Mau Beli Rumah Baru? Pastikan Kamu Tahu 7 Hal Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah Baru

Ada aneka jenis hunian yang ada di pasaran, seperti apartemen, rumah susun, flat, dan rumah. Jika kamu berencana beli rumah baru, ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan agar rumah baru milikmu bisa memberikan kenyamanan maksimal dan memenuhi kebutuhanmu dan keluarga.

Nah, supaya tak menyesal di kemudian hari, Kania punya sejumlah tips dan panduan yang harus kamu lakukan sebelum membeli rumah baru. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini agar kamu tak salah memilih saat beli rumah baru!

Hitung Anggaran untuk Beli Rumah Baru

gambar rumah baru dijualtime.com

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, pertama-tama kamu harus menentukan anggaran dan cara pembelian yang akan dilakukan. Saat ini, terdapat dua skema pembelian rumah baru, yakni membelinya secara tunai atau melakukan cicilan KPR melalui bank terpercaya.

Jika kamu sudah memiliki anggaran yang sesuai dengan harga rumah baru, Kania sarankan untuk langsung membeli secara tunai sebab ada banyak developer yang memberikan diskon. Jika ingin mengambil KPR, pastikan kamu mengetahui detail angsurannya, seperti jumlah DP, besaran bunga, ataupun tenor angsuran. 

Pahami Kebutuhan Keluarga

sebuah keluarga kecil di depan rumah baruhomelight.com

Setiap keluarga memiliki kebutuhan rumah baru yang berbeda. Maka dari itu, sebaiknya kamu membuat daftar mengenai apa saja kebutuhan yang diperlukan oleh anggota keluarga terkait rumah baru. Misalnya, berapa banyak jumlah kamar tidur yang dibutuhkan di dalam rumah baru, luas garasi yang disesuaikan berdasarkan jumlah kendaraan yang kamu miliki, fasilitas penunjang seperti taman rumah, hingga kemungkinan adanya renovasi di masa depan.

Perhatikan Lokasi Rumah Baru

sebuah rumah baru berwarna abu-abu mudamonier.com.au

Lokasi adalah hal penting yang harus kamu perhatikan saat membeli rumah baru. Sebaiknya, pilihlah rumah baru yang lokasinya strategis guna menunjang mobilitas kamu, misalnya dekat dengan kantor atau sekolah anak.

Tak perlu di pusat kota, saat ini juga banyak rumah baru yang lokasinya di pinggir kota, tapi telah memiliki akses yang memadai, seperti rumah baru di Tangerang atau Bekasi. Ada juga rumah baru di pinggiran kota yang dekat dengan jalan tol ataupun terintegrasi dengan transportasi umum seperti MRT.

Perhatikan Tipe dan Fitur Rumah Baru

ilustrasi tipe-tipe rumah baru3dwarehouse.sketchup.com

Sebelum membeli rumah baru, kamu juga harus menentukan tipe rumah yang akan dibeli. Pastikan, kamu memilih rumah baru yang luasnya memadai dan bisa memuat seluruh anggota keluarga merasa nyaman. Selain tipe rumah, perhatikan pula fitur atau spesifikasi rumah baru yang biasanya meliputi material pondasi rumah, material dinding, plafon, fasilitas di kamar mandi, hingga lantai.

Ketahui Fasilitas Rumah Baru

fasilitas kolam renang di area rumah baru Clover Hilldekoruma.com

Kalau kamu mau membeli rumah baru di dalam perumahan, hal penting lainnya yang harus kamu ketahui adalah fasilitas yang disediakan oleh pihak developer. Kamu bisa mempertimbangkan fasilitas apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh penghuni rumah baru, seperti sistem keamanan, kolam renang, tempat olahraga, taman bermain anak, minimarket, ATM, hingga sentra kuliner.

Pilih Rumah Baru dari Developer Terpercaya

ilustrasi rumah baru dari pengembanglbs.com 

Kamu juga wajib memilih rumah baru yang disediakan oleh developer terpercaya untuk meminimalisir timbulnya masalah selama proses transaksi pembelian rumah baru. Pilihlah developer rumah yang memang telah memiliki kredibilitas baik, layanan profesional, dan terjamin keamanannya.

Perhatikan Dokumen Rumah Baru

gambar dua orang bersalaman sebagai proses transaksi rumah barucishlko.org

Jika kamu telah memiliki rumah incaran, sebaiknya jangan langsung melakukan pembayaran. Pastikan kamu memeriksa keaslian dokumen atau sertifikat rumah dan tanahnya dengan menggunakan jasa notaris agar rumah baru yang akan kamu beli statusnya legal dari sisi hukum.

Demikianlah beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan sebelum membeli rumah baru. Kalau masih belum menemukan rumah baru yang tepat, kamu bisa lho mencarinya di DekorumaHouse!

Ada berbagai pilihan rumah baru dari berbagai lokasi yang strategis dan di dalam perumahan yang dikembangkan oleh developer terpercaya. Misalnya saja, rumah baru di Clover Hill Residence yang berlokasi di Jakarta Barat dan mengusung konsep lingkungan hijau yang asri. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse