5 Inspirasi Desain Tempat Wudhu untuk Rumah Minimalis

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Tempat Wudhu Minimalis untuk Hunianmu

Banyak orang masih belum memiliki tempat wudhu pada hunian. Ketika hendak berwudhu, kamar mandi pun menjadi alternatif. Padahal, berwudhu di kamar mandi bisa menjadi tidak sah karena kamar mandi adalah tempat yang kotor. Karena itulah, sebaiknya kamu memiliki tempat wudhu khusus di dalam hunian.

Membuat tempat wudhu tidak sesulit dan semahal yang kamu bayangkan. Rumah minimalis dengan ukuran luas yang terbatas pun bisa memiliki tempat wudhu sendiri. Tidak percaya? Berikut ini, Kania akan memberikan beberapa inspirasi desain tempat wudhu untuk rumah minimalis. Kamu bisa membuatnya di dekat musholla rumah ataupun di area taman belakang mini. Yuk, langsung saja intip bersama!

Tempat Wudhu Bawah Tangga

inspirasi tempat wudhu di bawah tanggapinterest.com

Area bawah tangga di rumahmu tidak terpakai? Kalau begitu, jadikan saja sebagai tempat wudhu! Buatlah tempat wudhu dengan suasana putih dan asri yang dilengkapi beberapa tanaman hijau.

Nah, karena masih terintegrasi dalam ruang utama rumah, lebih baik sulap bagian bawah tempat wudhu menjadi kolam mini. Dengan begitu, aliran air wudhu bisa langsung jatuh ke kolam tanpa membasahi lantai rumah. Supaya makin fungsional, kamu bisa lho membuat musholla dengan suasana yang sama di sampingnya.

Tempat Wudhu Bernuansa Hangat di Samping Musholla

desain tempat wudhu di samping mushollapinterest.com

Membuat tempat wudhu di samping musholla merupakan pilihan paling tepat karena dapat mempersingkat jarak setelah berwudhu. Soal desainnya di rumah minimalis, jangan hanya berpatok pada warna putih, ya! Kamu bisa membuat pembeda untuk ruang musholla dan tempat wudhu di hunianmu. Warna coklat yang teduh dan menenangkan bisa menjadi alternatif.

Tempat Wudhu Mini di Halaman Belakang

desain tempat wudhu di area halaman rumahpinterest.com

Untuk membuat tempat wudhu mini di halaman belakang rumah, kamu cukup menyiapkan beberapa puluh bata merah, cat, keran, dan juga konblok. Batu bata disusun sedemikian rupa hingga membentuk dinding yang membatasi tembok halaman dan sampingnya.

Setelah itu, cat dengan warna putih agar lebih elegan, lalu pasang keran air di bagian tengah. Nah, peran konblok juga penting supaya ketika selesai berwudhu, kamu dapat berjalan tanpa terkena tanah halaman. Kamu bisa mempercantik tempat wudhu ini dengan menaruh beberapa pot tanaman hijau di sekitarnya.

Tempat Wudhu Mewah

desain tempat wudhu mewahpinterest.com

Jika rumah minimalismu tergolong luas dan kamu memerlukan tempat wudhu yang bisa menampung banyak orang sekaligus, inspirasi tempat wudhu yang mewah ini adalah solusi yang tepat! Area dinding keran di tempat wudhu bisa kamu buat menyerupai kubah dua dimensi dengan perbedaan warna. Supaya bisa langsung dipakai beberapa orang sekaligus, pastikan jumlah keran di tempat wudhu lebih dari dua. Jangan lupa tambahkan tempat duduk di tiap area depan keran agar proses wudhu semakin nyaman.

Tempat Wudhu Tanpa Pembatas

desain tempat wudhu tanpa pembatasgoogle.com

Satu lagi pilihan tempat wudhu yang bisa kamu buat adalah dengan memanfaatkan area tidak terpakai di samping kamar mandi. Hanya saja, konsep kali ini berbeda. Tempat wudhu ini tidak memakai dinding pembatas sehingga membuat ruangan terlihat lapang.

Untuk mewujudkan tempat wudhu ini, kamu hanya perlu membuat area berwudhu lebih rendah yang ditambah dengan satu keran air. Jangan lupa beri pijakan lebih tinggi sekitar 30 cm di sekitar area tempat wudhu agar air tidak mengalir sembarangan dan mengotori lantai rumah.

Tempat wudhu yang disiapkan dengan baik bisa membuat proses ibadahmu lebih lancar. Terbukti juga, ‘kan bahwa rumah minimalis dengan ruang terbatas bisa diubah menjadi hunian yang memiliki tempat wudhu khusus dengan beragam alternatif desain? Kamu juga bisa menambahkan beberapa dekorasi atau ornamen kaligrafi di area tempat wudhu dan musholla supaya ibadah jadi semkain khusyuk. Dari semuanya, kamu pilih desain tempat wudhu yang mana, nih?

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse