pakaian ke dalam plastik sebelum menggantungkannya di dalam lemari. Hal ini akan membuat ngengat malas untuk hinggap di pakaianmu dan akhirnya memilih pergi dari hunianmu.

Demikianlah enam cara ampuh mengusir ngengat dari rumah. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan rumah secara rutin supaya kamu dapat mengetahui tanda-tanda keberadaan ngengat. Semakin cepat kamu mengetahui adanya ngengat di rumah, semakin gampang pula untuk mengusirnya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Temukan aneka tips dan trik lainnya di Dekoruma! Nggak cuman soal cara mengusir ngengat, Dekoruma juga punya cara mengusir lalat supaya rumahmu bersih dan nggak terganggu lalat. Pantengin setiap hari, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse