Yuk, Pahami Bedanya Dehumidifier, Humidifier, dan Air Purifier!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Perbedaan Dehumidifier, Humidifier, dan Air Purifier

Kualitas udara di dalam rumah memiliki peran penting terhadap kesehatan. Tak heran, ada banyak sekali inovasi produk elektronik rumah tangga yang mampu mengubah kualitas udara menjadi lebih sehat sehingga cocok sekali digunakan di dalam ruangan, terlebih jika kamu tinggal di kawasan perkotaan yang penuh polusi.

Saat ini, di pasaran tersedia beberapa produk peningkat kualitas udara, di antaranya adalah dehumidifier, humidifier, serta air purifier. Nah, supaya kamu tak bingung dalam menentukan ketiganya, Kania akan membagikan informasi mengenai perbedaan dan cara kerja dari ketiga alat tersebut. Yuk, langsung saja cek ulasannya di bawah ini!

Dehumidifier

sebuah dehumidifier di atas meja kayuspy.com

Alat peningkat kualitas udara yang pertama akan kita bahas dikenal dengan sebutan dehumidifier. Secara khusus, dehumidifier bisa kamu gunakan untuk mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan. Seperti yang kita ketahui, iklim tropis di Indonesia dapat menyebabkan kelembapan udara sehingga juga bisa memicu pertumbuhan jamur dan lumut di dalam ruangan. Nah, dengan menggunakan dehumidifier, maka furnitur di dalam rumahmu pun akan semakin awet dan terhindar dari kerusakan akibat rayap, tungau ataupun kecoa.

Cara Kerja Dehumidifier

sebuah dehumidifier di atas lantai sebelah sofa7best.co.uk

Terkait cara kerjanya, dehumidifier berfungsi untuk menjaga kadar kelembapan udara di dalam ruangan agar selalu berada di dalam batas normal. Dengan demikian, dehumidifier bekerja dengan cara menarik air dari udara, kemudian air yang terkumpul di dalam wadah dehumidifier harus kamu buang setiap satu jam sekali agar alat elektronik ini dapat selalu bekerja secara optimal.

Sementara itu, area jangkauan dehumidifier tergantung berdasarkan kapasitas penampuangan air, biasanya mulai dari 10 hingga 50 liter. Jika ruanganmu besar, tak ada salahnya membeli dehumidifier dengan kapasitas juga besar agar dapat bekerja optimal dan kamu pun tidak perlu bolak-balik untuk membuang airnya.

Humidifier

sebuah humidifier warna biru di atas meja kayu ruang tamugreatist.com

Di pasaran, kamu juga bisa menemukan alat yang bernama humidifier. Memiliki fungsi yang terbalik dengan dehumidifier, alat yang satu ini bekerja untuk meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan sehingga cocok sekali dipakai di hunian dengan empat musim dengan musim dingin yang cenderung kering.

Cara Kerja Humidifier

sebuah humidifier di atas meja nakashouseholdme.com

Kalau dehumidifier bekerja dengan cara menangkap air di udara, justru cara kerja humidifier adalah dengan menyemprotkan uap air ke udara di dalam ruangan. Terdiri dari beberapa kapasitas tangki air, alat ini tetap bisa digunakan jika hunianmu cenderung kering karena humidifier juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mengatasi gejala flu dan batuk, mengurangi dengkuran, menjaga kelembapan pada rambut dan kulit, serta mengobati alergi.

Air Purifier

sebuah air purifier di atas mejathegadgetflow.com

Selain dehumidifier dan humidifier, ada pula alat peningkat kualitas udara bernama air purifier. Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini berfungsi untuk menjernihkan atau membersihkan udara sehingga cocok digunakan oleh kamu yang mengidap asma atau dipakai di rumah yang cenderung berdebu. Selain itu, jika ventilasi di rumah kamu kurang baik, kamu juga bisa menggunakan air purifier agar kualitas udara tetap bersih dan baik untuk kesehatan.

Cara Kerja Air Purifier

air purifier berbentuk tabung di atas lantaimashable.com

Sama halnya dengan dehumidifier dan humidifier, alat yang satu ini juga memiliki cara kerja tersendiri. Air purifier dilengkapi dengan filter yang disimpan di dalam mesin untuk menyaring debu dan partikel udara lainnya sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap optimal dan berkualitas. Bahkan, terdapat pula beberapa produk air purifier yang dilengkapi fitur penghilang bau. Mengenai penggunaannya, kamu bisa menyesuaikan air purifier berdasarkan daya jangkau ataupun luas ruangan kamu.

Baik dehumidifier, humidifier, ataupun air purifier memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda sehingga kamu harus menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan. Pastikan, kamu memilih alat yang berkualitas tinggi agar penggunaannya tetap awet, dapat bekerja lebih maksimal, dan membuat udara di dalam rumahmu selalu sehat. Kira-kira alat mana yang saat ini kamu butuhkan, dehumidifier, humidifier, atau air purifier?

Jangan lupa baca juga informasi bermanfaat lainnya melalui artikel di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur dan dekorasi menarik untuk menghidupkan suasana rumahmu, lho! Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse