Ini Dia 6 Tanaman Pengusir Tikus yang Paling Ampuh!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jenis-Jenis Tanaman Pengusir Tikus di Rumah

Keberadaan tikus di rumah sangatlah meresahkan. Selain bisa menyebarkan penyakit, rumah kamu pun akan terkesan jorok dan tidak higienis. Namun, jika kamu tak tega menggunakan perangkap, seperti lem ataupun racun tikus, Kania punya alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengusir makhluk kecil tersebut, yaitu menggunakan tanaman pengusir tikus! 

Kamu bisa menanam tanaman pengusir tikus di area rumah. Seperti sebutannya, tanaman pengusir tikus ini sangat efektif membuat tikus tak ingin singgah ke rumahmu dan tentunya akan membantu membuat rumahmu tetap sehat juga bersih. Untuk mengetahui jenis tanaman pengusir tikus apa saja yang bisa kamu manfaatkan, mari simak ulasan selengkapnya dari Kania di bawah ini! 

Tanaman Daun Mint

tanaman pengusir tikus daun mintshopify.com

Tanaman pengusir tikus pertama adalah daun mint. Kamu bisa menanam tanaman pengusir tikus ini di pekarangan rumah yang biasanya menjadi tempat tikus bermain. Daun mint memiliki aroma kuat yang dapat membuat tikus ataupun hama lainnya tak mau mendekat dan enggan memasuki area rumahmu. Bahkan, cara merawat tanaman pengusir tikus ini pun sangatlah mudah karena kamu cukup menyimpannya di area yang terkena paparan sinar matahari langsung. 

Tanaman Sage

tanaman pengusir tikus sage healthline.com

Selain difungsikan sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik, tanaman sage juga sangat ampuh untuk mengusir tikus. Tanaman pengusir tikus dan hama lainnya ini mengeluarkan bau menyengat yang tidak disukai tikus, di mana kamu bisa memilih tanaman sage berwarna putih ataupun hijau yang keduanya memiliki fungsi yang sama. Tak hanya itu, tanaman pengusir tikus ini pun dapat kamu tanam di semua jenis tanah, bahkan dapat kamu konsumsi karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tanaman Bawang

bawang merah sebagai tanaman pengusir tikuspinterest.com

Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman umbi-umbian, seperti bawang merah ataupun bawang putih untuk membuat tikus kabur. Bahkan, tanaman pengusir tikus ini juga dapat kamu fungsikan sebagai bumbu dapur sehingga lebih hemat dan praktis. Untuk merawat tanaman pengusir tikus ini, pastikan kamu menempatkannya di area tanah yang kering dan terkena sinar matahari langsung. 

Tanaman Sirsak

pohon sirsak sebagai tanaman pengusir tikusedenproject.com

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir tikus, tanaman sirsak pun memiliki sederet manfaat bagi kesehatan. Adapun, bagian tanaman sirsak yang dapat kamu manfaatkan untuk mengusir tikus adalah bagian daunnya karena mengeluarkan aroma menyengat. Kamu juga bisa menyobek beberapa daun sirsak kemudian menyebarkannya di berbagai area rumah untuk mengusir tikus. 

Tanaman Lavender

tanaman pengusir tikus lavenderlavenderoaks.farm

Tanaman bunga lavender terkenal karena memiliki fungsi untuk mengusir berbagai macam hama, seperti kutu, nyamuk, bahkan tikus. Mengeluarkan aroma yang harum dengan penampilan bunga berwarna ungu yang sangat cantik, tanaman pengusir tikus ini tentu saja juga siap menghiasi hunianmu. Kamu bisa memotong bagian tangkai tanaman pengusir tikus ini dan menyimpannya di berbagai area rumah supaya tikus kabur dari hunianmu.

Tanaman Bintaro

tanaman pengusir tikus bintarogreenpower.otg.hk

Tanaman bintaro dapat tumbuh hingga 12 meter, mengeluarkan bunga yang harum, serta buah berbentuk bulat yang memiliki kandungan untuk menangkal tikus. Adapun, buah dari tanaman pengusir tikus ini sangatlah efektif untuk membuat tikus tak ingin singgah ke rumahmu karena mengeluarkan aroma racun yang sangat kuat. Disamping itu, kamu pun bisa menyimpan buah bintaro di sejumlah area yang kerap dilewati oleh tikus, misalnya garasi mobil, dapur, ataupun halaman.

Keenam tanaman pengusir tikus di atas tak hanya ampuh, tapi juga minim perawatan sehingga kamu akan terbebas dari kerepotan. Yuk, manfaatkan tanaman pengusir tikus di atas agar lingkungan rumahmu tetap sehat dan membuat keluarga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit!

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan berbagai furnitur dan dekorasi untuk menghidupkan suasana rumahmu. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse