7 Alasan Pentingnya Mengetahui Site Plan Sebelum Membeli Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memahami Site Plan Sebelum Beli Rumah Baru

Kamu berencana beli rumah baru? Jangan terburu-buru tergiur dengan penawaran developer, ya! Sebelum membelinya, pastikan kamu paham mengenai site plan atau rencana tapak dari kawasan perumahan yang akan kamu beli.

Secara singkat, site plan memberikan gambaran rencana pembangunan dan unsur penunjang dari suatu kawasan perumahan secara detail sehingga setiap bangunan saling terintegrasi satu sama lain. Biasanya, site plan ditampilkan dalam bentuk gambar dua dimensi dan kerap dipakai developer sebagai media promosi. 

Lantas, mengapa calon pembeli hunian harus mengetahui site plan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah hunian? Untuk mengetahui alasannya, simak ulasan dari Kania di bawah ini, yuk!  

Mengetahui Detail Fasilitas di Kawasan Hunian

gambar site plan dengan fasilitas yang lengkap3dwarehouse.sketchup.com

Dengan memperhatikan site plan sebelum membeli hunian di suatu perumahan, kamu bisa mengetahui fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh developer. Kamu bisa mengetahui ketersediaan fasilitas yang paling kamu butuhkan, misalnya tempat ibadah, area bermain anak, ruang terbuka hijau, atau sarana pendidikan. 

Mengetahui Konsep Pembagian Kavling

gambaran site plan suatu perumahanwikimedia.org

Melalui site plan, kamu juga bisa mengetahui pembagian kavling secara detail yang biasanya dibagi dalam kelompok tertentu. Site plan memungkinkan kamu untuk dapat memilih hunian yang letaknya paling strategis ataupun yang memiliki pemandangan terbaik di lingkungan tersebut. Selain itu, kamu pun dapat mengetahui rancangan susunan kavling yang idealnya dikelompokkan berdasarkan ukuran atau fungsi sehingga dapat meminimalisir timbulnya masalah sosial di masa depan. 

Mengetahui Akses di Lingkungan Perumahan

model site plan Cimanggi Citycimanggiscity.com

Site plan juga sangat efektif memberikan gambaran terkait akses yang terdapat di lingkungan perumahan. Dengan melihat dan mempelajari site plan, kamu dapat mengetahui ukuran lebar jalan sehingga nantinya akan memudahkan kamu dalam melakukan mobilitas. Ukuran lebar jalan yang memadai juga dapat mempermudah kamu saat ingin berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Mengetahui Kepadatan Hunian di Perumahan

contoh site plan Bassuara Citybassuracity.id

Tinggal di perumahan dengan hunian yang padat mungkin dapat memberikan rasa kurang nyaman. Namun, jika kamu memperhatikan site plan, kamu dapat mengetahui kepadatan hunian yang terdapat di perumahan sehingga nantinya kamu dapat tinggal dengan nyaman. Idealnya, site plan memuat maksimal 65% untuk bangunan hunian, 20% untuk akses jalan, dan sisanya digunakan untuk fasilitas publik serta area terbuka hijau.

Mengetahui Sistem Drainase di Kawasan Perumahan

ilustrasi site plan di suatu perumahan3dwarehouse.sketchup.com

Mempelajari site plan sebelum memutuskan membeli hunian juga dapat membantu kamu mengetahui sistem drainase dan pembuangan limbah yang diadopsi oleh developer perumahan. Pastikan sistem drainase ataupun pembuangan limbah di dalam site plan telah dirancang dengan cermat agar terhindar dari kemungkinan banjir, genangan air pada saat musim hujan, ataupun pencemaran air.

Mengetahui Gambaran Pembangunan Hunian

gambar site plan South Hillssouthhills.co.id

Dengan mencermati site plan, kamu akan mengetahui rencana pembangunan fisik dari hunian yang akan kamu beli. Bahkan, biasanya site plan juga memuat informasi terkait rencana yang akan dilakukan di masa depan oleh developer. Misalnya saja kemungkinan adanya penambahan hunian ataupun fasilitas baru yang akan dibangun di kawasan perumahan tersebut.

Mengetahui Gambaran Aktivitas Harian

contoh gambaran site plan perumahanpngwing.com

Site plan juga memungkinkan kamu untuk mengetahui gambaran aktivitas yang akan dilakukan saat tinggal di perumahan tersebut. Kamu juga dapat memperkirakan jarak tempuh ke gerbang perumahan ataupun fasilitas publik lain, seperti tempat ibadah, supermarket, hingga sekolah.

Informasi site plan sangatlah penting untuk diketahui agar kamu dapat membeli hunian impian terbaik dan mampu mengakomodir berbagai macam kebutuhan seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, pastikan kamu mengetahui site plan sebelum memutuskan membeli rumah baru, ya!

Jangan lupa baca juga informasi bermanfaat lainnya melalui artikel di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui DekorumaHouse, lho! Kamu bisa menemukan aneka properti, seperti rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Jakarta Selatan, rumah baru di Depok, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat. Yuk, langsung saja temukan hunian impianmu di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse