Memahami Surat Hibah Tanah dan Cara Membuatnya dengan Tepat!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-Serbi Surat Hibah Tanah dan Panduan Membuatnya

Kamu berencana menghibahkan tanah? Dalam praktiknya, proses hibah tanah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Kamu perlu membuat surat hibah tanah secara benar agar terhindar dari adanya masalah di masa mendatang.

Nah, untuk membantu kamu dalam membuat surat hibah tanah, Kania akan membagikan tips dan panduannya sehingga kamu bisa membuat surat perjanjian ini secara tepat. Yuk, langsung saja simak sampai habis informasi mengenai surat hibah tanah dan cara membuatnya di bawah ini!

Apa Itu Hibah Tanah?

seseorang menandatangani surat hibah tanahbiospectrumasia.com

Berdasarkan Pasal 1666 Kitab UU Hukum Perdata, hibah merupakan suatu bentuk persetujuan oleh seseorang untuk memberikan suatu barang, baik bergerak maupun tidak, secara cuma-cuma kepada penerima untuk kepentingan orang tersebut dan tanpa bisa mendapatkan kembali barang tersebut.

Adapun, hibah tanah merupakan salah satu bentuk penghibahan yang paling umum ditemukan selain hibah properti atau rumah. Hal ini merupakan bentuk pemberian hak sebidang tanah dengan luas tertentu dari seorang pemilik sah kepada pihak lain dengan maksud supaya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Mengapa Harus Membuat Surat Hibah Tanah?

gambar tangan seseorang sedang melakukan proses penandatanganan surat hibah tanahcomputercareers.org

Perlu kamu ketahui, proses penghibahan tanah tak boleh dilakukan sebatas verbal saja dan kamu perlu membuat surat hibah tanah. Proses penghibahan ini harus dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat karena prosesnya dekat dengan prosesi hukum dan memiliki sifat legal. Selain itu, penghibahan tanah pun tertuang dalam UU Hukum Perdata sehingga kamu harus mengurusnya secara tepat agar tak menimbulkan masalah.

Legalitas Surat Hibah Tanah

seseorang mengecap suatu dokumen menggunakan stempel sebagai ilustrasi legalitas surat hubah tanahstateofdigital.com

Legalitas pembuatan surat hibah tanah disebutkan melalui PP No 24 tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Dalam Peraturan Pemerintah tersebut, segala bentuk jual beli, tukar menukar, ataupun hibah atas tanah maupun satuan rumah harus didaftarkan melalui akta Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).  

Syarat Melakukan Hibah Tanah

tumpukan dokumen penting untuk membuat surat hibah tanaheconomictimes.indiatimes.com

Sebelum membuat surat hibah tanah, kamu harus memastikan bahwa proses penghibahan telah sesuai dengan persyaratan, yaitu objek berupa tanah yang dihibahkan harus memiliki manfaat bagi penerima dan objek yang akan dihibahkan tidak terikat dalam suatu perjanjian, seperti perjanjian gadai. Selain itu, ada juga persyaratan di mana pemberi hibah maupun penerima harus sudah berusia dewasa atau disertai dengan surat persetujuan dari anak kandung ataupun ahli waris dari pemberi hibah.

Persiapan Dalam Membuat Surat Hibah Tanah

gambar animasi seseorang mengecek dokumen sebagai ilustrasi persiapan surat hibah tanahyourstory.com

Sebelum membuat surat hibah tanah, kamu perlu menyiapkan sejumlah persyaratan dan dokumen. Di antaranya, yaitu mengisi formulir permohonan yang telah ditandatangani di atas materai serta memuat informasi, seperti data diri, luas, letak, dan penggunaan tanah yang dimohon. Kamu juga harus menyertakan pernyataan bahwa tanah tidak dalam kondisi sengketa dan juga pernyataan bahwa tanah dikuasai secara fisik oleh pemohon.

Tak hanya itu, pembuatan surat hibah tanah juga memerlukan dokumen penting lain, seperti fotokopi identitas pemohon atau ahli waris berupa KTP dan Kartu Keluarga. Kamu juga akan diminta dokumen berupa sertifikat tanah asli, surat keterangan waris sesuai Undang-Undang, Akta Wasiat Notariil, fotokopi SPPT PBB tahun berjalan, serta menyerahkan bukti SSB dan bukti SSP/PPH untuk perolehan tanah yang melebihi Rp60 juta bukti bayar dari uang pemasukan.

Proses Pembuatan Surat Hibah Tanah

gambar tanda tangan Barack Obama di atas dokumen pentinginfrastructurereportcard.org

Setelah menyiapkan persyaratan dan dokumen di atas, kamu pun bisa melakukan proses pembuatan surat hibah tanah dengan mendatangi notaris terdekat. Nantinya, akta asli surat hibah tanah akan disimpan oleh notaris yang ditunjuk oleh kedua belah pihak, kemudian proses hibah pun telah selesai dilakukan secara legal dan resmi sehingga meminimalisir adanya permasalahan di masa depan.

Jika saat ini kamu berencana untuk melakukan penghibahan tanah, pastikan kamu mengurus pembuatan surat hibah tanah dengan tepat. Jangan lupa simak juga artikel informatif lainnya seputar hunian ataupun properti melalui laman Dekoruma, ya!

Kalau kamu justru sedang mencari hunian baru untuk tempat tinggal atau berinvestasi, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho! Ada berbagai pilihan properti dengan harga terbaik yang bisa kamu temukan dari berbagai daerah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di BSD, Bekasi, dan Jakarta Selatan ataupun apartemen di daerah Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan hunian impianmu di DekorumaHouse!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse