9 Inspirasi Ruang Belajar yang Nyaman, Si Kecil Jadi Lebih Rajin!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Desain Ruang Belajar yang Tenang untuk Si Kecil Makin Rajin

Memasuki tahun baru, itu artinya si Kecil juga sudah mulai masuk sekolah di semester yang baru. Meski mungkin saat ini si Kecil masih sekolah dari rumah, tetap pastikan dia dapat belajar dengan nyaman dan tenang, ya! Kamu setuju, ‘kan kalau faktor kenyamanan adalah salah satu poin paling penting dalam ruang belajar? Terutama buat si Kecil yang butuh fokus ekstra saat belajar dan mengerjakan tugas sekolah di rumah.

Ruang belajar bisa jadi area si Kecil untuk menemukan inspirasi, kreativitas, dan juga meningkatkan kecerdasannya. Oleh karena itu, sebagai seorang ibu, kamu harus bisa menyiapkan ruang belajar dengan suasana yang nyaman dan tidak membosankan untuk anakmu. Bingung gimana caranya? Tenang, Kania akan membantu kamu dalam mewujudkan ruang belajar yang super nyaman buat si Kecil melalui inspirasi desain di bawah ini. Yuk, langsung saja intip bersama!

Ekstra Fokus & Tetap Cemerlang

desain ruang belajar warna kuning yang hangatkhabarbebar.com

Nah, supaya si Kecil semakin fokus, usahakan agar ruang belajar tidak dipenuhi dengan tumpukan atau dekorasi yang bisa jadi distraksi. Biarkanlah bagian lantai tetap kosong dan maksimalkan akses masuk pencahayaan alami agar si Kecil tidak jenuh saat belajar.

Jangan lupa gunakan storage yang memadai untuk meletakkan buku-buku atau peralatan tulis. Nah, supaya ruang belajar tidak terasa kaku, melainkan terkesan ceria dan hangat, beri sentuhan warna yang memicu semangat dan kreativitas, seperti kuning.

Ruang Belajar dengan Aksen Alam Super Nyaman

desain ruang belajar dengan wallpaper daun-daunhome-designing.com

Ruang belajar untuk si Kecil akan terasa semakin nyaman jika diberi sentuhan alam yang sejuk dan serba inspiratif. Pemilihan wallpaper bergambar daun-daun, seperti inspirasi di atas bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi, motif tersebut lebih timeless alias tidak mudah ketinggalan zaman dibandingkan dengan aksen yang terlalu kekanak-kanakan.

Selain menggunakan wallpaper, kamu juga bisa meletakkan aneka tanaman hias di sekitar meja belajar atau rak buku. Desain ruang belajar ini cocok banget buat si Kecil yang mulai belajar mandiri dan beranjak remaja.

Ruang Belajar Impian Si Putri

inspirasi ruang belajar warna pink yang femininpinterest.com

Ruang belajar idealnya tetap punya karakter yang sesuai dengan penggunanya. Nah, kalau si Kecil sangat terobsesi menjadi seorang putri kerajaan, kamu bisa menerapkan desain ruang belajar ini untuknya. Dengan pemilihan warna feminin, dekorasi yang lembut, dan juga perabot yang serba cute, pasti si Kecil makin betah seharian untuk belajar dan menggali ide-ide baru.

Ruang Belajar yang Menenangkan dan Penuh Semangat

desain ruang belajar warna birupinterest.com

 

Untuk menciptakan suasana ruang belajar yang tenteram, kamu bisa menggunakan sentuhan warna biru muda dan warna-warna netral, seperti cokelat muda dan putih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan furnitur bergaya floating atau gantung yang punya kesan lebih plong karena area lantai jadi terasa lebih bersih dan luas. Dengan demikian, kenyamanan pada ruang belajar pun akan semakin terasa. Jangan lupa pertimbangkan kombinasi warna antara perabot dan dinding, plus stiker wall art yang inspiratif dan bikin semangat. 

Ruang Belajar dengan Aksen Geometris 

desain ruang belajar bergaya geometrispinterest.com

Selalu ada cara untuk menampilkan ruang belajar yang nyaman, tapi tetap unik. Salah satunya dengan memberi sentuhan geometris yang cantik, misalnya heksagonal pada dinding atau rak dekorasi berbentuk hati.

Untuk furniturnya, kamu bisa menggunakan meja belajar atau kursi anak dengan bentuk-bentuk yang selaras. Nah, supaya ruang belajar makin terasa keceriaannya, jangan lupa sertakan warna-warna favorit si Kecil, ya!

Layout Ruang Belajar Standar, tapi Tetap Favorit

desain ruang belajar minimalis sederhanadesignideas.pics

Kehadiran ruang belajar di dalam kamar tidur anak sering tampil dalam gaya yang standar. Namun, hal itu bukan berarti kamu tidak bisa mendesainnya dengan model yang lebih menarik. Coba gunakan furnitur yang serba minimalis dan dekorasi secukupnya. Dengan demikian, ruang belajar akan terlihat menawan dalam kesederhanaannya, seperti inspirasi di atas. Tatanan ini memang praktis dan jadi favorit karena memanfaatkan area dinding supaya semakin efisien, plus efektif untuk membuat si Kecil nyaman beraktivitas di ruang belajar.

Kantor Kecil untuk Si Kesayangan

inspirasi ruang belajar dengan aneka rakhome-designing.com

Selain desain, memilih furnitur juga merupakan hal penting untuk menciptakan ruang belajar terbaik buat si Kecil. Namun, tidak perlu menerapkan gaya yang terlalu ribet, cukup mengambil pendekatan ala kantor dengan furnitur solid yang bisa diandalkan. Beri dekorasi karpet, aksesoris simpel di dinding, dan kursi kerja ergonomis supaya si Kecil betah seharian di dalam ruang belajar. 

Ruang Belajar Minimalis Berwarna Pastel

ide ruang belajar minimalis warna pastelbehance.net

Cukup menantang jika ingin menyajikan ruang belajar anak dengan konsep minimalis. Pasalnya, warna yang terlalu netral dan monoton dikhawatirkan bisa jadi “bumerang” yang bikin si Kecil tidak bersemangat. Nah, untuk menyiasatinya, kamu bisa memberikan sentuhan warna pastel yang dapat dihadirkan melalui rak dinding, meja belajar, atau kursi. Jangan lupa tambahkan juga aneka dekorasi lucu, seperti lampu awan, hingga mural yang simpel, tapi penuh karakter.

Kombo Ruang Belajar Bersama

inspirasi ruang belajar untuk dua anakbehance.net

Kamu punya dua anak atau anak kembar? Kalau begitu, desain ruang belajar yang terakhir ini bisa jadi inspirasi untukmu! Penting untuk memisahkan identitas anak supaya acara belajar dapat berjalan lancar dan lebih efektif. Inspirasi ruang belajar yang menggabungkan kebutuhan putra dan putri ini bisa banget kamu contoh. Dijamin, anak-anak kamu pasti lebih semangat belajar bersama! Tak lupa, permainan antara warna pink dan biru, serta dekorasi dan desain meja belajar yang senada juga menunjukkan karakter yang jelas.

Nah, setelah melihat sembilan inspirasi ruang belajar di atas, mana yang akan kamu terapkan di rumah untuk si Kecil? Pastikan kamu mengajak si Kecil berdiskusi juga dalam menentukan desain ruang belajar yang sesuai kepribadiannya supaya dia semakin semangat, ya! Yuk, segera ciptakan ruang belajar yang nyaman untuk si Kecil dan cari semua perabot yang dibutuhkan di Dekoruma

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse