7 Tips dan Trik Membeli Rumah Murah yang Tepat dan Aman

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips Aman Membeli Rumah Murah

Harga rumah terus melonjak, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menemukan kategori rumah murah. Saat ini, ada banyak rumah murah yang berlokasi di pinggiran kota. Bahkan, kalau beruntung kamu juga bisa menemukan rumah murah di area yang termasuk di pusat kota, walaupun memang rata-rata berstatus rumah bekas atau rumah dijual.

Rumah murah tidak selalu jelek dan bermasalah. Asal teliti sebelum membeli, kamu bisa kok mendapatkan rumah murah yang tepat dan mendekati impianmu. Kuncinya hanya satu, jangan terburu-buru! Sejumlah penyelidikan mungkin perlu kamu lakukan. Nah, berikut ini, Kania punya tips dan trik dalam membeli rumah murah supaya tetap aman dan kamu tidak tertipu. Simak ulasannya sampai habis, ya!

1. Selidiki Rekam Jejak Penjual

seorang pria menggunakan kaca pembesar untuk menyelidiki rumah murahpixabay.com

Ketika kamu menemukan kanal penjualan rumah murah ataupun ditawarkan rumah murah oleh seseorang, jangan langsung percaya! Selidiki dulu siapa yang mau menjual rumah itu ke kamu. Kalau untuk rumah bekas, memang agak sulit menyelidiki rekam jejak penjual. Solusinya, kamu bisa bertanya ke tetangga ataupun mengecek lewat media sosialnya.

Berbeda kalau kamu membeli rumah murah yang baru dan langsung dari pengembang. Selidiki apakah penjual tersebut pernah memiliki kasus masalah hukum terkait jual beli rumah. Kalau ada, mungkin kamu harus mencari kandidat rumah murah lainnya.

2. Cek Legalitas Rumah Murah

dua orang sedang serah terima sertifikat rumah murahgoogle.com

Rumah murah dikatakan aman jika memiliki sejumlah kelengkapan surat. Beberapa surat yang menunjukkan legalitas rumah, antara lain surat kepemilikan, seperti sertifikat hak milik dan Hak Guna Bangunan. Akta Jual Beli, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sampai surat Pajak Bumi dan Bangunan pun harus dimiliki oleh calon rumah murah yang mau kamu beli. Jangan lakukan transaksi kalau ada salah satu bukti legalitas yang tidak lengkap.

3. Survei Kondisi Rumah

ilustrasi rumah murahgoogle.com

Dapat informasi mengenai rumah murah? Jangan langsung setuju untuk membeli kalau belum melakukan survei kondisi rumahnya! Survei ke lokasi rumah murah yang hendak dibeli sangat penting karena kamu bisa melihat langsung bagaimana kondisinya, apakah mungkin ada kerusakan di dalamnya, atau bagaimana kondisi air dan listriknya.

4. Perhatikan Akses Rumah

gambar jalanan panjang berliku menuju rumah murahmedium.com

Akses rumah juga harus kamu perhatikan sebelum membeli rumah murah. Soalnya, banyak rumah yang dijual murah ternyata aksesnya sangat sulit, seperti jalanan yang tidak bisa dilalui kendaraan ataupun sangat jauh dari jalan besar. Sebenarnya kondisi ini sah-sah saja. Namun, hal tersebut akan menyulitkan mobilitasmu. Kamu juga akan susah menjual rumah itu di kemudian hari karena keterbatasan akses.

5. Pastikan Bebas Banjir

seseorang sedang membersihkan rumah kebanjiranthebalance.com

Rumah murah karena berada di kawasan rawan banjir? Lebih baik kamu hindari! Ada banyak kerugian kalau rumah kamu sering kebanjiran. Jika terjadi banjir, kamu akan susah untuk berkegiatan di luar rumah. Belum lagi faktor risiko kesehatan. Lalu, apakah kamu siap kalau kendaraan, furnitur, dan perabotan rumah rusak karena banjir? Tentunya tidak, ‘kan?

6. Periksa Lingkungan Rumah Murah

ilustrasi lingkungan rumah murahbankrate.com

Jangan ragu mengecek kondisi lingkungan rumah murah sebelum membelinya. Kamu bisa menanyakan tetangga sekitar mengenai kondisi lingkungan rumah murah yang hendak di beli, apakah di sana cukup aman? Apakah mungkin pernah ada kasus pencurian? Bagaimana penjagaannya saat malam hari? Semua pertanyaan itu wajib kamu tanyakan agar keamanan kamu dan keluarga pun lebih terjamin!

7. Siapkan Biaya Renovasi

seseorang melompat di depan rumah murahstudimmo.fr

Sangat jarang rumah murah yang ditawarkan memiliki kondisi yang sempurna dan minim kerusakan. Pasti ada saja bagian rumah yang harus kamu perbaiki atau tingkatkan kualitasnya. Oleh karena itu, ketika memutuskan membeli rumah murah, pastikan juga kamu menghitung dan menyiapkan biaya renovasi. Selain untuk mempercantik tampilan rumah, renovasi diperlukan supaya rumah kamu tetap aman dan nyaman. Pasti kamu tidak mau ‘kan tiba-tiba rumah bocor parah dan merusak semua furnitur?

Jangan takut kalau rumah murah yang kamu incar terlihat biasa saja karena kamu bisa mempercantik bagian eksteriornya. Setelah luarnya sudah, rombaklah desain interior rumah supaya terlihat lebih ciamik dan membuat kamu betah serta merasa nyaman. Kalau bingung, kamu bisa menggunakan jasa desain interior dari Dekoruma, lho!

Demikianlah tips dan trik dari Kania bagi kamu yang ingin membeli rumah murah. Pastikan kamu melakukan ketujuh tips di atas supaya kamu bisa mendapatkan rumah impian! Nah, kalau kamu masih belum menemukan rumah murah yang sesuai budget dan keinginan, kamu bisa mencarinya di DekorumaHouse, lho! Ada banyak pilihan rumah, baik itu rumah baru ataupun rumah dijual dari berbagai daerah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Bekasi dan Jakarta Barat, ataupun rumah baru di Tangerang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse