8 Manfaat Daun Sambiloto, Bisa Jadi Alternatif Obat COVID-19!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Khasiat Ajaib dari Daun Sambiloto

Bagi kamu yang suka minum jamu, pasti pernah mendengar istilah jamu sambiloto, bukan? Konon, jamu ini dianggap sangat mujarab dalam menjaga kesehatan seseorang. Hanya saja, rasa pahitnya memang luar biasa.

Jamu sambiloto sendiri dibuat dari daun sambiloto sebagai bahan utamanya. Daun ini merupakan tanaman apotik hidup yang memang sudah sering dipakai dalam berbagai pengobatan tradisional karena manfaatnya yang berlimpah. Bahkan kabar yang terbaru, daun sambiloto disebut-sebut juga dapat menjadi alternatif untuk pengobatan COVID-19, lho!

Percaya atau tidak mengenai hal tersebut, nyatanya beragam khasiat sambiloto sudah banyak diakui oleh orang-orang yang mengonsumsinya. Lalu, apa saja manfaat dari daun sambiloto tersebut? Yuk, simak ulasan dari Kania di bawah ini!

Turunkan Demam

seseorang memegang termometer sebagai ilustrasi manfaat sambilotopixabay.com

Sambiloto memiliki sifat antibakteri dan antiparasit. Oleh karena itu, mengonsumsi minuman dari olahan daun sambiloto bisa membantu tubuh dalam melawan serangan infeksi bakteri, parasit, maupun virus yang menjadi penyebab demam tinggi. Jika infeksi bisa teratasi, demam pun akan turun dengan sendirinya.

Redakan Gejala Flu

seorang anak perempuan menutupi hidungnya dengan tisumotherwelltimes.co.uk

Sejak lama, air rebusan dari daun sambiloto sudah terkenal efektif dalam mengobati berbagai gejala flu, mulai dari demam, batuk, sampai radang tenggorokan. Dengan mengonsumsi air rebusan sambiloto, imunitas tubuh bisa meningkat dan gejala flu pun akan cepat reda. Kemampuan inilah yang membuat daun sambiloto juga dipercaya mampu mengobati COVID-19 sebab daya tahan tubuh yang terus meningkat akan membuat virus corona cepat mati di dalam tubuh.

Atasi ISPA

seorang pria menggunakan alat bantu pernapasan sebagai ilustrasi daun sambiloto untuk mengatasi ISPAgoodins.life

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) merupakan kondisi penyakit yang menimbulkan gejala panas dalam hingga durasi batuk yang lama. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, ternyata sambiloto juga mampu mengatasi masalah ISPA, lho! Racikan daun sambiloto bisa mempersingkat gejala infeksi saluran pernapasan, mulai dari batuk hingga panas dalam.

Menyembuhkan Diare

seseorang memegang perutnya sebagai ilustrasi sambiloto untuk meredakan diarepremierhealth.com

Diare bisa membuatmu terjebak dalam kondisi dehidrasi yang berbahaya bagi keselamatan jiwa. Nah, untuk mengatasinya, cobalah racik air rebusan daun sambiloto yang dicampur dengan sedikit madu. Tanaman herbal sambiloto dipercaya mampu menyembuhkan diare. Hal tersebut karena tanaman daun yang kaya akan manfaat ini dapat melindungi saluran pencernaanmu dari serangan bakteri penyebab diare.

Ringankan Asam Urat

ilustrasi manfaat sambiloto untuk mengatasi asam uratthehealthsite.com

Mengonsumsi racikan daun sambiloto kering yang dicampur dengan temulawak dan lada dipercaya mampu meringakan gejala asam urat. Hal ini karena daun sambiloto mengandung flavonoid tinggi yang ampuh menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Tak perlu khawatir, manfaat daun sambiloto yang satu ini sudah terkenal sejak dahulu.

Obati Diabetes

seseorang menggunakan alat tes diabetes sebagai ilustrasi manfaat sambilotohealthbyheart.com

Pasti kamu sering mendengar ada banyak tanaman obat herbal yang dapat mengobati penyakit kencing manis atau diabetes melitus, ‘kan? Nah, dari beragam obat herbal tersebut, salah satunya adalah air rebusan daun sambiloto. Daun sambiloto memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga memungkinkan para penderita diabetes untuk sembuh jika mengonsumsinya secara rutin atau sesuai anjuran.

Kontrol Tekanan Darah

seseorang menggunakan alat tensi darah sebagai ilustrasi manfaat sambilotoalivecor.com

Jika kamu sering merasa pusing sehabis menyantap beragam makanan yang kaya akan lemak, cobalah konsumsi daun sambiloto. Bukan tanpa alasan, tapi karena daun sambiloto mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga mampu mengontrol tekanan darah agar tidak tiba-tiba melonjak naik. Dengan tekanan darah yang terkontrol, risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner maupun stroke jadi lebih kecil.

Cegah Kanker

gambar pencernaan manusia sebagai ilustrasi daun sambiloto untuk mencegah kankermedium.com

Manfaat daun sambiloto yang terakhir tidak kalah menakjubkan. Bagaimana tidak, mengonsumsi satu gelas air rebusan sambiloto secara rutin diyakini bisa mencegah munculnya sel kanker pada tubuhmu. Hal ini karena sambiloto mengandung antioksidan yang berfungsi menghalangi kemunculan dan pertumbuhan sel kanker.

Ajaib banget, ya daun sambiloto? Nah, kalau kamu punya taman kosong di belakang rumah, tidak ada salahnya untuk menanam tumbuhan sambiloto agar bisa merasakan beragam manfaatnya yang luar biasa. Supaya kamu semakin semangat menanam, kamu bisa menambahkan beragam pernak-pernik di area taman yang bisa kamu beli di Dekoruma. Selamat bercocok tanam dan merasakan manfaat sambiloto!

Kalau kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Ada berbagai jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari dapur, tempat tidur, sofa, hingga rak sepatu. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse