6 Cara Mudah Menanam Rumput Gajah Mini di Taman Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Menanam Rumput Gajah Mini

Apalah artinya sebuah taman jika hanya dihiasi bunga? Taman tersebut pasti terlihat gersang dan kurang estetik. Oleh karena itu, taman harus dilengkapi juga dengan rumput. Di Indonesia sendiri, rumput gajah mini menjadi idola untuk menghias taman rumah.

Rumput gajah mini terkenal memiliki ukuran yang kecil sehingga cocok untuk berbagai konsep taman rumah. Bibitnya sendiri mudah ditemukan di pasaran. Selain itu, rumput gajah mini juga mampu bertahan di daerah iklim tropis dan perawatannya sangat mudah. Bahkan, kamu juga bisa menanam sendiri rumput gajah mini di taman rumahmu, lho! Lalu, bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah dari Kania berikut ini!

Beli Bibit Rumput Gajah Mini

rumput gajah mini yang segargoogle.com

Bibit rumput gajah mini dijual per meter persegi. Bentuknya sudah berupa rumput, bukan dari benih. Kamu pun tidak perlu menyemai terlebih dahulu. Dengan demikian, tentunya kamu jadi lebih hemat waktu dan kemungkinan gagalnya sangat minim.

Saran Kania, belilah bibit rumput gajah mini di toko pertanian atau toko tanaman terpercaya. Pilih yang daunnya terlihat segar. Untuk jumlahnya, sesuaikan dengan luas tanah rumahmu yang akan ditutupi rumput tersebut.

Persiapkan Lahan untuk Rumput Gajah Mini

seseorang sedang menyiapkan tanah untuk rumput gajah minipixabay.com

Setelah bibit sudah tersedia, saatnya untuk mempersiapkan lahan yang akan ditanami rumput gajah mini. Dalam proses persiapannya, siramlah tanah dengan air supaya lebih mudah dicangkul. Setelah itu, singkirkan bagian atas tanah yang keras dan rumput liar. Pastikan rumput liar tersebut dibuang bersama akar-akarnya sehingga pertumbuhan rumput gajah mini tidak terganggu.

Perhatikan juga kemiringan permukaan tanah. Sebaiknya, dibuat agak miring ke arah saluran pembuangan air. Tujuannya supaya air hujan tidak menggenangi rumput gajah mini dan membuatnya busuk.

Gunakan Tanah Merah

seseorang sedang menanam rumput gajah miniunsplash.com

Jika lahan sudah bersih dari rumput liar, kini waktunya untuk menutupi permukaan lahan dengan tanah merah yang halus. Jenis tanah ini merupakan media tanam yang tepat bagi rumput gajah mini. Jika tanah merah sudah menutupi seluruh permukaan lahan, ambillah papan kayu. Kemudian, tekan-tekan permukaan tanah dengan papan secara perlahan. Cara ini dapat meratakan permukaan sehingga rumput gajah mini tidak tumbuh bergelombang dan taman rumah pun akan semakin terlihat indah.

Potong Bibit Rumput Gajah Mini

tangan seseorang di atas tanah rumput gajah minielplanteo.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rumput gajah mini dijual per meter persegi. Dengan demikian, jika kamu ingin langsung mendapatkan taman yang rapi, boleh saja langsung ditanam. Namun, kalau mau lebih irit, sebaiknya potong bibit rumput ke dalam ukuran yang lebih kecil. Yang terpenting, pastikan saja akarnya tidak terbuang saat pemotongan, ya!

Tanam Rumput Gajah Mini

rumput gajah mini di atas tanah yang suburgoogle.com

Apabila kamu memilih untuk memotong bibit rumput gajah mini, proses penanaman harus mengikuti pola zig-zag. Setidaknya, beri jarak sekitar 7 hingga 10 cm. Keruk sedikit bagian tanah yang akan ditanami, kemudian letakkan bibit rumput gajah mini dan pastikan akarnya masuk ke dalam tanah. Kamu bisa gunakan balok kayu, sekop mini, atau alat berkebun lainnya untuk menepuk tanah supaya akarnya benar-benar tertimbun tanah.

Perawatan

alat penyiram tanaman otomatis untuk rumput gajah minimichiganautomatic.com

Berbeda dengan tanaman biasa, jenis rumput gajah mini tidak perlu diberi pupuk. Kamu cukup merawatnya dengan air saja. Selama masa pertumbuhan, sirami rumput setiap pagi dan sore. Jika kamu menanamnya di saat musim hujan, pekerjaan menyiram ini bisa dikurangi frekuensinya. Semakin mudah, bukan?

Jangan lupa untuk menyingkirkan rumput liar secara rutin! Apabila mendapat asupan air dan cahaya matahari yang cukup, rumput gajah mini akan segera bertumbuh. Permukaan tanah juga akan tertutup rumput dengan sempurna.

Sekadar informasi, rumput gajah mini akan tumbuh ke samping dan bukan ke atas. Ukurannya pun kecil, sesuai namanya. Dikarenakan sudah bawaan. rumput gajah mini tidak akan berubah bentuknya. Nilai plus dari karakteristik ini? Tentu kamu jadi tidak perlu repot memangkas rumput!

Gimana, cara menanam rumput gajah mini sangat mudah, bukan? Dijamin tidak akan gagal dan taman rumah jadi cantik. Yuk, lakukan penanaman bersama anggota keluarga supaya makin seru!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis furnitur berkualitas untuk melengkpai setiap ruangan di rumahmu. Dekoruma jual sofa minimalis, lemari pakaian, meja makan, hingga kursi kantor. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse