Ini Dia 7 Jenis Aglaonema yang Populer dan Siap Hiasi Rumahmu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengenal Ragam Jenis Aglaonema yang Cantik dan Kekinian

Aglaonema adalah salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia. Tanaman ini memiliki daun yang berukuran besar, warna beragam, dan corak tulang daun yang khas. Aglaonema mampu bertahan hidup dengan cahaya matahari yang minim sehingga cocok dijadikan tanaman indoor. Di samping itu, aglaonema juga terbukti mampu menyerap karbondioksia, formaldehyde, dan benzene yang tidak baik untuk kesehatan manusia. 

Tanaman hias yang akrab disebut sebagai sri rejeki ini pun terdiri dari banyak jenis. Karakteristik yang membedakan jenis aglaonema adalah warna dan bentuk daunnya. Nah, bagi kamu yang ingin menghias rumah dengan tanaman cantik ini, simak dulu pembahasan Kania mengenai beberapa jenis aglaonema yang populer di bawah ini!

Jenis Aglaonema Pride of Sumatera

jenis aglaonema Pride of Sumateracarousell.com

Dilihat dari namanya, jenis aglaonema yang satu ini sudah pasti dari Sumatera. Jenis aglaonema pride of Sumatera pertama kali ditemukan pada tahun 1993. Bentuk daunnya oval memanjang. Warna daunnya hijau kemerahan dengan corak tulang daun yang berwarna pink. Beberapa di antaranya ada juga yang memiliki bercak pink dan putih. Jenis aglaonema pride of Sumatera ini tergolong sebagai tanaman mahal. Tidak heran, penampilannya sangat eksotis!

Jenis Aglaonema Moonlight

jenis aglaonema moonlightpinterest.com

Jenis aglaonema moonlight memiliki bentuk daun bulat dengan ujung runcing. Permukaannya sedikit cekung sehingga terlihat seperti mangkuk. Warna daunnya merupakan perpaduan hijau muda dan pink. Bagian tulang daunnya sangat tegas sehingga menciptakan tekstur yang unik pada permukaan daun. Jika dilihat sekilas, memang jenis aglaonema ini tampak seperti cahaya bulan yang lembut.

Jenis Aglaonema Claudia

jenis aglaonema claudiapinterest.com

Jenis aglaonema ini berasal dari Thailand. Ciri khas aglaonema Claudia adalah warna daunnya yang hijau pucat. Pada beberapa tanaman, ada juga yang dilengkapi dengan bercak hijau tua. Sementara itu, tulang daun jenis aglaonema ini melengkung ke atas dan berwarna pink. Ujung daunnya pun meruncing.

Jenis Aglaonema Bidadari

jenis aglaonema bidadariyoutube.com

Apabila kamu mencari jenis aglaonema yang warna-warni, pilih saja aglaonema bidadari. Warna daun dari jenis aglaonema yang satu ini memiliki gradasi putih dan hijau. Semakin ke atas, semakin didominasi warna hijau. Sedangkan, tulang daun bagian tengahnya berwarna pink. Daunnya sendiri berbentuk lonjong dengan ujung yang meruncing. Aglaonema bidadari ini memiliki tampilan yang cantik dan juga fresh.

Jenis Aglaonema Merah

jenis aglaonema warna merahpinterest.com

Sama seperti namanya, jenis aglaonema ini memiliki permukaan daun yang didominasi oleh warna merah. Bentuk daun aglaonema ini cenderung lebar dan lonjong dengan ujung meruncing. Warna keseluruhan dari jenis aglaonema ini juga sangat cantik karena berpadu dengan semburat warna hijau pada bagian tengah dan pinggir daun. Menawan banget, ya jenis aglaonema merah ini?

Jenis Aglaonema Adelia

 jenis aglaonema adeliaunsplash.com

Jenis aglaonema adelia memiliki bentuk daun oval, panjang, dan meruncing pada bagian ujungnya. Tampilannya jadi lebih langsing dibandingkan jenis aglaonema pada umumnya. Untuk warnanya, aglaonema adelia berwarna hijau tua dengan tulang daun warna merah. Perpaduan warnanya begitu kontras sehingga jenis aglaonema ini pasti akan mencuri perhatian seluruh penghuni rumah. Apabila dirawat secara tepat dan rutin, tanaman hias ini dapat tumbuh hingga 30 cm, lho!

Aglaonema Red Kochin

jenis aglaonema red kochinpinterest.com

Kalau aglaonema pada umumnya memiliki bercak pada permukaan daunnya, jenis aglaonema red kochin justru tidak punya. Permukaan daun aglaonema red kochin didominasi oleh warna merah polos tanpa bercak. Kalau pun ada, warnanya hijau tua di bagian tepi daun dan porsinya sangat sedikit. Jenis aglaonema ini sangat cocok disandingkan dengan tanaman hijau lainnya supaya rumah tampak lebih estetik.

Demikianlah tujuh jenis aglaonema yang cantik dan populer. Kalau kamu sudah menentukan jenis aglaonema yang akan ditanam, selanjutnya kamu perlu belajar cara merawatnya. Pada dasarnya, aglaonema hanya perlu disiram tiga kali seminggu dan dijauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Beri pupuk setiap bulan, serta singkirkan tanaman liar yang tumbuh di sekitarnya. Sangat mudah, bukan? Selamat menghias rumah kesayangan dengan jenis aglaonema favorit!

Ohya, jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan aneka furnitur dan dekorasi lainnya supaya tampilan rumah lebih hidup dan menawan. Kabar baiknya, kamu bisa membeli berbagai furnitur dan perabotan rumah secara online di Dekoruma, lho! Yuk, langsung saka kepoin laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse