8 Jenis Bunga Gantung Ini Bisa Mempermanis Beranda Rumahmu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

8 Jenis Bunga Gantung Paling Ideal untuk Beranda Rumah

Siapa sih yang nggak mau punya eksterior rumah yang selalu tampil menawan? Semua orang pasti mengingininya, termasuk kamu juga, ‘kan? Nah, salah satu cara paling mudah adalah dengan menambahkan aneka bunga gantung di area beranda rumah.

Beranda rumah tentu akan tampil semakin indah dan terasa segar nan asri berkat warna-warni dari bunga gantung. Kania jamin, dengan menambahkan beberapa pilihan bunga gantung saja sudah bisa membuat suasana rumahmu lebih hidup. Yuk, intip dulu delapan pilihan bunga gantung berikut yang bisa mempermanis beranda rumahmu!

1. Ratu Bunga Gantung – Petunia

bunga gantung petunia warna merah mudafineartamerica.com

Dengan mahkota bunga yang terkenal cantik, bunga petunia sering dijuluki sebagai ratu bunga gantung yang wajib kamu miliki. Bunga gantung ini merupakan tanaman pendek dan tahan terhadap iklim cuaca yang panas sehingga akan sangat cocok jika digantung di depan beranda rumah saat siang hari. Hal terpenting, selalu ingat untuk rajin menyiram dan tetap jaga intensitas sinar matahari setiap harinya, ya! 

2. Bunga Gantung Anting-Anting atau Lampion, Fuchsia

bunga gantung lampion fuchsiagardeningknowhow.com

Sesuai julukan namanya, anting-anting dan lampion, fuchsia adalah salah satu jenis bunga gantung yang paling ideal ditempatkan secara bergelantungan atau menjuntai. Bunga gantung fuchsia merupakan jenis tanaman yang tumbuh sepanjang tahun yang menjadi favorit para serangga dan burung. Untuk warnanya, bunga gantung ini tak hanya berwarna fuchsia, tapi juga ada yang berwarna oranye, merah, hingga ungu gelap.

3. Bunga Gantung yang Minim Perawatan – Lantana

bunga gantung lantanariverstreetflowerland.com

Bunga gantung lantana sangat cocok bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk merawat tanaman, tapi tetap ingin menikmati keindahan warna-warni dari bunga. Warna yang atraktif, seperti ungu, kuning, putih, merah, hingga kombinasi bisa ditemukan pada jenis bunga gantung ini. Meskipun minim perawatan, tapi jangan lupa untuk memberikan pupuk supaya bunga gantung lantana bisa menjuntai elegan ke bawah, ya!

4. Si Herbal Penuh Manfaat, Lobelia

bunga gantung lobeliatipsbulletin.com

Indah dan menawan bukan satu-satunya kelebihan dari bunga gantung lobelia. Jenis bunga gantung yang satu ini juga bisa jadi tanaman herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari mengatasi bengkak, batuk, hingga menghilangkan racun. Sebagai bunga gantung, lobelia bisa tumbuh menjuntai ke bawah dan tentunya mempercantik penampilan beranda rumahmu. 

5. Bunga Gantung Geranium yang Menawan

bunga gantung geraniumabecedazahrady.dama.cz

Bunga gantung geranium identik dengan warna merah dan ungu yang sangat mencolok. Warna-warna yang cantik ini akan tampil sangat memukau di beranda rumahmu, apalagi jika dipasangkan dengan pot berwarna terang. Tak lupa, bunga gantung ini juga termasuk tanaman yang efektif mengusir nyamuk, lho! Jadi, pastikan kamu menjaga kelembapannya supaya bunga gantung geranium hidup lebih lama dan kamu pun bisa menikmati terus keistimewaannya.

6. Begonia, Bunga Gantung yang Cantik dan Populer

bunga gantung begoniagardenclinic.com.au

Begonia merupakan salah satu tanaman bunga gantung yang populer akan kecantikannya. Oleh karena itu, kamu bisa jadikan bunga gantung begonia sebagai primadona di pekarangan. Bunga gantung ini cocok ditanam di negara tropis dan sering kali hadir dalam berbagai variasi yang berbeda, termasuk warna pucuk bunga dan bentuknya. Mulai dari begonia rex, begonia lilin, hingga begonia cane, semuanya cocok jadi bunga gantung kesayangan di rumahmu.

7. Anggrek, Si Klasik yang Selalu Jadi Favorit

bunga gantung anggrekreddit.com

Sebagai bunga gantung, anggrek memang tidak menjuntai ke bawah. Sifat alami anggrek di habitat liar bergantung pada batang pohon sehingga kesuburan bunga anggrek juga akan meningkat jika ditempatkan pada ketinggian tertentu. Ohya, kamu juga harus perhatikan cara menggantung, penampilan, fungsionalitas, dan daya lembapnya supaya bunga gantung anggrek dapat bertumbuh subur.

8. Sejuta Pesona Million Bells

bunga gantung million bellsgardeningknowhow.com

Terakhir, ada bunga gantung million bells yang masih berkerabat dengan jenis bunga petunia. Sebagai bunga gantung, jenis ini bisa tumbuh perlahan mengelilingi bagian bawah pot sambil memamerkan kelopak bunganya yang berwarna terang dan lembut. Kalau kamu memilih bunga gantung million bells untuk menghiasi beranda rumahmu, ingat untuk selalu mengeceknya secara berkala. Pastikan juga kamu menjaga kelembapannya, memberi pupuk, dan air secukupnya.

Cantik-cantik, ‘kan semua bunga gantung di atas? Kira-kira, jenis bunga gantung mana nih yang akan kamu pilih untuk mempermanis beranda rumah? Kalau mau pilih semuanya, juga boleh. Selamat memilih, ya!

Butuh lebih banyak ide untuk percantik halaman dan interior rumah dengan berbagai tanaman atau dekorasi lainnya? Yuk, langsung saja cek artikel menarik lainnya di Dekoruma! Mulai dari artikel mengenai jenis tanaman hias daun hingga tanaman indoor bisa kamu temukan.

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse