Ini 7 Manfaat Daun Pepaya yang Tidak Banyak Diketahui!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Keberadaan daun pepaya mudah ditemukan di sekitar kita. Baik itu di kebun atau pekarangan rumah. Daun pepaya biasanya diolah menjadi masakan atau langsung dilalap. Rasanya pahit, tapi punya segudang manfaat untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung aneka vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.

Kamu belum tahu kalau daun pepaya punya banyak manfaat? Kalau begitu, simak pembahasannya bersama Kania, ya!

Melancarkan Pencernaan

manfaat daun pepaya untuk melancarkan pencernaanpixabay.com

Sama seperti buahnya, daun pepaya juga bisa membantu melancarkan pencernaan, lho! Daun pepaya mengandung enzim papain. Enzim inilah yang terbukti mampu melancarkan pencernaan. Selain itu, juga dapat mencegah timbulnya konstipasi dan perut kembung. Enzim papain dalam daun pepaya bekerja dengan cara memecah protein dan asam amino ke dalam ukuran kecil sehingga lebih mudah dicerna tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

seorang wanita dengan kulit yang sehat berkat daun pepayapatchmd.com

Selain menggunakan produk perawatan kulit, kesehatan kulit juga perlu dijaga menggunakan bahan alami. Nah, daun pepaya ini baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Caranya dengan menghaluskan daun pepaya hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada permukaan kulit.

Enzim papain dapat dijadikan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati. Enzim ini juga mampu mengatasi pori-pori tersumbat, jerawat, rambut yang tumbuh ke dalam, serta mempercepat penyembuhan luka.

Anti-Inflamasi

manfaat daun pepaya untuk anti-inflamasipixabay.com

Daun pepaya dapat dimanfaatkan sebagai anti-inflamasi, misalnya untuk meredakan ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi. Anti-inflamasi ini terbentuk berkat kandungan enzim papain, flavonoid, dan vitamin E. Manfaat yang satu ini telah diuji pada tikus percobaan yang menderita radang sendi pada kaki. Penggunaan ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan tersebut.

Anti Malaria

manfaat daun pepaya untuk mencegah malariapixabay.com

Penyakit malaria disebarkan oleh nyamuk. Orang yang mengidap penyakit ini dapat meninggal apabila tidak segera diobati. Mengerikan, ya?

Oleh karena itu, lebih baik kamu mencegahnya dengan memperkuat imun tubuh. Salah satunya dengan memanfaatkan daun pepaya. Caranya adalah mengonsumsi jus daun pepaya satu gelas per hari. Jangan tambahkan gula atau zat lain agar khasiatnya bekerja dengan baik. Lakukan juga cara mengusir nyamuk yang tepat untuk meminimalisir keberadaan nyamuk di rumah!

Anti Bakteri

manfaat daun pepaya untuk anti bakteripixabay.com

Bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman, dapat menyebabkan beragam penyakit, terutama di sistem pencernaan. Daun pepaya ini punya manfaat untuk mencegah bakteri jahat berkembang di dalam tubuh. Daun pepaya juga bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur dan cacing. Ada pula kandungan tannin yang ampuh menyingkirkan cacing perusak dinding usus.

Meredakan Sakit Akibat Menstruasi

seorang perempuan kesakitan memegang perutnyapixabay.com

Ladies, jika kamu sering mengalami sakit kram saat menstruasi, coba manfaatkan daun tanaman pepaya. Caranya dengan merebus satu lembar daun pepaya, garam, dan asam jawa. Minum air rebusan ini selagi hangat supaya reaksinya semakin ampuh.

Membuka Pori-pori Kulit

manfaat daun papaya untuk membuka pori-pori wajahapothecopharmacy.com

Manfaat daun pepaya yang satu ini diwariskan secara turun temurun. Membuka pori-pori kulit terkadang dibutuhkan juga, misalnya ketika kulit kemasukan benda tajam yang ukurannya sangat kecil atau saat kamu kesulitan mengeluarkan komedo.

Caranya tidak sulit, cukup siapkan daun pepaya muda, lalu remas-remas daunnya hingga muncul getah. Oleskan getah tersebut pada bagian kulit yang ingin dibuka pori-porinya. Diamkan selama 30 menit atau hingga pori-pori sudah terbuka. Setelah itu, kamu bisa menggunakan pinset untuk menarik benda tajam tadi atau memencet komedo membandel dengan mudah. Jika sudah selesai, cuci bagian kulit tadi dan kompres dengan handuk dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit.

Demikianlah 7 manfaat daun pepaya yang masih belum banyak diketahui orang-orang. Supaya kesehatan semakin terjaga, pastikan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya dan rutin berolahraga. Selamat merasakan manfaat daun pepaya!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur yang multifungsi agar hunianmu makin space-saving. Dekoruma jual kursi anak, meja makan, sofa bed, coffee table, hingga kursi malas, semuanya ada.

Ada juga beragam jenis kasur dari merek-merek ternama. Dekoruma jual Comforta, King Koil, dan Serta. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!

Voucher Dekohouse