Ingin Investasi Tanah Kosong? Ikuti 7 Tips Ini Biar Makin Untung!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

7 Tips Investasi Tanah Kosong yang Wajib Disimak Investor

Ragam investasi di dunia properti memang sangat menarik, apalagi dengan potensi keuntungan besar yang bikin tergiur. Salah satu contohnya adalah jenis investasi dengan memanfaatkan tanah kosong.

Disebut juga investasi tanah kavling, tanah kosong ini dibeli tanpa ada bangunan di atasnya untuk kemudian dijual kembali ketika harganya mulai naik. Walau jenis investasi tanah kosong ini sedang populer, kamu tetap harus berhati-hati agar tidak salah langkah yang bisa membuat rugi. Yuk, cek dulu tujuh tips investasi tanah kosong dari Kania di bawah ini supaya kamu makin untung!

1. Lokasi yang Strategis

ilustrasi tanah kosong dijualrealtor.com

Dikarenakan investasi tanah kosong adalah untuk kepentingan mengejar profit, maka lebih ideal jika kamu memilih tanah kosong yang prospektif dan strategis. Pertimbangkanlah prospek di sekitar area tanah kosong tersebut untuk diukur kemungkinan perkembangannya. Hal ini bertujuan agar nilai investasi bisa bekerja lebih cepat dan memberikan hasil yang maksimal. 

2. Pahami Risiko yang Ada

gambar papan dengan tulisan risiko dan aman sebagai ilustrasi pembelian tanah kosongstevebizblog.com

Selain prospeknya, perhatikan juga semua potensi risiko yang mungkin terjadi atas tanah kosong yang akan dijadikan bagian dari portofolio investasi kamu. Jika tanah kosong berada di posisi lahan yang miring, dekat area penggalian, atau punya histori banjir maupun longsor, ini akan menjadi masalah bagi kinerja investasi nantinya.

Sama halnya dengan risiko keamanan lingkungan, kondisi masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi di sekitar tanah kosong. Semua hal tersebut akan jadi bagian dari risiko investasi yang sudah harus kamu pertimbangkan sejak awal.

3. Ukur Potensi Imbalan

gambar seseorang memegang kunci rumah di depan tanah kosongassets-news.housing.com

Hampir sama dengan pengecekan risiko, kamu juga bisa memprediksi potensi imbalan atas modal yang dikeluarkan untuk membeli tanah kosong. Walaupun fluktuasi pasar properti dan tanah sulit ditebak, tetapi kamu bisa membandingkan dengan perkembangan terbaru di area tanah kosong. Cek berapa nilai beli di area berdekatan dan berapa nilai jual aset yang serupa. Kemudian, bandingkan apakah persentase profit setimpal dengan waktu pertumbuhan investasi. 

4. Cek Legalitas Tanah

tiga dokumen sertifikat tanah untuk transaksi tanah kosonggoogle.com

Saat membeli properti apa pun, termasuk untuk investasi kavling atau tanah kosong, kamu wajib mengetahui status tanah. Pastikan legalitas tanah jelas dengan sertifikat yang sah. Hal-hal seperti bebas sengketa, sertifikat tanah resmi atau asli dengan nama pemilik, pengecekan ukuran yang sesuai antara fisik dan dokumen via kantor BPN setempat secara langsung, hingga kondisi penghuni terkini adalah bagian standar dari pemeriksaan legalitas tanah. 

5. Cek Peruntukan Tanah

gambar kerangka rumah di atas tanah kosongfoxroach.com

Peruntukan tanah mengacu pada rencana tata kota sebuah wilayah, misalnya apakah untuk hunian, bisnis, perumahan baru, dan sebagainya. Jadi, tata guna lahan itu tidak boleh menyalahi peraturan pemerintah wilayah yang berlaku. Dengan mengecek zonasi sebelum membeli tanah kosong, maka kamu bisa memastikan apakah tanah tersebut sesuai dengan target investasimu. 

Sebut saja maksud investasi tanah kosong adalah untuk kawasan industri atau perdagangan, tapi ternyata status peruntukan adalah untuk perumahan. Maka ini akan terjadi ketidaksesuaian dengan rencana investasi yang berpotensi menimbulkan kerugian. 

6. Buat Akad Surat Jual Beli

ilustrasi seseorang mengisi dokumen tanah kosongaatbs.com

Setelah yakin dengan semua proses pengecekan tanah kosong untuk investasi, saatnya untuk melanjutkan ke proses pembelian yang resmi dengan membuat akad jual beli. Pembuatan akad jual beli tanah umumnya akan melibatkan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dengan pihak penjual, baik pemilik langsung ataupun developer terkait. 

7. Amankan Lokasi Tanah

sebuah tanah kosong yang diberi pagar pengamanland.com

Selamat! Setelah sah menjadi pemilik dari tanah kosong, siap-siap deh meraup keuntungan dari investasi tanah kamu. Namun tunggu dulu, masih ada satu tips penting yang harus diperhatikan, yaitu soal keamanan dan perawatan tanah. 

Untuk keamanan, pastikan sekeliling tanah kosong sudah dibatasi dengan pagar dengan tujuan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penyerobotan, pemakaian tidak legal, atau penggunaan lainnya yang bisa merugikan kamu sebagai pemilik tanah yang sah. Setelah dipagari atau dibatasi, ada baiknya juga tanah kosong tersebut dibersihkan agar kondisinya tetap maksimal. 

Semoga tips investasi tanah kosong ini bermanfaat untukmu, ya. Kalau kamu sedang mencari rumah atau apartemen untuk investasi tambahan, kamu bisa menemukannya melalui DekorumaHouse, lho! Untuk lokasinya pun sangat strategis dan tersebar di seluruh Jabodetabek. Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di Jakarta Barat, rumah baru di Jakarta Selatan, dan apartemen dijual di Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, cari properti terbaik di Dekoruma dan raih keuntungannya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse