Ini Dia 9 Tanaman Bunga Cantik yang Bisa Kamu Tanam di Dalam Pot!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Aneka Tanaman Bunga yang Bisa Tumbuh Mekar di Dalam Pot

Tahu nggak apa yang paling dekat dengan tanaman bunga selain lebah? Ya, tentunya sebuah pot sebagai wadah di mana bunga bertumbuh mekar dan indah. Namun, tidak semua tanaman bunga bisa cocok untuk hidup di dalam pot. Begitu juga sebaliknya, ada tanaman bunga yang justru sangat ideal untuk dibudidayakan di dalam pot.

Lalu, apa saja tanaman bunga teresebut? Yuk, langsung saja cek rekomendasi pilihan tanaman bunga cantik yang bisa kamu tanam di dalam pot dari Kania berikut ini!

Amarilis

tanaman bunga amarilisbalconygardenweb.com

Menjadi salah satu tanaman bunga hias yang populer, amarilis dapat dibudidayakan dengan cara anakan umbi yang bisa kamu dapatkan secara mudah. Jenis tanaman bunga ini sangat membutuhkan kelembapan dan kesegaran media tanah. Jadi, pastikan kamu memilih pot berukuran besar dengan lubang drainase agar penyiraman bisa lancar dan hasilnya pun makin memuaskan.

Geranium

tanaman bunga geraniumalmanac.com

Tanaman bunga geranium terkenal akan kecantikan warnanya yang beragam, plus punya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk mengusir nyamuk dan serangga. Kelopaknya yang  terlihat anggun juga menjadikan tanaman bunga ini salah satu yang paling diincar. Kunci utama supaya tanaman bunga geranium dapat mekar sempurna, kamu harus memilih pot yang cukup besar dan jangan siram terlalu basah.

Petunia

tanaman bunga petuniapinterest.com

Identik dengan mahkota yang cantik dan menjuntai, tanaman bunga petunia bisa hidup subur dalam pot, asalkan media tanamnya komplit dengan nutrisi organik dan bahan anorganik, seperti pasir. Tanaman bunga yang dapat bertahan hidup lama ini bisa dihadirkan dengan cara digantung atau diletakkan di titik yang strategis di halaman rumah.

Hydrangea

tanaman bunga hydrangeacroixchatelain.com

Kuntum tanaman bunga hydrangea sangat menggemaskan dengan gaya mekar yang indah dan penuh warna. Tanaman bunga ini dikenal juga dengan nama kembang bokor dan sering hadir dalam warna biru, ungu, atau merah, tergantung pH tanah. Tanaman bunga hydrangea sangat suka matahari, kesuburan tanah yang tinggi, dan air yang cukup. Bentuknya yang unik siap membuat hunianmu terlihat lebih atraktif, nih!

Begonia

tanaman bunga begoniagardeningknowhow.com

Pada dasarnya, cukup simpel untuk membudidayakan tanaman bunga begonia di dalam pot. Tanaman hias ini sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Jadi, pastikan kamu sudah memilih jenis tanaman bunga begonia yang unggul dan sesuai dengan kondisi tempat tinggal.

Idealnya, tanaman bunga ini dihadirkan di iklim yang sejuk, mendapatkan sinar matahari secukupnya, dan tanah yang bersih atau bisa diganti secara berkala. Kalau rajin merawatnya, tanaman bunga begonia pasti akan jadi tambahan cantik di rumah. 

Mawar

tanaman bunga mawargardeningknowhow.com

Mawar merupakan salah satu tanaman bunga yang paling fleksibel dan tersohor kecantikannya. Baik untuk kebun lanskap ataupun dalam wadah pot, tanaman bunga ini mudah beradaptasi selama terpapar sinar matahari yang cukup. Pastikan kamu membeli bibit yang unggul supaya budidaya mawar tidak cuma sukses, tapi juga minim perawatannya. Jangan lupa pilih pot yang dekoratif supaya jadi pusat perhatian di depan rumah. 

Calla Lily

tanaman bunga calla lilypinterest.com

Bentuk tanaman bunga ini seperti terompet lembut yang identik dengan warna putih dan bagian tengahnya berwarna kuning. Namun, ada pula tanaman bunga calla lily yang hadir dalam berbagai warna, seperti hijau, ungu, merah, dan oranye.

Untuk menanamnya, kamu cukup mengambil anakan tanaman bunga ini, lalu tanam di pot secara individual. Pilih pot yang berukuran agak besar dan sirami secara rutin. Beri juga pupuk dan kontrol hama secara berkala.

Krisan

tanaman bunga krisangardeningknowhow.com

Satu pot berukuran besar bisa menampung bibit krisan sebanyak lima hingga enam buah. Dengan penyiangan yang cukup, tanaman bunga yang khas warna kuning dalam kuntum pompom ini bisa bertumbuh subur dan memancarkan pesona indahnya. Jangan lupa pilih bibit bunga krisan yang unggul dan jaga terus dengan cara menyisip kelopak awal yang tumbuh. 

Anggrek

tanaman bunga anggrekgardeningknowhow.com

Baik ditempel atau ditanam dalam pot, tanaman bunga anggrek termasuk salah satu yang paling diminati. Tanaman bunga anggrek memiliki pesona tersendiri, terutama pada kombinasi tangkai panjang, kelopak ungu yang lembut, serta wadah pot alami. Untuk hasil terbaik, Kania sarankan kamu memilih pot yang terbuat dari tanah liat supaya tanaman bunga anggrek lebih lembap. Pastikan juga kamu tahu cara merawat anggrek dengan tepat!

Nah, dari sembilan tanaman bunga di atas, mana nih yang mau kamu tanam? Kalau mau menanam semuanya, juga boleh. Bagi kamu yang butuh pot cantik untuk menanam tanaman bunga pilihan, langsung saja cek koleksi pot yang estetik dari Dekoruma, dijamin kamu akan makin semangat bercocok-tanam. Selamat menanam!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse