Jadi Pendahulu, Intip 6 Model Rumah Jaman Dulu yang Berkesan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengintip Fasad Rumah Jaman Dulu yang Punya Banyak Memori

Model rumah terus berkembang. Saat ini, rumah dengan arsitektur minimalis, tropikal, maupun industrial menjadi beberapa model yang terkenal dengan kesan modernnya. Namun, kalau bicara rumah jaman dulu, model yang populer ternyata beda lagi.

Model rumah jaman dulu lebih berkesan klasik dan sering berkaitan dengan budaya tertentu. Misalnya saja, ada rumah jaman dulu dengan arsitektur Eropa yang kental sampai kesan nusantara dari rumah jaman dulu model Joglo.

Nah, pada artikel kali ini, Kania akan mengajak kamu mengintip aneka model rumah jaman dulu. Pasti kamu penasaran, ‘kan model rumah jaman dulu apa saja yang berkesan hingga sekarang dan masih sering dijadikan inspirasi untuk pembangunan rumah dengan arsitektur modern? Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja cek model rumah jaman dulu di bawah ini, yuk!

Rumah Jaman Dulu ala Joglo

rumah jaman dulu model joglogoogle.com

Rumah jaman dulu model Joglo merupakan rumah adat khas Jawa. Ciri khas dari rumah jaman dulu yang satu ini terletak di bagian bubungan atap tinggi yang terbagi menjadi dua susun. Susunan pertama menjulang ke atas, sementara susunan kedua memanjang ke kanan dan ke kiri.

Rumah Joglo umumnya terbuat dari kayu dan memiliki bagian teras yang luas. Tiang-tiang kayu yang berukuran kecil menjadi penyangga utama dari rumah Joglo. Biasanya, dalam satu bagian sisi rumah, minimal ada empat tiang kayu kecil tersebut.

Rumah Jaman Dulu ala Belanda

model rumah jaman dulu ala Belandapinterest.com

Tidak sulit menemukan arsitektur rumah Belanda di Indonesia. Bahkan, di beberapa lokasi, rumah jaman dulu ala Belanda masih dipertahankan bentuk aslinya. Ciri khas dari rumah jaman dulu yang satu ini adalah model atap dengan bubungan tinggi dan berbentuk trapesium.

Pintu dua daun dengan model setengah jendela pun menjadi daya tarik lain dari jenis rumah klasik yang satu ini. Banyak rumah ala Belanda yang bagian dinding depannya dilapisi oleh batu, tapi hanya seperempat tinggi bangunan.

Rumah Jaman Dulu dari Batu Bata Non-Plester

model rumah jaman dulu dengan batu bata non plestergoogle.com

Rumah yang memakai batu bata kerap diidentikkan sebagai rumah mahal pada masa lampau, mengingat harga batu bata lebih mahal daripada batako. Tidak jarang, orang-orang akan mengekpos material dasar bangunannya untuk menunjukkan kesan mewah. Model rumah jaman dulu dari batu bata non-plester ini pun kerap digabungkan dengan model bubungan ala Jawa ataupun Sunda.

Rumah Jaman Dulu Gaya Klasik Amerika

model rumah jaman dulu klasik Amerikapinterest.com

Rumah klasik ala Amerika memiliki ciri khas bagian loteng yang besar. Tidak jarang bagian loteng tersebut akan ditonjolkan dengan pemberian model jendela besar yang sama seperti di lantai bawahnya. Selain itu, rumah jaman dulu ala Amerika ini biasanya memiliki pintu besar yang berderet dan memakai model pintu jendela. Di negeri asalnya, rumah-rumah klasik Amerika pasti tidak luput dari adanya cerobong asap.

Rumah Jaman Dulu dengan Pilar Raksasa

rumah jaman dulu model victorianpinterest.com

Rumah model Victorian bergaya bangsawan Eropa juga sempat hits pada masanya. Model rumah jaman dulu ini memiliki ciri khas pilar-pilar besar di bagian depan rumah. Tidak hanya itu, rumah model Victorian juga umumnya terdiri dari dua lantai. Tak ketinggalan, pintu dua daun yang tertutup dan jendela besar menjadi ciri lain dari model rumah jaman dulu yang satu ini.

Rumah Jaman Dulu dari Bambu

rumah jaman dulu dari bambugoogle.com

Rumah bambu merupakan salah satu model rumah jaman dulu yang kerap dibangun di daerah pegunungan. Penggunaan bambu sebagai dinding rumah memberi kesan hangat untuk para penghuninya. Rumah yang terbuat dari bambu ini biasanya juga berkonsep semi rumah panggung, di mana salah satu bagian rumah memiliki penyangga yang pendek.

Terkenal pada masanya, kamu juga bisa menjadikan keenam model rumah jaman dulu di atas sebagai inspirasi untuk membangun hunianmu saat ini, lho! Namun, tentu saja perlu berbagai penyesuaian supaya rumah jaman dulu tersebut bisa tetap terlihat klasik, tapi juga modern. Kira-kira, kamu mau membangun rumah jaman dulu yang mana, nih?

Apa pun pilihanmu, jangan lupa lengkapi rumahmu dengan aneka furnitur multifungsi supaya hunian tetap space saving, ya! Nggak perlu bingung, kamu bisa menemukan berbagai furnitur multifungsi di Dekoruma, lho. Beberapa di antaranya, ada meja makan, sofa bed, kursi malas, bahkan dekorasi seperti cermin dan lampu hias juga tersedia. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse