5 Cara Menghitung Luas Bangunan dengan Tepat, Nggak Susah Kok!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memahami Cara Menghitung Luas Bangunan Rumah

Apabila ditanya berapa luas bangunan rumahmu saat ini, apakah kamu bisa menjawabnya? Jika tidak, kamu tidak sendirian kok. Ada banyak orang yang juga tidak tahu berapa besar luas bangunannya lantaran dalam kehidupan sehari-hari angka tersebut tidak dibutuhkan. Namun, ada kalanya kamu perlu mengetahuinya untuk menentukan nilai jual rumah dan besar PBB, serta untuk mempertimbangkan budget dan ukuran furnitur ketika mengadakan renovasi. Kamu juga perlu tahu luas bangunan saat hendak membeli rumah baru.

Lalu, bagaimana cara menghitung luas bangunan dengan tepat? Kania paham betul kalau kamu kebingungan dengan bentuk bangunan yang beragam. Oleh karena itu, Kania sudah merangkum lima cara menghitung luas bangunan dengan metode yang sederhana. Yuk, langsung saja cek di selengkapnya di bawah ini!

Gunakan Rumus Matematika Sederhana

gambar sketsa rumah sebagai cara menghitung luas bangunanpixabay.com

Masih ingat rumus matematika untuk menghitung luas sebuah bidang? Nah, rumus inilah yang akan diterapkan dalam cara menghitung luas bangunan. Untuk tanah bentuk persegi panjang, gunakan rumus Panjang x Lebar. Sementara itu, untuk tanah berbentuk persegi, gunakan rumus Sisi x Sisi. Namun, patokannya sisi pada tanah saja, ya! Bukan pada tinggi bangunan karena yang dihitung bukanlah volume bangunan.

Nah, sebagai contoh, misalnya rumah kamu berdiri di atas tanah yang panjangnya 7 meter dan lebarnya 10 meter. Maka, cara menghitung luas bangunan yang benar adalah 7 meter x 10 meter = 70 meter persegi. Jika rumahmu terdiri dari dua lantai atau lebih, maka hitunglah luas masing-masing lantai terlebih dahulu. Kemudian jumlahkan keduanya. Nggak susah, ‘kan?

Perpaduan Rumus Matematika

sebuah sketsa rumah untuk cara menghitung luas bangunanpixabay.com

Ada juga model rumah yang bentuk bangunannya berupa trapesium atau gabungan dari beberapa persegi. Nah, untuk luas bangunan yang satu ini, kamu perlu memadukan beberapa rumus matematika. Cara menghitung luas bangunan bentuk trapezium adalah ½ x Jumlah Rusuk Sejajar x Tinggi. Bayangkan bentuk trapesiumnya mendatar, ya bukan berdiri tegak.

Untuk contoh perhitungannya, misalnya kamu membeli rumah baru dengan tanah berbentuk trapesium sama kaki. Dua sisi memiliki ukuran 7 meter, sedangkan kedua sisi lainnya tidak sama panjang yaitu 12 meter dan 10 meter. Maka, cara menghitung luas bangunan yang tepat adalah ½ x (10 meter+12 meter) x 7 meter sehingga akan didapatkan luas bangunan 77 meter persegi.

Lalu, bagaimana cara menghitung luas bangunan dengan metode ini kalau bentuk tanahnya merupakan gabungan persegi panjang dan persegi? Kamu bisa menghitung luas bagian persegi panjang dan persegi secara terpisah. Setelah itu, baru jumlahkan kedua luas bangunan tersebut.

Manfaatkan Formula Microsoft Excel

cara menghitung luas bangunan menggunakan microsoft excelyoutube.com

Selama ini Ms. Excel digunakan untuk menghitung uang serta stok barang. Namun, siapa sangka kalau program aplikasi pengolah angka ini juga bisa dimanfaatkan dalam dunia properti untuk menghitung luas bangunan? Cara menghitung luas bangunan dengan Ms. Excel pertama-tama diawali dengan menjiplak denah bangunan rumah dengan ketentuan satu kolom mewakili 1 meter.

Hitung masing-masing panjang dan lebar bangunan menggunakan rumus =SUM. Setelah mendapatkannya, hitung dengan rumus sel*sel. Misalnya angka panjang ada di R4 dan angka lebar di R5, maka ketik R4*R5. Dengan begitu, kamu pun akan mendapatkan luas bangunan dengan akurat.

Jika bentuk bangunan tidak beraturan, cara menghitung luas bangunan dilakukan secara bertahap, seperti yang sudah dijelaskan pada cara sebelumnya. Hanya saja, kamu harus memasukkan angkanya di Ms. Excel. Jangan lupa beri warna atau border line untuk membedakan masing-masing bentuk tanah, ya! 

Cara Menghitung Luas Bangunan dengan AutoCAD

cara menghitung luas bangunan menggunakan Autocadyoutube.com

Apabila kamu ingin mengetahui luas bangunan rumah dengan sangat detail, manfaatkan software AutoCAD. Namun, cara menghitung luas bangunan yang satu ini lebih disarankan untuk dioperasikan oleh tenaga profesional. Pasalnya, denah bangunan yang akan dihitung harus digambar terlebih dahulu dengan akurat dan tanpa lekukan.

Setelah denah rumah digambar, klik garis hingga berubah jadi garis putus-putus. Lalu, gunakan perintah “polyline” atau “PL”. Buatlah garis yang mengelilingi bangunan, kemudian klik garis tersebut. Selanjutnya, gunakan perintah “list” atau “LI”. Nanti akan terbuka jendela baru yang menampilkan luas bangunan beserta titik koordinat bangunan.

Google Maps Bukan Sekadar Petunjuk Jalan

penggunaan Google Maps sebagai cara menghitung luas bangunanunsplash.com

Tidak hanya untuk menunjukkan arah jalan, Google Maps juga bisa digunakan untuk berhitung, lho! Cara menghitung luas bangunan atau tanah menggunakan Google Maps tergolong sangat mudah. Pertama-tama, bukalah Google Maps melalui penelusur web, kemudian klik pilihan “Satellite” di bagian kiri bawah sehingga tampilannya menjadi satellite view dan kamu bisa melihat kondisi tanah.

Silakan masukkan alamat lokasi yang akan diukur pada kotak pencarian, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih opsi “Measure Distance”. Setelah itu, klik beberapa titik di sekeliling lahan. Akhiri titik-titik tersebut pada titik awal sehingga semuanya terhubung. Nah, jika sudah, secara otomatis akan muncul luas lahan yang telah kamu tandai tadi. Meski tidak terlalu akurat, tapi cara menghitung luas bangunan ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Menarik banget, ya?

Demikianlah lima cara menghitung luas bangunan rumah yang bisa kamu lakukan. Semoga semua cara di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Kamu sedang mencari tempat tinggal baru yang nyaman dan strategis? Kamu bisa menemukannya di DekorumaHouse, lho! Ada berbagai jenis properti di sejumlah daerah yang sedang berkembang, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan, apartemen dijual di Jakarta Barat, dan rumah baru di Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse