Ingin Menjalankan Bisnis Properti Tanpa Modal? Ikuti 5 Tips Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Bisnis Properti untuk Pemula

Punya bisnis sendiri memang terlihat sangat menyenangkan, apalagi jika berbicara mengenai bisnis properti. Cuan terlihat melambai dari bisnis properti karena kenaikan harga properti bisa dibilang lebih tinggi daripada bisnis lain secara tahunan. Namun, kebanyakan orang menjadi terhalang melakoni bisnis yang satu ini karena modalnya yang besar.

Memang benar, modal yang harus dipersiapkan untuk bisnis properti relatif besar dibandingkan untuk bisnis lain. Namun, itu hanya berlaku jika kamu membeli unit properti tertentu, kemudian baru mengelolanya menjadi lahan bisnis properti. Padahal, di sisi lain ada banyak cara melakukan bisnis properti tanpa melakukan pembelian unit properti terlebih dahulu, lho!

Masih nggak percaya? Berikut ini Kania akan membagikan beberapa tips dan trik menjalankan bisnis properti tanpa modal untuk pemula. Daripada makin penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Riset dan Ikuti Kegiatan Bisnis Properti

beberapa orang sedang mendiskusikan bisnis propertimedium.com

Nah, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah riset secara menyuluruh mengenai bisnis properti yang akan kamu geluti. Kamu harus mengetahui bisnis properti apa yang sebenarnya dicari dan dibutuhkan masyarakat. Tren mengenai bisnis properti pun harus kamu pahami.

Jangan lupa, setelah memiliki data riset yang cukup, mulailah cari kelompok-kelompok atau komunitas yang juga menjalankan bisnis properti. Bergabunglah dengan kegiatan mereka dan carilah link atau koneksi dari kelompok tersebut. Modal riset dan pertemanan dari kegiatan bisnis properti yang kamu ikuti dapat menjadi modal kuat untuk memulai bisnis properti tanpa mengeluarkan uang yang besar.

Jadi Makelar

gambar dua orang bersalaman di depan rumah sebagai tanda bisnis propertipixabay.com

Untuk mulai menjalankan bisnis properti, kamu tidak perlu memiliki unit rumah, apartemen, ataupun tanah terlebih dahulu. Ubahlah cara berpikir kamu bahwa properti yang bisa kamu jual tidak sebatas yang kamu punya. Kamu juga bisa menjadi perantara atau makelar terkait unit properti orang lain yang hendak dijual. Hal ini merupakan bisnis properti yang sangat menguntungkan. Tanpa modal, kamu bisa memperoleh keuntungan dari penjualan properti orang lain.

Anggaplah kamu akan menerima komisi sebesar 2,5 persen dari tiap penjualan properti milik orang lain tersebut. Jika kamu bisa berhasil menjual properti senilai total Rp10 miliar, maka total keuntungan dari komisi yang kamu peroleh bisa sebesar Rp250 juta. Sangat lumayan, bukan? Apalagi, semua itu dapat kamu peroleh tanpa mengeluarkan modal uang terlebih dahulu untuk membeli unit properti sendiri.

Kerja Sama dengan Pengembang

gambar perumahan untuk bisnis propertipixabay.com

Tips utama melakukan bisnis properti dengan ataupun tanpa modal adalah menjalin hubungan baik dengan pelaku-pelaku bisnis properti lain melalui berbagai kegiatan. Dengan mengenal dan menjalin hubungan baik, kamu akan memiliki keuntungan untuk bekerja sama dalam bisnis properti dengan mereka.

Dalam cara bisnis properti ini, salah satu yang paling menguntungkan adalah berkolaborasi dengan pengembang properti baru. Umumnya, pengembang-pengembang yang belum terlalu besar membutuhkan partner untuk memasarkan properti yang mereka bangun untuk dapat dijual. Nah, kamu bisa menjalankan fungsi tersebut dan nantinya menerima komisi di akhir penjualan. Tentunya dengan kesepakatan bersama di awal.

Buat Situs Properti

gambar laptop yang menyala warna-warni untuk bisnis propertipixabay.com

Memanfaatkan internet untuk menjalankan bisnis properti bisa sangat menguntungkan, misalnya dengan membuat situs untuk sewa menyewa ataupun jual-beli properti. Dengan demikian, kamu sudah bisa melakukan bisnis properti tanpa harus mengeluarkan modal yang besar terlebih dahulu. Namun, hal ini tentu memerlukan ketekunan.

Nah, kalau situs bisnis properti kamu terkelola dengan baik, nantinya kamu bisa membuka jasa pemasangan iklan di situs tersebut. Kamu tidak perlu meminta komisi atas setiap penjualan properti yang ada. Kamu hanya perlu menerapkan tarif untuk tiap pemasangan iklan jual-beli atau sewa properti yang masuk ke situs milikmu. Tarif yang bisa kamu kenakan bisa disesuaikan dengan durasi iklan yang terpasang, seberapa besar iklan tersebut, ataupun kesepakatan lain antara kamu dan pemilik properti yang ingin beriklan di situs kamu.

Sewakan Properti Sendiri

sebuah hunian untuk bisnis propertiresidentiallandlord.com

Bisnis properti tidak hanya berbicara soal jual-beli saja, tapi bisa juga melalui penyewaan rumah atau apartemen. Hal ini pun tidak harus selalu membeli unit apartemen atau rumah baru. Kamu bisa memulainya dari unit properti milikmu sendiri yang mungkin tidak terpakai. Hal ini merupakan salah satu jenis bisnis properti yang sangat menarik dan banyak diminati.

Bayangkan saja, kamu bisa memperoleh pendapatan pasif dari penyewaan properti tersebut. Namun, sebelum menyewakannya, pastikan bahwa unit properti tersebut layak untuk dihuni, ya! Jika perlu, kamu bisa melakukan renovasi terlebih dahulu supaya calon penyewa merasa nyaman. Setelah itu, kamu bisa memasarkannya ke situs penyewaan atau cukup dari mulut ke mulut. Pasalnya, pendapatan dari bisnis properti ini cukup besar, lho!

Memulai bisnis properti semuanya berawal dari niat dan strategi. Jangan hanya berpikir bahwa bisnis properti harus dimulai dari pembelian properti dalam jumlah besar. Ubahlah pola pikir tersebut dan mulailah bergerak menjalankan bisnis properti tanpa modal dengan tips dan trik di atas. Selamat berbisnis!

Jangan lupa cek juga artikel dengan informasi menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka properti dengan harga terbaik melalui DekorumaHouse, lho! Ada banyak pilihan rumah atau apartemen siap huni dari berbagai wilayah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Jakarta Barat dan Depok atau apartemen baru di Tangerang dan Jakarta Selatan. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse