Ini Dia 7 Jenis Tanaman Peperomia yang Siap Menghiasi Rumahmu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Jenis Tanaman Peperomia

Bosan dengan tampilan interior rumah? Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghias rumah, salah satunya adalah mendekorasi ruangan dengan tanaman peperomia. Selain membuat hunian jadi terkesan asri, tanaman cantik ini pun siap membuat rumahmu tampil lebih estetik, segar, dan sehat.

Peperomia dikenal sebagai jenis tanaman hias yang dapat tumbuh subur dan memerlukan perawatan sederhana. Bahkan, tanaman peperomia juga terdiri dari berbagai jenis sehingga kamu bisa memilihnya berdasarkan bentuk maupun warna. Nah, untuk berkenalan lebih dekat dengan tanaman peperomia, berikut ini Kania akan mengulas jenis-jenisnya. Yuk, langsung saja simak ulasannya sampai habis!

Belly Button Peperomia

jenis-tanaman-Peperomia-Belly-Buttontwitter.com

Jenis pertama bernama belly button peperomia yang memiliki karakteristik berdaun kecil, sedikit berbulu, dan berwarna hijau tua atau memiliki kombinasi berwarna mewah. Jenis tanaman peperomia yang satu ini cocok ditempatkan di area lembap. Untuk perawatannya, pastikan kamu tidak terlalu banyak menyiramnya dengan air dan simpan di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Columbian Peperomia

jenis Peperomia Columbiangoogle.com

Selanjutnya adalah Columbian peperomia yang memiliki ukuran cukup mungil dengan warna daun yang terdiri dari kombinasi warna hijau tua kehitaman dan merah anggur. Jenis peperomia ini pun memiliki karakter berupa garis perak pada bagian tengah permukaan daun sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menambah koleksi tanaman unik di rumah.

Watermelon Peperomia

jenis Peperomia Watermelonoxleynursery.com.au

Memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan motif dan warna yang mirip kulit semangka, jenis peperomia yang satu ini dapat tumbuh pada ukuran 6-12 inci. Ketimbang jenis lainnya, watermelon peperomia memiliki daun yang lebih besar. Selain itu, kamu bisa menempatkan peperomia yang satu ini berdekatan dengan jenis tanaman lain yang tidak memerlukan teknik penyiraman secara berlebihan.

Ripple Peperomia

jenis Ripple Peperomiaworldofsucculents.com

Ada pula jenis tanaman peperomia yang memiliki karakter daun keriput serta dapat tumbuh sekitar 6-8 inci, yaitu ripple peperomia. Terdapat beberapa warna pada jenis peperomia yang satu ini. Namun, yang paling populer adalah merah keunguan dan hijau tua. Untuk penyimpanannya, kamu bisa menempatkan ripple peperomia di dalam ruangan atau di area outdoor yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Rainbow Peperomia 

jenis tanaman Rainbow Peperomiapinterest.com

Sesuai dengan namanya, jenis tanaman peperomia yang satu ini memiliki daun menyerupai warna pelangi. Terdiri dari kombinasi tiga warna, yaitu kuning, merah muda, dan hijau, rainbow peperomia sangatlah cocok dirawat oleh para pemula karena tetap dapat bertumbuh subur meski kamu jarang menyiramnya dengan air.

Prostrata Peperomia

jenis Prostrata Peperomiaworldofsucculents.com

Memiliki bentuk daun yang kecil dan membulat, prostrata peperomia mempunyai warna daun hijau tua dengan pola unik berwarna putih yang sangat cantik. Tak lupa, ada juga warna keunguan pada bagian batangnya. Jenis peperomia yang satu ini bisa kamu manfaatkan sebagai tanaman gantung di area balkon ataupun teras dengan teknik penyiraman yang dilakukan sesekali saja.

Red-edge Peperomia

jenis Peperomia Red-Edgepinterest.com

Koleksi peperomia terakhir yang bisa kamu rawat di rumah ini memiliki bentuk daun yang tebal serta mengilap. Berwarna hijau tua dengan tepi berwarna kemerahan, jenis tanaman peperomia ini dapat kamu rawat dengan menempatkannya di dalam pot mini dan hanya memerlukan teknik penyiraman yang ringan.

Secara umum, tanaman peperomia membutuhkan cara perawatan yang sederhana karena kamu cukup menyiramnya beberapa kali saja dalam satu minggu. Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah kamu wajib menyimpannya di area yang tidak terlalu lembap karena bisa menyebabkan kebusukan pada bagian akar. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk merawat dan menjadikan tanaman peperomia sebagai dekorasi di rumah?

Terakhir, jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan aneka furnitur berkualitas, ya! Kabar baiknya, kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual sofa, lemari pakaian, kursi teras, hingga rak dinding untuk meletakkan tanaman peperomia kamu. Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse