5 Cara Menanam Cabe Sendiri untuk Menghemat Pengeluaran

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Menanam Cabe Paling Mudah dan Cepat Tumbuh

Kebiasaan makan orang-orang Indonesia tidak terlepas dari cabe. Baik itu yang dicampur untuk bumbu masak atau diulek sebagai pelengkap gorengan. Sayangnya, karena menjadi primadona untuk masakan, harga cabe bisa meningkat berkali-kali lipat saat terjadi kelangkaan stok. Kalau beli, rasanya boros, tapi kalau tidak beli, masakan jadi hambar. Nah, menanam cabe sendiri di rumah bisa jadi solusi yang tepat, nih!

Cara menanam cabe itu sangat mudah. Tanamannya sendiri berukuran kecil sehingga kamu tidak perlu menyediakan lahan yang luas, cukup gunakan pot atau kamu bisa menanamnya di taman rumah minimalis depan atau belakang rumahmu. Tertarik? Simak lima cara menanam cabe dari Kania berikut ini supaya kamu bisa menghemat pengeluaran!

Memilih Biji Cabe

dua potongan cabe merah dengan posisi melintang sebagai proses cara menanam cabefinedininglovers.com

Cara menanam cabe pada tahap yang pertama adalah memilih biji cabe. Jika kamu punya persediaan cabe di rumah, ambil beberapa dan belah cabe tersebut. Kemudian, ambil biji cabe yang terletak di bagian tengah dan pilihlah biji yang berkualitas.

Nah, untuk mengetahui mana biji cabe yang berkualitas ataupun tidak, kamu bisa merendam biji cabe dengan air. Setelah itu, buanglah biji cabe yang mengapung karena artinya biji tersebut kopong dan tidak bisa tumbuh. Selanjutnya, angkat biji cabe yang tersisa pada dasar wadah, lalu jemur hingga kering. Jika sudah, kamu baru bisa mulai ke tahapan cara menanam cabe yang berikutnya.

Menyemai Biji Cabe

sebuah daun hijau yang baru tumbuh di atas tanahpixabay.com

Sebelum benar-benar ditanam, kamu perlu menyemai biji cabe terlebih dahulu. Cara menanam cabe pada tahap ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, seperti pupuk kandang, tanah, nampan, dan gelas plastik bekas. Untuk prosesnya sendiri, pertama-tama letakkan gelas plastik yang sudah dilubangi di atas nampan. Kemudian, isi gelas dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1, lalu simpan media semai ini selama seminggu di tempat yang gelap.

Setelah itu, rendam biji cabe ke dalam air hangat selama tiga jam. Jika sudah, sebar biji cabe ke media semai dan timbun dengan tanah setebal 1 cm. Cara menanam cabe pada tahap ini dilakukan terus pada tempat yang gelap hingga biji cabe mulai berkecambah.

Mulai Menanam Cabe

beberapa tanaman yang mulai bertumbuh di dalam potasfis.org

Cara menanam cabe ini bisa dilakukan ketika biji berkecambah tadi sudah berusia sekitar empat minggu. Pindahkan bibit tersebut ke pot yang sudah diisi tanah dan pupuk organik. Nah, supaya cara menanam cabe ini sukses, perhatikan juga ukuran potnya. Gunakanlah pot yang tepat, setidaknya diameter pot berukuran 30 cm. 

Sementara itu, tanah yang tepat untuk digunakan dalam cara menanam cabe ini adalah jenis tanah yang gembur. Teksturnya tidak terlalu berpasir, tapi tidak terlalu padat juga. Selain itu, pastikan juga tanah tersebut mengandung unsur hara yang tinggi, ya!

Perawatan Tanaman Cabe

tanaman cabe merah yang mulai tumbuh sebagai ilustrasi cara menanam cabeameblo.jp

Cara menanam cabe tidak berhenti sampai di tahap tadi. Kamu perlu melakukan perawatan supaya tanaman cabe bisa bertumbuh dan segera panen. Caranya adalah dengan menyiram tanaman menggunakan air secukupnya setiap hari. Letakkan juga tanaman cabe pada area yang terkena sinar matahari untuk memperlancar proses fotosintesisnya.

Selain itu, berikan pupuk kompos. Cara menanam cabe ini dapat membantu tanaman tumbuh subur dan sifatnya organik. Kehadiran hama dan tanaman liar juga perlu diwaspadai, ya! Segera cabut tanaman liar sebelum bertumbuh dan mengganggu akar tanaman cabe.

Begitu juga saat kamu menemukan bagian tanaman cabe yang layu. Segera potong sebelum bagian tersebut menyebar ke seluruh bagian tanaman cabe. Cara menanam cabe yang satu ini terdengar mudah, tapi membutuhkan ketelatenan dan disiplin.

Waktunya Memanen Cabe

tiga buah cabe di atas telapak tangan seseorangunsplash.com

Jika kamu menerapkan cara menanam cabe dengan benar, tanaman ini akan mulai berbuah dalam kurun waktu dua setengah hingga tiga bulan. Petiklah ketika cabe sudah cukup besar. Pada umumnya, periode panen berlangsung selama enam bulan. Selama periode tersebut, kamu bisa memasak menggunakan cabe segar dan pastinya kamu juga tidak perlu pusing lagi saat harga cabe sedang meningkat drastis.

Demikian cara menanam cabe sendiri di rumah. Selain bisa membantumu menghemat pengeluaran, rasanya pasti bangga, ya bisa panen bahan masakan sendiri! Asal-usulnya pun jelas, tanpa pestisida ataupun tambahan bahan pewarna. Sudah siap untuk mempraktekkan cara menanam cabe di atas? Semoga berhasil!

Sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Ada juga aneka dekorasi menarik untuk menghidupkan suasana rumah. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse