8 Manfaat Cuka Apel, Mulai dari Kesehatan Hingga Urusan Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Kegunaan Cuka Apel untuk Rumah Tangga dan Kesehatan

Cuka apel dihasilkan dari fermentasi jus apel dan biasa digunakan sebagai dressing salad, bumbu marinasi, hingga pengawet makanan. Namun sebenarnya, masih banyak lagi manfaat yang dihasilkan oleh bahan alami ini, baik itu untuk kesehatan maupun untuk kebutuhan rumah tangga.

Pada artikel kali ini, Kania akan membahas apa saja manfaat cuka apel yang bisa dirasakan bagi tubuh, bahkan untuk urusan rumah tangga. Untuk mengetahui berbagai manfaat dari cuka apel, simak ulasannya sampai habis, ya!

Cuka Apel untuk Membantu Diet

seorang wanita sedang mengonsumsi cuka apelforeo.com

Berdasarkan sejumlah penelitian, mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan dua hingga empat sendok makan air sangat efektif untuk mengurangi berat badan lebih cepat ketimbang yang tidak mengonsumsinya. Selain itu, mengonsumsi cuka apel saat pagi hari pun akan membuat kamu merasa kenyang sehingga sangatlah cocok diminum oleh kamu yang sedang menjalankan program diet.

Cuka Apel untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

manfaat cuka apel untuk mengontrol gula darahmednutrition.gr

Kadar gula darah yang terlampau tinggi dapat memicu berbagai penyakit, seperti stroke hingga serangan jantung. Nah, untuk membantu mengontrol kadar gula darah, kamu bisa mengonsumsi cuka apel pada waktu terbaik, yakni saat sebelum makan dengan mencampurkan dua sendok teh cuka apel dengan air.

Cuka Apel untuk Membunuh Kuman

seseorang menuangkan satu sendok cuka apel ke dalam sayuran100healthyrecipes.com

Higienitas di dalam makanan sangatlah penting. Untuk menjaga makanan yang akan kamu konsumsi dari bakteri dan kuman, terlebih pada makanan mentah seperti sayuran, kamu bisa mencampurkan cuka apel. Selain menambah rasa, kandungan asam asetat pada cuka apel pun akan membuat makanan lebih higienis. 

Cuka Apel untuk Mencegah Masalah Pencernaan

ilustrasi cuka apel dan sistem pencernaaneverydayhealth.com

Saat mengalami perut mulas ataupun kembung, kamu bisa mengonsumsi cuka apel. Cuka apel memiliki rasa asam yang bersifat alami untuk membantu memecah makanan di dalam saluran pencernaan. Selain itu, cuka apel tersebut juga akan bekerja untuk mencegah masalah saluran pencernaan secara keseluruhan.

Cuka Apel untuk Menghapus Lelehan Lilin

manfaat cuak apel untuk membersihkan lelehan lilinparade.com

Suka menyalakan lilin saat makan malam? Pastinya, lelehan lilin yang tersisa pada perabotan sangatlah menjengkelkan. Nah, untuk menghilangkan lelehan lilin pada perabotan, kamu bisa memakai hair dryer pada sisa lilin yang menempel hingga meleleh. Kemudian, bersihkan bekas lelehan tersebut menggunakan cuka apel yang dicampur air hangat.

Cuka Apel untuk Hilangkan Bau Amis

manfaat cuka apel untuk menghilangkan bau amis pada wajanhomesteady.com

Penggunaan wadah makanan untuk menyimpan daging ataupun ikan terkadang menyebabkan bau amis yang tidak sedap. Untuk menghilangkan bau amis tersebut, kamu cukup menggosok permukaan wadah menggunakan cuka apel murni. Setelah itu, cuci ulang menggunakan air hangat hingga bau cuka apelnya pun ikut lenyap. 

Cuka Apel untuk Membersihkan Keramik

seseorang membersihkan keramik menggunakan cuka apelmrright.in

Manfaat lain dari cuka apel adalah untuk membersihkan keramik. Kamu bisa mencampurkan cuka apel sebanyak setengah cangkir dengan satu galon air hangat, lalu gosok keramik secara perlahan menggunakan larutan tersebut hingga mengering. Setelah itu, kamu pun hanya perlu membilasnya dengan air dan permukaan keramik di rumah akan kembali bersih.

Cuka Apel untuk Hilangkan Noda Pada Pakaian

manfaat cuka apel untuk memberishkan noda pakaiancleaning.lovetoknow.com

Baju kesayangan kamu terkena noda, seperti tinta ataupun lem? Nggak usah pusing karena kamu bisa membersihkannya menggunakan cuka apel! Gosoklah area yang terkena noda pada pakaian menggunakan cuka apel murni. Selain efektif membuat pakaian tersebut kembali bersih, cuka apel pun tidak akan membuat warna pakaian jadi luntur.

Wah, nggak disangka, ya ternyata cuka apel punya banyak manfaat yang bahkan juga bisa berguna untuk urusan rumah tangga. Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat dari cuka apel, misalnya saja dapat digunakan sebagai cara mengusir lalat. Yuk, sediakan cuka apel di rumah sekarang juga!

Sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, seperti sofa, rak dinding, kursi kantor, bean bag, lemari dapur, hingga meja rias. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse