Jangan Salah, Ketahui 6 Perbedaan Air Cooler dan Air Conditioner!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memahami Perbedaan Air Cooler dan Air Conditioner

Saat ini, apakah kamu sedang mencari alat penyejuk ruangan? Di pasaran, terdapat dua jenis alat penyejuk yang bisa kamu beli, yakni air cooler dan air conditioner. Namun, keduanya memiliki sederet perbedaan yang sebaiknya kamu ketahui agar bisa memilih alat penyejuk ruangan yang sesuai berdasarkan kebutuhan.

Nah, pada artikel ini, Kania akan membahas apa saja perbedaan antara air cooler dan air conditioner supaya kamu tak salah membelinya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak artikel di bawah ini, yuk! 

Suhu Air Cooler dan Air Conditioner

perbedaan air cooler dan air conditioneryoutube.com 

Meskipun kedua elektronik rumah tangga ini termasuk alat penyejuk ruangan, tapi suhu yang dihasilkan antara air cooler dan air conditioner cukup berbeda. Pada air cooler, kamu hanya bisa menurunkan suhu ruangan sekitar 5 derajat celcius saja sehingga efek yang dihasilkan pada ruangan menjadi lebih sejuk.

Sementara itu, air conditioner memiliki fungsi yang lebih prima karena kamu bisa mengubah suhu ruangan menjadi lebih dingin sesuai keinginan. Bahkan, kamu bisa menurunkan suhu mencapai 16 derajat celcius dan menaikkan kembali suhu tersebut sesuai kebutuhan. 

Fungsi Air Cooler dan Air Conditioner

seseorang menyalakan air coolercdnparenting.com 

Baik air cooler maupun air conditioner sama-sama memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan udara. Air cooler memiliki fungsi utama, yakni untuk menyejukkan udara dan dapat menyerap kelembapan pada ruangan agar lebih sejuk, segar, dan tidak pengap. Di sisi lain, air conditioner dapat menurunkan suhu udara pada ruangan sehingga ruangan akan terasa lebih dingin dengan suhu yang stabil, bahkan kamu pun bisa mengubah suhu sesuai keinginan. 

Penggunaan Daya Air Cooler dan Air Conditioner

alat pendingin ruangan air coolerclimate.nz 

Dari segi penggunaan daya, pada umumnya produk air cooler di pasaran hanya menggunakan listrik mulai dari 8 watt hingga 250 watt saja. Sementara itu, air conditioner memerlukan daya yang jauh lebih besar, mulai dari 400 watt hingga 1000 watt dalam setiap kali penggunaan. Tentu saja, penggunaan daya dari kedua alat ini harus kamu sesuaikan berdasarkan budget bulanan karena akan mempengaruhi tagihan listrik rumahmu secara signifikan. 

Pemasangan Air Cooler dan Air Conditioner

air cooler di dalam ruang tamuonsitego.com

Air conditioner dipasang secara permanen karena memerlukan dinding sebagai penyangga. Sementara itu, air cooler jauh lebih fleksibel karena kamu bisa memindahkannya sesuai kebutuhan. Bahkan, kebanyakan produk air cooler telah dilengkapi dengan roda sehingga penggunaannya jauh lebih praktis. 

Perawatan Air Cooler dan Air Conditioner

seorang wanita menyalakan air conditionerairple.com.sg 

Dari segi perawatan, air cooler jauh lebih sederhana ketimbang air conditioner. Kamu hanya perlu membersihkan sela-sela kipas dan membongkar air cooler untuk membersihkan debu secara rutin. Kemudian, tambahkan air dan es batu agar air cooler bisa menghasilkan udara yang tetap sejuk.

Nah, kalau perawatan air conditioner sedikit lebih rumit karena proses pembongkarannya harus dilakukan oleh tukang service atau ahlinya agar lebih aman. Selain itu, kamu pun perlu menambahkan freon supaya suhu yang dihasilkan AC tetap dingin

Harga Air Cooler dan Air Conditioner

penggunaan air conditioner di dalam kamarmitchellmechanical.com

Perbedaan fungsi dan cara kerja dari air cooler dan air conditioner tentu saja mempengaruhi harga jual di pasaran. Untuk air cooler berkualitas bagus dan telah dilengkapi dengan fitur remote control, kamu bisa mendapatkannya dengan banderol yang cukup ekonomis, yakni mulai dari Rp500 ribuan saja. Sementara, air conditioner dijual dengan banderol di atas Rp1 juta dan biasanya belum termasuk biaya instalasi.

Sebelum membeli alat penyejuk ruangan, baik itu air cooler ataupun air conditioner, pastikan kamu telah mengetahui perbedaannya agar tak salah memilih. Selain informasi di atas, temukan juga berbagai inspirasi menarik lainnya melalui artikel di Dekoruma! Kamu juga bisa membeli aneka furnitur multifungsi dengan harga yang terjangkau untuk menciptakan hunian yang efisien dan space saving, lho! Beberapa di antaranya, ada sofa bed, meja makan, dan lemari dapur. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse