Intip 5 Ide Dapur Kecil untuk Rumah Mungil!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Dapur Kecil yang Stylish di Hunian Mungil

Kehadiran dapur di dalam rumah itu mutlak, tidak bisa digantikan, apalagi ditiadakan. Sayangnya, banyak yang beranggapan kalau dapur itu harus berukuran besar supaya nyaman digunakan. Padahal, ada banyak ide dapur kecil yang penataannya bagus sehingga pemilik akan tetap merasa nyaman saat memasak.

Lebih dari itu, sebenarnya dapur kecil pun bisa tampil dengan mewah dan estetik sehingga tidak akan merusak tampilan interior rumahmu. Oleh karena itu, bagi kamu pemilik rumah mungil, jangan berkecil hati. Simak dulu lima ide dapur kecil yang nyaman untuk rumah mungil dari Kania di bawah ini!

Manfaatkan Lahan dengan Kabinet Bentuk L

dapur kecil bentuk huruf L di sudut ruangandekoruma.com

Salah satu kunci untuk mendapatkan dapur kecil yang nyaman adalah memanfaatkan lahan seefisien mungkin, seperti ide menggunakan kabinet bentuk L. Bagian sudut ruang yang sempit dijadikan area bak cucian dan bagian panjangnya dijadikan area masak dan penyimpanan. Sementara itu, bagian atas pada dapur kecil ini dilengkapi dengan rak penyimpanan yang memiliki bukaan pintu ke atas sehingga lebih praktis.

Dapur kecil yang kabinetnya bentuk L ini juga memudahkan pergerakanmu dari area cuci ke area masak. Suasananya pun lega karena tidak ada sekat antar ruangan. Selain itu, ada pula jendela kecil yang berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan cahaya matahari, serta memberikanmu pandangan ke luar. Penggunaan warna cokelat dan putih menjadikan dapur kecil ini terkesan minimalis.

Dapur Open Space

dapur kecil dengan konsep open spacechowhound.com

Jarang memasak di rumah dan tidak memiliki banyak perabotan? Jika iya, kamu bisa menerapkan ide dapur kecil dengan konsep open space. Bagian dindingnya dibiarkan terekspos tanpa acian atau penghalusan, lalu dicat warna putih.

Kabinet pada dapur kecil ini, hanya ada lemari di bagian bawah. Namun, cukup untuk meletakkan bak cucian, satu kompor, dan meja dapur. Di sudut dapur kecil ada pula rak terbuka untuk menyimpan peralatan makan dan aneka bumbu. Tambahkan lampu gantung dan tanaman hijau dalam pot sebagai dekorasi. Suasananya jadi nyaman dan terlihat lapang, deh!

Dapur Sekaligus Ruang Makan

dapur kecil dengan area makandekoruma.com

Ketika lahan rumah sangat terbatas, coba gabungkan dapur dan ruang makan sehingga lebih hemat tempat. Ide desain dapur kecil ini sangat memukau, di mana posisi dapur ada di sudut ruangan dan meja makan minimalis ditempatkan pada ujung kabinet. Dinding bagian atas dimanfaatkan seutuhnya untuk area penyimpanan. Penataan seperti ini memungkinkan kamu untuk mendapat area masak yang lebih besar. 

Meja makannya sendiri dibuat menyatu dengan dinding dan kabinet dapur. Bentuknya memanjang, cukup untuk dua orang. Di samping dapur kecil ini ada jendela besar sehingga membuatnya menjadi lebih terang. Ide dapur kecil ini sangat cocok untuk keluarga muda atau pengantin baru.

Dapur Kecil Serba Putih dengan Kitchen Island

dapur kecil dengan kitchen islandgoogle.com

Dapur kecil juga bisa dibuat memiliki kitchen island, seperti ide di atas. Dapurnya dibuat lurus pada satu sisi dinding. Ada lemari penyimpanan, kulkas, dan kompor. Backsplash dapur dibuat dengan lapisan keramik bermotif herringbone. Sementara itu, di tengah dapur kecil ada kitchen island yang berguna sebagai area mencuci dan memotong bahan makanan. Kalau mau lebih hemat ruang lagi, kitchen island dapat dimanfaatkan sebagai meja makan.

Gunakan furnitur space-saving serba putih untuk memberikan efek yang terang dan lapang. Perhatikan juga ukuran kitchen island agar tidak menghalangi area lalu-lalang, tapi tetap nyaman digunakan untuk menyiapkan makanan.

Dapur Bentuk U dengan Sentuhan Mewah

dapur kecil mewah bentuk huruf Udekoruma.com

Bagi orang yang hobi memasak, area penyimpanan dan persiapan bahan harus cukup besar. Oleh karena itu, buatlah dapur dengan bentuk U. Dapur kecil ini punya keuntungan lain, yaitu memudahkanmu mengakses seluruh sudut dapur tanpa harus berpindah tempat. Mau mencuci, tinggal menghadap depan. Mau mengecek masakan di kompor, tinggal hadap kiri. Mau mengolah makanan,  bisa langsung menghadap kanan.

Dapur kecil ini pun tidak kalah mewah dengan dapur berukuran besar. Rahasianya ada pada permukaan backsplash keramik yang memiliki motif berpola dan timbul. Saat berada di dapur kecil ini kamu juga tidak akan merasa terkurung karena konsepnya cukup terbuka dan ada pencahayaan lampu yang memancar maksimal dari bagian bawah lemari dapur gantung.

Nah, dari kelima ide dapur kecil di atas, mana yang paling mencuri hatimu? Apa pun ide dapur kecil yang akan kamu terapkan, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kerapiannya. Selamat memasak dengan nyaman di dapur kecil!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse