6 Cara Membuat RAB, Rencana Anggaran Biaya untuk Wujudkan Rumah Impian

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Membuat RAB dalam Membangun Rumah

Membangun rumah sendiri dibandingkan langsung membeli rumah baru yang sudah jadi masih menjadi pilihan sebagian besar orang. Alasannya, saat membangun rumah sendiri, kamu bisa menciptakan bangunan yang sesuai impianmu tanpa terpatok model pada umumnya. Membangun rumah sendiri pun dirasa lebih kuat karena dapat menggunakan bahan-bahan bangunan terbaik. Nah, kalau kamu termasuk orang yang ingin membangun rumah sendiri, jangan lupa untuk membuat RAB terlebih dahulu, ya!

RAB merupakan singkatan dari Rencana Anggaran Biaya. Sesuai namanya, catatan ini berguna untuk menjabarkan keseluruhan biaya pembangunan rumah yang mesti kamu siapkan hingga akhirnya hunian tersebut jadi. Tidak hanya mampu memberikan rel untuk pengerjaan rumahmu, RAB juga dapat menjadi dasar untuk mengajukan izin mendirikan bangunan alias IMB.

Sekarang, pastikan rencana pembangunan rumahmu memakai RAB agar mudah di pengaturan keuangan dan perizinan. Jika masih bingung cara membuatnya, kamu bisa ikuti beberapa tips dan trik membuat RAB dari Kania di bawah ini!

Gambar Sketsa Rumah

gambar sketsa rumah untuk membuat RABpixabay.com

Pertama-tama, kamu harus tahu terlebih dahulu seberapa besar dan luas rumah yang mau dibangun dan bagaimana bentuknya. Hal ini nantinya akan sangat berguna untuk pembuatan RAB.

Dalam gambaran rumah tersebut, kamu bisa memperkirakan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Pasalnya, penghitungan RAB kerap menggunakan biaya per meter persegi dengan bahan-bahan yang diperlukan. Jika tidak mampu membuat sketsa rumah, kamu bisa meminta bantuan arsitek atau jasa desain rumah.

Daftarkan Kemungkinan Biaya

aneka perkakas di atas permukaan kayu sebagai ilustrasi RABpixabay.com

Pastikan daftar kemungkinan biaya ada dalam RAB milikmu. Kemungkinan biaya yang dimaksud adalah setiap komponen biaya yang nantinya harus kamu keluarkan untuk membangun rumah impian. Umumnya, komponen biaya yang ada dalam RAB antara lain adalah jasa konstruksi, jasa konsultan desain, jasa tenaga profesional, jasa tukang, bahan-bahan pengerjaan, biaya izin, hingga pajak yang harus dibayar ketika bangunan sudah jadi.

Pisahkan Tiap Pekerjaan

beberapa miniatur rumah dan koin yang disusun tiga baris sebagai ilustrasi RABpixabay.com

Kini, saatnya kamu membagi-bagi pekerjaan membangun rumah secara lebih detail agar RAB bisa lebih terlihat jelas. Buatlah apa saja pekerjaan yang harus dilakukan dalam pembangunan, mulai dari perekrutan arsitek dan desainer interior, pengerjaan proyek, pengurusan perizinan, dan lain sebagainya.

Setelah setiap pekerjaan dipisahkan, kamu akan lebih mudah dalam menyusun masing-masing kebutuhan dari tiap pekerjaan tersebut. Baik itu menyangkut material bangunan yang diperlukan ataupun peralatan yang perlu dilengkapi.

Hitung Harga Satuan

gambar dompet dengan kaca pembesar sebagai ilustrasi pembuatan RABpixabay.com

Namanya saja RAB, tidak lengkap jika tidak ada acuan biaya yang kamu tulis. Setelah semua pekerjaan memiliki detail kebutuhannya, kamu bisa mulai menghitung berapa harga tiap kebutuhan untuk keperluan pembangunan hunian.

Sebenarnya, ada dua cara yang disarankan untuk mengetahui biaya dalam RAB, yakni lewat perkiraan per meter persegi dan lewat harga satuan. Namun, untuk lebih detail, kebanyakan orang lebih memilih menghitung harga satuan yang dibutuhkan dalam RAB. Lalu, apa saja yang harus dihitung?

Nah, yang perlu kamu hitung biasanya adalah harga material dan bahan bangunan, seperti batu bata, besi beton, atau semen. Selain itu, hitung juga harga tukang per hari atau per proyek, harga jasa desainer dan arsitek, dan beragam harga lainnya sesuai kebutuhan yang sudah kamu pisahkan tiap jenis pekerjaannya.

Penjumlahan Biaya

gambar miniatur rumah di atas kalkulator hitam sebagai ilustrasi RABpixabay.com

Penghitungan harga per satuan sebenarnya merupakan cara yang cukup rumit dalam pembuatan RAB, tapi dapat terperinci dengan jelas. Setelah tahapan tersebut dilalui, kamu bisa sedikit lebih lega. Kini, saatnya kamu menjumlahkan biaya dari tiap pekerjaan sesuai jumlah biaya per satuan yang dibutuhkan.

Rekapitulasi dalam Tabel

seseorang membuat RAB di dalam bukuthespruce.com

Jangan lupa untuk merekapitulasi hasil perhitungan biaya dan penjumlahannya ke dalam tabel. Hal ini bertujuan agar RAB milikmu terlihat lebih rapi dan siap dijadikan acuan untuk pengurusan perizinan. Rekapitulasi RAB ini juga akan membuat segala hal yang sudah kamu hitung menjadi lebih mudah dibaca dan terdata apa saja yang sudah dan belum.

Gimana, membuat RAB tidak sulit, bukan? Jika kamu masih bingung, tidak ada salahnya juga meminta bantuan kepada tenaga profesional. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat RAB, ya!

Nah, kalau kamu belum bisa membangun rumah sendiri, tidak perlu bersedih karena melalui DekorumaHouse, kamu tetap bisa memiliki rumah impian dengan harga terbaik, lho! Ada banyak pilihan rumah dijual ataupun rumah baru di berbagai lokasi yang strategis, seperti rumah dijual di Jakarta Barat, Bekasi, Tangerang, dan Jakarta Selatan. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse